83 views | 1 Likes

Eksotika Pantai Nampu, Cantiknya Ngga Nipu!

5 star (from 1 people)
Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 10 October 2018, 12:05:16
mummyz
Tourist

Setelah tiba disana, saya langsung memarkir kendaraan. Setelah itu untuk menuju ke bibir pantai, kalian harus menuruni puluhan anak tangga yang...

How to Get There

Masih seputaran liburan saya di Wonogiri kemarin. Setelah mengunjungi wilayah pegunungan di Bukit Cumbri, saya beralih ke wisata pantainya. Ngga nyangka juga sih awalnya karena saya pikir Wonogiri ini ngga punya pantai dan wisatanya kebanyakan pegunungan. Tapi ternyata saya salah, karena Wonogiri punya pantai yang cantik cantik banget, yaitu Pantai Nampu.

Pantai Nampu terletak di Dusun Dringo Kelurahan Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Dari pusat kecamatan Paranggupito jaraknya sekitar 15 kilometer. Akses transportasi menuju ke lokasinya memang agak sulit karena belum ada transportasi umu yang melewati pantai ini. Jadi buat kalian yang mau kesini, saya sarankan untuk bawa kendaraan pribadi.

Ada dua jalur untuk menuju ke Kecamatan Paranggupito, bisa lewat Pracimantoro bisa juga lewat Jalur Baturetno. Kemudian di perempatan Giribelah lurus menuju ke selatan. Jarak dari perempatan ini menuju ke Pantai Nampu sekitar 25 kilometer, tinggal lurus aja sampe ke lokasi wisata Pantai Nampu.

Rute singkatnya Wonogiri - Baturetno - Giriwoyo - Giritontro - Giribelah - Paranggupito - Gunturharjo - Dringo - Pantai Nampu.

What to Do

Setelah tiba disana, saya langsung memarkir kendaraan. Setelah itu untuk menuju ke bibir pantai, kalian harus menuruni puluhan anak tangga yang lumayan melelahkan. Tapi itu semua akan terbayar dengan keindahan yang didapat setelah sampai di bibir pantai. Kalian akan disambut dengan putihnya pasir, gemuruh ombak dan birunya air laut. 

Karakteristik dari pantai ini hampir sama seperti kebanyakan pantai laut selatan lainnya yang dikelilingi oleh perbukitan karst. Selain itu, garis pantai ini juga cukup panjang dan ditambah lagi pasir putihnya sangat cantik dan bersih. Sebenernya, pantai ini terdiri dari 3 pantai yang dipisahkan oleh bukit karst, tapi dari ketiga pantai tersebut, pantai ini merupakan lokasi favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya, pantai ini yang punya akses yang paling mudah dibandingkan dengan dua pantai lainnya yang harus diraih dengan trekking dan pantai ini juga punya garis pantai yang paling panjang.

Pantai Nampu punya ombak yang cukup besar, jadi agak bahaya juga guys buat kalian yang mau berenang. Mending main air aja di pinggiran pantai. Banyak banget sih kegiatan yang bisa dilakukan disini selain bermain air pastinya. Kalian bisa bermain pasir, bersantai di pinggiran pantai hingga hunting foto disekitar pantai. Pemandangan di pantai ini memang keren banget guys, apalagi pas sunrise dan sunsetnya. Jadi kalo kalian pengen menikmati waktu sunset dan sunrise terbaik di Wonogiri, saya saranin buat dateng ke Pantai Nampu aja. 

Fasilitas disini juga belum lengkap guys, seperti warung makan, gazebo dan toilet. Sayangnya untuk penginapan masih belum ada. Tapi buat kalian kalo mau nginep di pantai ini juga bisa dengan mendirikan tenda. Pasti seru sih camping di pinggir pantai begini.

Dibalik keindahan pantai ini, ternyata ada cerita yang kurang menyenangkan lho guys. Kabarnya sih, dulunya pantai ini milik masyarakat setempat. Lalu kemudian dibeli oleh Perusahaan Batik Keris di tahun 1979 tanpa adanya tawar menawar. Agar terlaksananya pembelian tersebut, aparat keamanan pada saat itu iku andil membantu dengan menyebarkan isu kalau tanah di pantai ini dibeli oleh Pemerintah. Hingga saat proses pembayaran, terungkaplah jika tanah di Pantai Nampu ini bukan dibeli Pemerintah melainkan Perusahaan Batik Keris. Hingga saat ini, masih belum jelas gimana status dari pantai ini. Pantas aja, fasilitas di pantai ini masih belum begitu lengkap.

Traveling ke Wonogiri, jangan lupa buat mampir ke Pantai Nampu ini ya guys! 

Video by Handris Kurlu

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke pantai ini. Kalau kalian dari luar kota, bisa menyewa kendaraan di Kota Wonogiri atau Solo.
  • Tiket masuk ke pantai ini Rp 5.000 per orang nya.
  • Bawa kamera.
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Bawa makanan ringan dan air mineral.
  • Jangan buang smapah sembarangan.

Gallery (5)

Comments (1)