248 views | 2 Likes

Jalan-jalan Ke Kampung Kurcaci, Rumah Hobbit nya Purbalingga

4 star (from 2 people)
Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Photography

Posted on 08 October 2018, 14:35:56
sisil
Traveler

Tiba di Kampung Kurcaci, aku langsung disambut dengan udara sejuk dan pepohonan yang rindang. Hal ini disebabkan karena lokasi dari Kmapung Kurcaci...

How to Get There

Udah lama ngga jalan-jalan ke Purbalingga nih, beberapa waktu lalu aku pernah jalan-jalan ke Purbalingga dan pergi ke Jembatan Cinta Pring Wulung. Nah, kali ini aku mau jalan-jalan ke salah satu tempat wisata yang ngga kalah hits nya, yaitu Kampung Kurcaci. Wisata unik ini kabarnya ngga jauh dari pusat kota Purbalingga. Nah, mumpung ada disini, sekalian aja aku main kesana. Biar kayak anak hits Purbalingga. Hahaha..

Untuk menuju kesini, aku berangkat dari kota Purwokerto melalui Sokaraja - Kalimanah - Kota Purbalingga. Dari pusat kota Purbalingga, lanjut ke arah bobotsari hingga melewati Merebet dan Bojongsari. Setelah sampai di pertigaan Serayu, belok ke arah desa Serang atau pendakian Gunung Slamet.

Rute Kedua, dapat melewati belik - gombong - kutabawa. Lalu belok ke desa Serang atau di kebun strawberry dan lokasi wisata berada di Jalan Brobahan kilometer 1, tepat ada di rest area lembah sari.




What to Do

Tiba di Kampung Kurcaci, aku langsung disambut dengan udara sejuk dan pepohonan yang rindang. Hal ini disebabkan karena lokasi dari Kmapung Kurcaci ini berada di kaki Gunung Slamet yang merupakan gunung paling tinggi di Jawa Tengah. Tiket masuk yang dipatok disana juga cukup terjangkau, cuma Rp 25.000 per orangnya. Tiket ini cukup terjangkau menurut aku karena disini juga banyak sekali spot atau wahana permainan yang bisa kalian coba.

Spot pertama yang aku kunjungi adalah rumah kurcaci. Spot ini bisa dibilang mirip dengan rumah Hobbit. Rumah kayu ini dicat berwarna kuning dan merah dan ukurannya mini. Atapnya pendek dan cocok sekali untuk background foto-foto. Rumah ini menjadi ikon tersendiri bagi wisata Kampung Kurcaci ini. 

Spot menarik lainnya yang bisa kalian kunjungi adalah Curug Lawang. Karena memang lokasi dari Kampung Kurcaci yang berada di Gunung Slamet, maka wisata ini juga punya air terjun atau dalam bahasa Purbalingganya adalah curug. Curug Lawang ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan memiliki camping ground di sekitarnya. Jadi, kalo kalian suka camping, bisa banget bawa tenda dan camping di sekitaran air terjun ini. Jadi, bisa sambil seru-seruan main air di air terjun ini.

Selain dua wisata tadi, kemarin aku juga sempet foto-foto di Hutan Wisata yang instagramable. Di hutan ini terdapat banyak pohon damar yang rimbun dengan ketinggian puluhan meter dan kabarnya berumur ratusan tahun. Pantes aja, kalo jalan-jalan kesini matahari nyaris ngga mengenai aku karena rimbun banget pepohonan disini. Jalan-jalan di hutan ini bisa bikin pikiran tenang dan rileks lho.

Beberapa yang aku sebutin diatas tadi hanyalah segelintir yang bisa kalian gunakan untuk berfoto-foto. Namun, selain itu juga ada beberapa permainan dan fasilitas lain yang bisa kalian nikmati, misalnya seperti Sekolah Alam, Rumah Pohon, Permainan Tradsional, Perpustakaan dan camping ground. 

Ohya, buat kalian yang suka permainan menantang, kalian wajib banget cobain Giant Swing. Kalian akan diangkat setinggi 25 meter kemudian dilepaskan dan berayun bebas. Woww, ini menegangkan plus menyenangkan banget guys. 

Tips and Trick

Gimana? Lengkap banget kan wahana di Kampung Kurcaci ini? Menurut aku sih wisata ini cocok banget buat dikunjungi oleh segala usia, meskipun kebanyakan yang dateng kesini adalah anak muda yang ingin berfoto-foto. Tapi untuk liburan keluarga juga oke kok. Saran aku sih, buat kalian yang mau liburan kesini, cobain juga sensasi berkemah di kawasan ini. Bawa perlengkapan camping dan perlengkapan pribadi kalian. Ohya, jangan lupa pake jaket juga ya kalo kesini, soalnya hawanya cenderung dingin. Bawa kamera dan pastinya jaga selalu kebersihan tempat ini.

Video by NET. BIRO JAWA TENGAH

Gallery (7)

Comments (2)