250 views | 2 Likes

Orchid Forest Cikole: Wisatawan Milenial Wajib Kesini!

4 star (from 2 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: Photography

Posted on 01 October 2018, 15:41:12
tiffany
Tourist

Setibanya di depan pintu masuk Orchid Forest Cikole, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 30 ribu per orang plus biaya parkir sebesar 3...

How to Get There

Berawal dari keinginan untuk melepas penat sejenak, aku mencoba untuk menghubungi beberapa teman kampus dan mengajak mereka jalan-jalan sambil hunting foto. Beberapa teman pun menyambut ajakanku dengan senang hati dan mereka ngajakin pergi ke salah satu wisata yang belakangan ini lumayan booming diantara anak muda Bandung, yaitu Orchid Forest Cikole.

Orchid Forest Cikole ini berada di Jalan Tangkuban Perahu, Lembang. Saat weekend, jalanan menuju Lembang memang selalu padat merayap. Jadi kami harus sabar dalam berkendara. Ohya, untuk menuju kesini, kalian bisa naik angkot ataupun taxi. Kalo naik taxi, tinggal sebutkan aja tujuannya menuju ke Orchid Forest, ongkos yang dikenakan pun relatif, kisaran 60 - 70 ribu sekali jalan. Tapi, buat kalian yang pengen naik angkot juga bisa kok guys. Pilih angkot jurusan St. Hall - Lembang lalu turun di Terminal Lembang. Dari sana, lanjut naik angkot kuning jurusan Cikole yang akan berhenti di depan pintu masuk Orchid Forest.

What to Do

Setibanya di depan pintu masuk Orchid Forest Cikole, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 30 ribu per orang plus biaya parkir sebesar 3 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Tapi kalo kalian ngga bawa kendaraan pribadi, kalian ngga perlu bayar biaya parkir. 

Anyway, jarak dari pintu masuk menuju hutan yang lokasinya ada diatas itu ternyata jauh banget guys. Tapi untungnya, pihak pengelola menyediakan Shuttle Bus sampai ke hutan anggrek. Taman seluas 12 hektar ini ternyata merupakan wisata taman anggrek terbesar di Indonesia lho. Disini, terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang bisa kalian temukan dari seluruh dunia, seperti dari Venezuela, Amerika Serikat dan Peru.

Beberapa anggrek diantaranya jenis bunga yang langka dan jarang ditemukan di toko-toko bunga. Jenis ini seperti kantong semar, anggrek hitam dan Paraphalaenopsis Laycocky. Bunga-bunga ini diambil langsung dari seluruh dunia dan tumbuh subur di Orchid Forest Cikole karena suhu udara khas Bandung yang sejuk dapat menambah perkembangan bunga anggrek itu sendiri. Buat kalian yang suka bunga, kalian juga bisa kok membeli bunga-bunga anggrek yang dijual disini. Tapi jangan kaget ya kalo harganya mahal. Atau kalo kalian memang kolektor anggrek, disini juga kalian bisa berkonsultasi bagaimana cara mengobati tanaman anggrek yang terkena masalah.


Selain hutan anggreknya, disini juga kalian bisa mengunjungi hutan pinus yang cukup instagramable dan lagi hits di kalangan anak muda Bandung. Di berbagai bagian hutan, terdapat platform kayu yang dipasang diatas pohon. Selain untuk melihat keseluruhan hutan, teras ini juga berfungsi sebagai tempat foto yang keren banget. Wahh, jangan lupa siap-siap kamera ya kalo kesini. Untung banget tadi aku dan teman-teman udah prepare kamera dari rumah.

Meskipun namanya hutan, tapi tenang aja karena untuk menelusuri barisan pohon pinus disini jalannya udah berupa paving. Jadi nyaman banget buat anak-anak dan lansia sekalipun. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap lho guys. Selain ada shuttle bus tadi, disini juga terdapat bilik-bilik toilet yang tersebar dengan desain yang keren banget. Selain itu, ada juga spot untuk duduk-duduk dengan tenda berteduh plus bean bag warna-warni dengan rumput yang bersih banget pastinya. Disepanjang jalananya juga ada papan petunjuk arah, jadi kalian ngga usah khawatir nyasar disini ya. 


Buat kalian yang pengen bermalam disini juga bisa banget kok guys. Orchis Forest Cikole juga dikenal dengan resort Grafika Cikole yang menawarkan sebuah pondok wisata alam di tengah hutan pinus. Tarifnya mulai dari 1 jutaan per malam dan satu pondok ini muat 2 hingga 8 orang. 

Keren banget kan? So, sempatkan jalan-jalan kesini ya kalo lagi liburan ke Bandung.

Video by Holydayvilla. NET

Tips and Trick

  • Datanglah lebih pagi agar suasana masih sepi dan ngga terlalu ramai.
  • Aku saranin buat naik kendaraan pribadi, karena kalo naik kendaraan umum atau taxi, biasanya nunggunya lama banget.
  • Gunakan baju hangat atau bawa jaket karena Lembang saat pagi hari sangat dingin.
  • Gunakan sepatu yang nyaman karena jalanannya cenderung menurun.
  • Bawa kamera.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (9)

Comments (2)