155 views | 3 Likes

Hamparan Pasir Indah dan Ombak Tenang Bisa Ditemui di Pantai Watu Leter!

4 star (from 3 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 04 October 2018, 13:49:16
yura
Tourist

Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama, akhirnya kami tiba di daerah Pantai Watu Leter. Setibanya di tempat parkir, kalian bisa memarkir...

How to Get There

Ternayata liburan ke Coban Glotak kemaren masih kurang buat aku guys. Rencananya setelah dari Coban Glotak, keesokan harinya kami bakal mantai. Udah doa doa aja biar mantai kali ini nggak wacana haha. Syukurnya, keesokan harinya kami langsung berangkat mantai. Malang tak hanya punya satu pantai lho, ada Pantai 3 Warna, Pantai Gatra, Pantai Goa China, Pantai Sendang Biru, dan masih banyak pantai pantai lainnya yang bisa kalian kunjungi. 

Kalau tujuan kami kali ini adalah ke Pantai Watu Leter, salahsatu pantai di Malang yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya. Kalau pantai pantai yang aku sebutin di atas rata rata aku udah pernah nyobain dateng kesana. 

Dari Kota Malang, kami perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam 30 menit perjalanan. Alamatnya ada di Dusun Rowotrate, Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Masih menjadi satu kawasan sama deretan pantai indah lainnya di Malang. Jadi kalau mau mampir ke pantai lainnya juga mudah. 

Awalnya, jalan yang dilalui cukup mudah, jalanannya juga masih lebar dan belum menanjak. Namun setelah berada di beberapa km sebelum pantai ini, kalian akan melewati jalan yang menanjak dan berkelok. Wajib berhati ya, pastikan kendaraan kalian memadai untuk jalanan nanjak begini.

What to Do

Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama, akhirnya kami tiba di daerah Pantai Watu Leter. Setibanya di tempat parkir, kalian bisa memarkir kendaraan baik mobil maupun motor. Untuk mobil, biaya penitipan dikenakan 10.000,- per kendaraan, dan untuk motor dikenakan 5000,- per kendaraan. Oh iya, untuk parkir menginap dikenakan tambahan biaya 3000,-/kendaraan satu malamnya.

Tiket masuk menuju ke Pantai Watu Leter hanya dibandrol 10.000,- per orang. Sedikit lebih mahal dibandingkan beberapa pantai lain yang ada di Malang, mungkin karena pantai ini lagi ngehits-ngehitsnya. 

Lelah selama perjalananpun hilang seketika ketika melihat keindahan Pantai Watu Leter ini. Ngomongin soal nama pantai, Pantai Watu Leter ini tentu memiliki sejarah ya. Ternyata, nama watu leter ini berasal dari salahsatu tebing yang ada di pantai ini, tebing itu memiliki ujung yang berbentuk datar. Selain itu, tebing inilah yang paling menonjol sehingga terciptalah nama Pantai Ngleter atau Pantai Watu Leter. Ngleter atau leter itu bahasa Jawa yang artinya datar guys.

Pantai Watu Leter ini memiliki suasana yang lebih tenang kalau dibandingkan dengan Pantai Goa China atau pantai lainnya yang berdekatan dengan Pantai Watu Leter ini. Hamparan pasir yang indah juga lagi lagi berhasil membuat syndrome #kurangpiknik ku jadi terobati. Ombak di Pantai Watu Leter ini cenderung cukup tenang, bersih pula, buat kalian yang mengunjungi Pantai Watu Leter, jangan lupa buat turut jaga kebersihan ya!

Selain pantai dan pasirnya yang bersih, Pantai Watu Leter juga memiliki banyak sekali batu karang yang ada di bibir pantai. Sesekali, Pantai Watu Leter ini terlihat seperi kolam yang tenang, suasananya yang asik bikin enggan pulang. Banyaknya pohon di pinggiran pantai juga bisa dimanfaatkan untuk berteduh dari panasnya sinar matahari. 

Mau wisata lain di pantai ini? Ada hutan mangrove yang bisa kalian kunjungi disini. Pantai Watu Leter sering digunakan sebagai tempat pelepasan penyu, selain itu juga digunakan sebagai pendaratan penyu untuk bertelur juga lho!

Demi terjaganya perut dari rasa lapar, jangan lupa membawa bekal dari rumah ya. Tak banyak warung yang ada di kawasan Pantai Watu Leter ini. Kalau bawa bekal, jangan lupa bereskan sampahnya setelah makan ya!

Udahlah, mulai hari ini Pantai Watu Leter bakal masuk ke list pantai favoritku hehe. Semoga besok besok bisa kesini lagi, seeyou!

Tips and Trick

  • Jangan lupa membawa sunblock bir kulit nggak menghitam
  • Bawa bekal dan tikar dari rumah biar bisa ala ala piknik hehe
  • Jaga kebersihan Pantai Watu Leter 

Youtube - Novita Afifah Noer

Gallery (6)

Comments (3)