247 views | 2 Likes

Liburan di Jakarta Mau Kemana? Ke Pelabuhan Sunda Kelapa Aja!

4 star (from 2 people)
Jakarta Utara, Dki Jakarta, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 04 October 2018, 13:31:28
stella
Sightseeing

Di Jakarta bingung mau cari wisata? nah mampir aja ke Pelabuhan Synda Kelapa! ini lah keseruan saya disana!

How to Get There

Kalo jalan-jalan ke Jakarta, ada wisata apa aja sih? Kadang pertanyaan itu yang sering dilontarkan oleh beberapa teman setiap diajakin liburan ke Jakarta. Sebenernya ada banyak banget wisata yang bisa dikunjungi di Jakarta ini, misalnya seperti Ragunan, Pulau Seribu hingga wisata sejarahnya di Kota Tua. Nah, kali ini gue juga masih mau berwisata sejarah di daerah Jakarta Utara. Kira-kira dimana ya? Bisa nebak guys?

Anyway, gue mutusin buat ke daerah Jakarta Utara ini karena emang udah lama banget ngga jalan-jalan kesini. Pasalnya, tiap kali kesini gue nyobain kulinernya seperti di Kafe Hoax, Joody Kebab dan Djournal Coffee. Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, gue mau berwisata sejarah di derah Jakarta Utara ini, yaitu di Pelabuhan Sunda Kelapa. Wisata ini memang cukup terkenal di Jakarta karena punya pemandangan yang indah.

Pelabuhan Sunda Kelapa terletak di Jalan Maritim Raya no 8, Jakarta Utara dan berada di muara Sungai Ciliwung, tepatnya berada di sebelah timurnya. Untuk menuju kesini, aku kemarin naik TransJakarta karena males banget nyetir dan pastinya macet. Ada dua Jalur bus TransJakarta yang menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa, yaitu rute dar Ancol dan rute dari Stasiun kota. Tapi Bus TransJakarta in beroperasi pada hari-hari tertentusebagai bus antar jemput para penumpang yang pulang dan pergi ke Pulau Seribu. 

Kalo rute bus TransJakarta dari Ancol dan Stasiun Kota berangkat di hari Senin, Rabu dan Sabtu jam 07.00 dengan harga tiket Rp 3.500. Tapi kalo rute penjemputan penumpang dari Pulau Seribu di Pelabuhan Sunda Kelapa berangkat di hari Selasa, Kamis dan Minggu jam 15.30 dengan harga tiket Rp 3.500.

wisata di jakarta





What to Do

Memasuki kawasan pelabuhan, setiap pengunjung yang datang jalan kaki atau naik sepeda dikenakan tiket sebesar Rp 2.500 per orangnya. Harga ini bisa dibilang cukup terjangkau untuk semua kalangan di Jakarta. Tiket ini berlaku buat sekali masuk aja guys, jadi kalo kalian udah keluar dan mau masuk lagi, harus bayar tiket masuk lagi ya.

wisata di jakarta
Lalu ada apa aja disini? Namanya juga pelabuhan ya banyak kapalnya lah. Hahaha.. Tapi kapal-kapal disini besar-besar guys karena memang kapal Phinisi. Saking banyaknya kapal Phinis yang berjajar dan berdesak-desakan di pelabuhan ini malah menjadikannya pemandangan yang menakjubkan. Ngga heran kalo pelabuhan ini banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Buat wisatawan asing, Kapal Phinisi merupakan pemandangan baru yang sangat luar biasa karena hanya ditemukan di Indonesia dan buatan anak Indonesia. 

wisata di jakarta

Kapal Phinisi ini digunakan mengangkut barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti beras, semen, besi dan kendaraan bemotor yang dikirim ke beberapa pulau di luar Jawa. Bentuk kapal ini memang terlihat sangat klasik seolah memberikan kesan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut. Pelabuhan ini juga menjadi spot menarik untuk pengunjung yang hobi fotografi. Banyak sekali diantara mereka yang mengambil gambar kapal-kapal kayu besar ini. 

pelabuhan sunda kelapa

Selain berjalan mengelilingi pelabuhan ini, kalian juga bisa lho guys nyobain berlayar dengan perahu sampan juga bisa. Disini banyak ojek sampan yang melayani pengunjung untuk berkeliling pelabuhan hingga ke tengah lautan. Tarif yang dikenakan biasanya Rp 50.000, tergantung dari rute dan gimana kalian nawar harganya.

pelabuhan sunda kelapa

Gue sih kemarin nyobain buat berlayar naik sampan ini. Karena udah jauh-jauh main ke pelabuhan masa ya ngga naik sampan. Dengan naik sampan ini gue jadi bisa ngerasain sensasi berlayar dibawah kapal-kapal besar yang ada di pelabuhan. Gue juga bisa lihat setiap sudut pelabuhan dan menikmati semua kapal yang ada di pelabuhan ini. Pemandangan lainnya, ada mercusuar Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan pintu gerbang dermaga. Ada dua bentuk mercusuar, ada yang warna hijau dan satunya merah.

pelabuhan sunda kelapa
pelabuhan sunda kelapa

Pelabuhan ini sudah eksis sejak jaman dahulu lho guys. Dulunya, banyak sekali negara asing yang datang ke Indonesia melalui pelabuhan ini untuk keperluan dagang. Sekitar abad 12, banyak pedagang Tiongkok yang melakukan ekspedisi datang membawa kerajinan seperti keramik dan kain sutra untuk ditukarkan dengan rempah-rempah. Selain Tiongkok, banyak juga negara lain yang datang ke Indonesia melalui pelabuhan ini, seperti dari Arab dan India. Sayangnya, Pelabuhan ini udah ngga seramai dulu guys, tapi tetep kok sejarahnya masih terjaga dengan baik.

pelabuhan sunda kelapa
pelabuhan sunda kelapa

So, buat kalian yang lagi ada di Jakarta bingung mau liburan kemana, cus ajaa jalan-jalan ke Pelabuhan Sunda Kelapa. 

Video by Tjetjep Rustandi

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Waktu yang pas untuk dateng kesini adalah saat pagi dan sore hari.
  • Jaga kebersihan.
  • Ajak teman, keluarga dan orang terdekat.

Gallery (9)

Comments (2)