276 views | 2 Likes

Coban Glotak, Wisata Air Terjun Seru di Malang!

4 star (from 2 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 03 October 2018, 15:48:59
yura
Tourist

Setibanya di tempat parkir, pengunjung bisa menitipkan kendaraan yang dibawa. Tapi, kalau dititipkan di tempat parkir, batas titipnya cuma sampe jam...

How to Get There

Malang, kota yang menggambarkan indahnya pemandangan sekaligus banyaknya wisata alam maupun buatan. Kalau ke Malang, kalian suka kemana? Suka ke wisata pantainya yang indah, ke air terjunnya yang beragam, atau ke jatimpark group yang menawarkan banyak sekali pilihan wisata? Atau malah milih duduk santai di alun alun Batu Bersama pasangan? Banyak sekali wisata atau hiburan yang bisa kalian lakuin di Malang. Maka dari itu saya sulit ngelupain kota yang penuh kenangan ini, nah malah curhat kan jadinya haha.

Ngomongin soal air terjun, ada lumayan banyak air terjun yang pernah ku kunjungi di Malang, yang paling kuinget adalah Air Terjun Grojogan Sewu yang emang keren banget. Kali ini aku bakal datengin tempat yang berbeda. Masih bertemakan air terjun, kali ini aku bakal dateng ke Coban Glotak. 

Sebelumnya, kalian tau kan apa arti kata coban? Yash, air terjun! Kalau di Bandung, biasanya bukan coban nyebutnya, tapi curug. Tapi artinya sama aja sih air terjun. 

Coban Glotak yang akan saya kunjungi kali ini berlokasi di jalan Raya Coban Glothak, Sukodadi, Bedalisodo, Wagir, Malang, Jawa Timur. Dari Kota Malang, kalian perlu mencari jalan menuju ke daerah Wagir, bisa menggunakan bantuan gmaps atau penunjuk jalan jika kalian kesusahan. Setelahnya, kalian perlu dateng ke Desa Bedalisodo, desa terakhir yang ada di kaki Gunung Kawi. 

Setelah tiba di desa ini, kalian hanya perlu mengikuti penunjuk jalan untuk tiba di Coban Glotak. Trekking nggak? Jelas trekking dong guys, tapi kalau ada temennya dijamin seru.

What to Do

Setibanya di tempat parkir, pengunjung bisa menitipkan kendaraan yang dibawa. Tapi, kalau dititipkan di tempat parkir, batas titipnya cuma sampe jam 5 sore aja. Jadi buat kalian yang pengen ngecamp, pastikan buat menitipkannya pada rumah rumah warga ya. 

Didekat tempat parkir, kalian akan menemui loket untuk membeli tiket masuk. Biaya masuk ke Coban Glotak ini dikenakan Rp 5000,- per orang. Cukup ekonomis buat wisata alam yang indah ini. 

Nitip kendaraan udah, beli tiket juga udah, waktunya trekking! Jalanan yang dilalui emang cukup menantang, kata penjaganya juga rawan longsor. Bener bener ngerasain wisata alam banget disini, serasa makin dekat dengan alam, hehe serius. Jaga keselamatan saat trekking ya, tetap berhati hati dan jangan lupa berdoa travelers! 

Trekking yang dilalui cukup membuat kaki pegel, tapi dijamin akan terbayar lunas pas udah nyampe. Indahnya Coban Glotak bikin aku yang awalya kena syndrome #kurangpiknik jadi lega haha.

Nama Coban Glotak ini awalnya diberikan karena adanya suara klotak klotak yang ada di air terjun ini.  Tau kan guys suara itu muncul karena apa? Karena aliran air terjun ini bersamaan dengan batu batuan. Itu juga menjadi alasan kenapa pengunjung nggak boleh mandi tepat di bawah aliran air terjun di Coban Glotak. Wajib patuhi peraturan ya kalau kelian mau selamat huehehe.

Membawa makanan dan minuman juga bisa, lelahnya trekking akan terbayar dah kalau udah nyampe si air terjun ini. Kebersihan di kawasan Coban Glotak ini sangat dijaga, oleh karena itu pengunjung itu juga wajib ikut menjaga ya, jangan malah dateng dateng terus mengotori wehehe. 

Jangan lupa, abadikan momen kalian di indahnya Coban Glotak. Awas nyesel kalau pulang pulang ga bawa stok foto hehe. Eh, hati hati juga lensa camera terkena percikan air ya, karena aliran di Coban Glotak juga lumayan deres. 

Yang bingung cari tempat buat explore Malang, Coban Glotak ini sangat aku rekomendasikan!

Tips and Trick

  1. Siapkan kondisi tubuh yang fit
  2. Berhato hatilah saat melakukan trekking
  3. Patuhi dan jangan melanggar peraturan yang ada ya

Video by Rahmad Bayu Darmawan

Gallery (5)

Comments (2)