221 views | 1 Likes

Waduk Jatiluhur, Hingga Kini Masih Menjadi Waduk Terbesar di Indonesia Lho!

4 star (from 1 people)
Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 10 October 2018, 14:12:49
mirio
Tourist

Karena kami datang udah agak siangan, jadi nggak heran kalau cuaca udah agak panas. Kalau kalian nggak mau panas panasan disini, kalian bisa dateng...

How to Get There

Yay, mau review wisata lagi nih. Karena perjalanan weekendku melewati Kabupaten Purwakarta, hari itu juga kami memutuskan buat cari cari wisata di Kabupaten Purwakarta. Sebenernya udah ada rencana bikin opsi tempat tempat yang mau dikunjungi di purwakarta gitu, tapi baru hari ini menentukan mana yang akan dikunjungi. Setelah semua masuk mobil akhirnya kami menentukan kalau perjalanan hari ini bertujuan ke Waduk Jatiluhur Puwakarta.

Lokasi Waduk Jatiluhur ini ada di daerah Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk menempuh perjalanan dari pusat kabupaten Purwakarta menuju ke Waduk Jatiluhur ini.

Buat kalian yang pengen ke Waduk Jatiluhur juga, kalian bisa dateng menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kalau menggunakan kendaraan umum, kalian bisa naik bus antar kota yang nantinya bisa turun di dekat kawasan Waduk Jatiluhur.

Namun, tetep saya sarankan menggunaka kendaraan pribadi aja, baik roda dua maupun roda empat. Karena biar nggak ribet aja oper2 kendaraan hehe.

Karena lokasi Waduk Jatiluhur yang termasuk perbukitan, tak heran kalau jalanan menuju ke Waduk Jatilihur cukup menanjak dan berkelok. Tapi tenang, meski berkelok dan nanjak gitu, jalnaan yang dilalui cukup mulus dan jarang berlubang. Pastikan kendaraan kalian memadai untuk melewati jalanan yang menanjak ya.

What to Do

Karena kami datang udah agak siangan, jadi nggak heran kalau cuaca udah agak panas. Kalau kalian nggak mau panas panasan disini, kalian bisa dateng pagi atau sore hari ya.

Tiket masuk menuju ke Waduk Jatiluhur ni dibandrol dengan harga Rp 5000,- per orang untuk weekday dan Rp 20.000,- untuk weekend. Waduk Jatiluhur ini beroprasi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Jangan dateng terlalu sore biar bisa berlama lama disini ya!

Waduk Jatiluhur ini dulunya bernama Waduk Ir H Juanda. Nama tersebut diberikan untuk mengenang jasa IR H Juanda sebagai pahlawan yang memperjuangkan terealisasinya proyek pembangunan bendungan terbesar di Indonesia ini. Menurut sejarah, untuk membangun Waduk Jatiluhur, pemerintah perlu menenggelamkan 14 desa. Kemudian, 5.002 orang yang tinggal dipidahkan di kawasan sekitar Waduk Jatiluhur dan ada yang dipindahkan ke Kabupaten Karawang.

Selain sebagai wisata, Waduk Jatiluhur juga digunakan sebagai pembangkit listrik yang mampu menghasilkan listrik dengan rata rata 1000 juta kwh per tahunnya lho. Selain itu, Waduk Jatiluhur juga masih memiliki fungsi lain seperti penyedia air irigasi sawah, tempat budidaya ikan air tawar, dan sebagai pengendali banjir. Mantap juga ya!

Selain yang udah aku sebutin di atas, Waduk Jatiluhur juga terkenal dengan banyaknya ikan lho. Iya, banyak banget ikan yang hidup di Wadu Jatiluhur ini. Menurut info yang pernah kubaca sebelumnya, di waduk ini juga terdapat Alligator Fish, tau kan kalian? Yash, ikan yang kepalanya mirip buaya itu lho. Widih ngeri ya. Pas baca artikel tersebut aku langsung cari di youtube dan ternyata banyak banget video mengenai Alligator Fish di Waduk Jatiluhur ini.

Ngomongin soal mitos, waduk selalu punya cerita misteri yang berbeda beda. Baik waduk buatan maupun waduk alami, setahuku sama2 memiliki mitos yang kalau dipikir ngeri juga. Kalau soal mitos di Waduk Jatiluhur ini adalah banyaknya orang yang tenggelam atau meinggal, intinya Waduk Jatiluhur ini selalu menelan korban tiap tahunnya. Konon katanya, meninggalnya orang di Waduk Jatiluhur disebabkan oleh adanya bangsa lain (selain manusia) yang menyebabkan. Percaya nggak percaya sih kalau soal itu guys, tetep jaga tata tertib atau aturan aja yang mau berwisata kesini.

Terlepas dari mitos yang ada, pengunjung masih bisa banget berwisata ke Waduk Jatiluhur ini. Bagaimana tidak? Kalau lagi di Kabupaten Purwakarta, kalian bisa coba dateng ke waduk terbesar di Indonesia ini lho. Yuk nikmati wisata Indonesia bersama keluarga atau teman tersayang!

Tips and Trick

  • Patuhi peraturan yang ada ya
  • Jangan berniat buruk ketika berwisata ke Waduk Jatiluhur
  • Datanglah di pagi atau sore hari
  • Gunakan kendaraan yang memadai untuk jalanan menanjak

Youtube - Sugih JRS

Gallery (5)

Comments (2)