ranisubagio | Tourist
Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia | Beach Exploring
30 Aug 2016


Pulau Cubadak “The Paradise Of The South” si Cantik dari Sumatera Barat
Jenuh dengan keramaian kota ? Nahh saya ada tempat yang tenang dan bisa membuat traveller yang bekunjung ke tempat ini merasakan memiliki Pulau sendiri... Hayoo kapan lagi merasa kan memiliki Pulau sendiri hanya ada di "Pulau Cubadak" lo :D . Dijamin deh

How to Get There

Pulau Cubadak berjarak sekitar 77,4 km dari pusat Kota Padang dan dapat di tempuh sekitar 2 jam 35 menit menggunakan motor maupun mobil, menunju Pulau Cubadak bisa diakses dengan mudah menggunakan motor, mobil, bus maupun transfotasi lainnya. Untuk bisa menikmati keindahan Pulau Cubadak kamu tidak membayar tiket masuk alias Gratis :D, Cuma bayar parkir Rp.3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk Mobil.

Akses Menuju Pulau Cubadak

 

Untuk akses ke Objek wisata Pulau Cubadak ini sangat mudah, mobil, motor, bus dan kendaraan lainnya sangat mudah untuk menuju ke lokasi ini, dari kota padang jika anda menggunakan mobil sekitar 77,4 km bisa di tempuh sekitar 2 jam 35 menit berkendaraan. 

Jika anda di luar pulau ingin berlibur ke Sumatra Barat, bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Minangkabau. Jarak Bandara ke Pulau Cubadak sekitar 99,5 km bisa di tempuh sekitar 3 jam 14 menit berkendara.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Pulau Cubadak Sumatra Barat.

What to Do

Ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi di Sumatra Barat yang harus anda kunjungi salah satunya adalah Pulau Cubadak si cantik dari Sumatra Barat ini.

Pulau Cubadak terletak di kota Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat. Pulau Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil yang terletak di Sumatera Barat, tepat nya di kabupaten Pesisir selatan yang memiliki luas 5,749 km persegi dan berada 0-1.000 meter di atas permukaan laut. Pulau ini bisa dikatakan masih sangat alami dan masih terjaga kebersihannya.

Ternyarta  Pulau ini memiliki sejarah beberapa orang pasti bertanya kenapa namanya Pulau Cubadak? menurut cerita masyarakat sekitar pulau ini dahulu adalah bekas kawah dengan luas kurang lebih 40 km persegi. Di Pulau Cubadak ini tidak berpenduduk, hanya ada beberapa rumah bagi nelayan yang membangun tempat itu untuk beristirahat saat kelelahan berlaut. Dalam bahasa Minang, kata cubadak mempunyai arti yaitu “nangka”.

Di Pulau Cubadak ini di penuhi dengan hutan yang lebat, dan terdapat satwa burung dan berbagai binatang liar yang di lepas di area hutan seperti babi, monyet, ular, rusa, dan masih banyak lagi.

Panjang Pantai Cubadak ini 1,5 km dan lahan yang di kuasai pengelola Pantai Cubadak sekitar tujuh hektar. Jika Mentawai adalah surga bagi para peselancar, maka di Cubadak adalah surga bagi para penyelam karena di Pulau ini terdapat beraneka ragam ikan hias yang berwarna-warni dan terumbu karang yang berwarna-warni dan indah, membuat anda yang menyelam di pulau ini merasa bagaikan di surga.

Pulau ini memiliki hamparan pasir yang sangat halus dan air laut yang jernih yang berwarna biru. Pulau Cubadak ini masih sepi dengan pengunjung, jadi bagi anda yang menyukai tempat yang nyaman, tenang, dan sepi di sini adalah tempat yang cocok, jika anda berada di pantai ini dengan teman, keluarga, dan orang tersayang berasa milik pulau sendiri yang menambah keseruan anda berlibur dan membuat moment yang susah di lupakan dengan teman, keluarga, dan orang tersayang.

Di antara Wisatawan Eropa lainnya, Warga Negara Jerman termasuk wisatawan yang antusias untuk berkunjung ke pulau yang di juluki Paradiso Village”. Semua ini tak lepas dari promosi yang gencar di berbagai media Jerman yang sudah tujuh tahun yang lalu. Saat itu team Tv Bavarian datang ke Pulau Cubadak untuk membuat film documenter, Mereka mengambil gambar keindahan Pulau Cubadak dari berbagai sudut Pulau Cubadak. Setelah diputar film documenter ini di Jerman, yang berdurasi 30 menit ini mendapat sambutan luas dan menjadi magnet bagi orang Jerman untuk datang ke Pulau Cubadak. Sebagian dari mereka yang menonton film ini penasaran dan bertanya kepada statiun Tv Bavarian bagaimana perjalanan ke Sumatra utara, Indonesia?. Sebab selama ini mereka hanya tau dan mengenal Pulau Bali dan Pulau Lombok.

  

Seluruh bangunan di area Pulau Cubadak ini terbuat dari kayu dan atap dari daun palam. Villa di area ini di tata secara rapi supaya tidak menghalangi pemandangan laut biru yang mempesona di Pulau Cubadak.

Semua villa di sini menghadap ke laut. Dan di villa ini di lengkapi berbagai perabotan yang terbuat dari rotan dan kayu. Sementara karpet, alas meja, dan selimut ini terbuat dari hasil tenunan tangan. Yang menambah keindahan villa ini ialah hiasan dinding yang di rancang dengan motif-motif Minang.

Di villa ini terdapat Kamar tidur, kamar mandi yang besar dengan air panas dan dingin, dan air yang ada di wastafel bisa langsung di minum, sehingga tidak membebani Wisatawan yang mampir ke Pulau Cubadak. Bagi yang ingin menginap di Pulau Cubadak, tersedia berbagai cottage yang dibangun dengan sentuhan tradisional dan natural. Harga sewanya mulai dari Rp. 1.900.000 per malam untuk wisatawan mancanegara dan Rp. 900.000 per malam untuk wisatawan domestik.

 

Perairan di Pulau Cubadak ini memiliki perairan yang tenang dengan dasar laut yang kaya akan keindaha terumbukarannya. Air di perairan di sini bersih dan jerni. Pemandangan laut disini sangat memukau, Menyelam di perairan ini merupakan hobby dan sudah menjadi aktivitas yang sangat di sukai saat berada di Pulau Cubadak. Bagi anda yang ingin menyelam tapi belum memiliki pengalaman menyelam maka di sini ada instruktur selam Paradiso yang sudah bersertifikat Internasional yang siap melatih dan memandu para tamu.

Di tempat ini anda bisa berselancar, berlayar, snorkeling, ski air, atau pun naik kano. Fasilitas yang ada di sini tersedia gratis dan bisa anda nikmati kapan saja.

Kondisi alam yang ada di Pulau Cubadak tenang udaranya bersih, pemandangan laut yang indah, angin yang sejuk, dan ribuan pohon kelapa yang bisa anda dapat kan ketika anda berkunjung ke Pulau Cubadak.

  

Di tempat ini terdapat juga penginapan yang berbentuk resort yang telah di kelolah oleh seorang warga negara italia. Yang menambah keunikan di Pulau Cubadak ini salah satunya Resort ini karena nuansa resort yang tradisional dengan dinding yang terbuat dari anyaman Bambu.

Tamu yang datang ke sini di batasi dan kebanyakan adalah orang asing. Beberapa wisatawan asing menjuluki pulau ini The Paradise Of South”. Pengelola di tempat ini sangat ketat memperlakukan peraturan, terutama masalah sampah. Jadi jangan heran kalau di tempat ini sangat bersih dan hampir tidak di temukan sampah di sepanjang pantai.

Pulau Cubadak pernah masuk di media cetak di Jerman, Bild De Rau pernah mengatakan Pulau Cubadak sebagai pulau tersenyap di dunia. Untuk menjaga kualitas ketenangan para pengunjung maka Pulau Cubadak tidak menyediakan fasilitas Jet ski. Sebab, di khawatirkan suara mesinnya akan menggangu ketenangan bagi para pengunjung.

 

Ayo!!! Berkunjung ke Pulau Cubadak dengan teman, keluarga, dan orang tersayang ke Pulau Cubadak dan buat pengalaman baru berkunjung ke Pulau Cubadak yang kaya akan keindahan Pantai, terumbu karang, dan hamparan pasir putih dan ombak yang tenang.

Tempat yang seru bukan? Untuk membuat moment kebersamaan anda dengan orang tersayang.

Keindahan Pulau Cubadak akan sangat  terasa jika matahari mulai tenggelam di sisi barat. Secara perlahan matahari tenggelam di lautan, cahaya keemasan berpendar di horizon membuat anda kagum dan takjub akan ke indahan Pulau Cubadak yang eksotis ini.

Itulah cerita tentang keindahan Pulau Cubadak, yang membuat anda takjub akan kebesaran dari Bumi Pertiwi Indonesia.

 

 

Tips and Trick
  1. Anda suka bermain pasir di pantai, entah itu hanya berjalan-jalan, berjemur, atau membuat kastil dari pasir? Tapi, Anda tak ingin kan pasir-pasir yang melekat di kaki mengotori mobil Anda? Triknya, taburkan bedak bayi di kulit Anda dan semua pasir akan rontok.
  2. Ketika wisata keluarga dan anak-anak kecil ikut, mereka pasti juga akan tergoda bermain di air. Triknya, bawalah kolam khusus anak dan pompa kemudian tempatkan kolam ini di tempat yang aman dan dalam pengawasan.
  3. Pasti menyebalkan ketika sedang di pantai dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  4. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi di pantai terutama saat terik matahari.
  5. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  6.  

    Disini saya ada video mengenai “Pulau Cubadak” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

    Anda penasaran???

    check this out -> 

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY