215 views | 2 Likes

Air Terjun Kuning, Keindahan Tersembunyi di Bangli

4 star (from 2 people)
Bangli, Bali, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 28 September 2018, 11:11:34
clarissaputri
Sightseeing

Bangli memiliki surga yang tersembunyi berlokasi di Air Terjun Kuning, Disini kalian akan di manjakan dengan pemandangan air terjun yang cantik!

How to Get There

Mumpung dapet cuti, meskipun sehari tapi aku mau manfaatin buat refresh dengan pergi ke suatu tempat. Inilah keuntungan kalo tinggal di Bali adalah disini ada banyak banget wisata keren yang bisa dikunjungi. Karena beberapa waktu yang lalu aku banyak pergi ke pantai seperti Pantai Canggu, Pantai Virgin hingga cafe pantai kayak La Laguna, pokoknya serba pantai, akhirnya aku mutusin buat pergi ke air terjun. 

Akhir-akhir ini aku lagi pengen pergi ke suatu tempat yang ngga terlalu rame dan sedikit tenang, akhirnya setelah searching, aku nemuin Air Terjun Kuning. Air terjun ini lokasinya ada di Kota Bangli, tepatnya di Dusun Kuning. Kemarin aku kebetulan pergi ditemani oleh pacar aku dan kita pergi naik motor kesana. Jalannya gampang kok guys. Dari Denpasar, arahkan kendaraan menuju Bangli. Kalian bisa lewat Sukawati atau bisa juga lewat jalan by pass Ida Bagus Mantra. Kalo udah sampe Taman Bali yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari Kota Bangli, akan ada pertigaan. Dari pertigaan itu belok kanan dan ikuti aja jalan itu sampe ketemu pertigaan lagi yang deket sama pabrik air minum “Non Min”. Setelah itu belok kanan sampai di ujung jalan deket pemukiman penduduk. Dari situ, tinggal jalan kaki ke lokasi yang jaraknya sekitar 300 meter.

Video by Luhde Hidayanti

 

What to Do

Akhirnya sampe juga di air terjun setinggi 25 meter ini setelah 2 jam perjalanan. Karena memang kita dateng ngga hari libur, maka konisi air terjun ini juga ngga terlalu rame dan ada beberapa wisatawan mancanegara yang juga berkunjung kesini. Ohya, trekking menuju ke air terjun ini cukup melelahkan juga, apalagi buat aku yang jarang olahraga ini, jadi siapkan tenaga yang cukup ya guys. 

air terjun kuning

Meskipun namanya Kuning, tapi air disini ngga berwana kuning lho guys. Kuning adalah nama dari dusun tempat dimana air terjun ini berada. Air terjun ini airnya cukup bening dan dingin, ditambah lagi dengan kondisi alamnya yang asri, jadi makin sejuk dan bikin pikiran tenang. 

air terjun kuning

Air terjun Kuning ini bisa dibilang masih terjaga kealamiannya karena jelas banget kalo masih asri, alami dan cantik. Warga setempat juga berupaya untuk membantu menjaga kelestarian alam di sekitar air terjun ini. Ditambah lagi karena lokasinya yang terpencil dan tersembunyi membuat banyak orang yang ngga tau keberadaan air terjun ini. Saking asrinya tempat ini, maka banyak sekali kera liar yang hidup disini. Hal ini menandakan jika habitat kera-kera tersebut masih belum terganggu karena disekitar mereka ngga banyak aktivitas manusia.

air terjun kuning

Karena udah jalan jauh-jauh dari Denpasar, rasanya sayang banget kalo ngga berenang di kolam air terjun ini. Kolam dibawah air terjun ini diameternya sekitar 6 meter dan kedalamannya bisa dibilang masih cukup aman kalo mau buat berenang. Airnya juga jernih dan dingin banget guys. Kapan lagi bisa berenang di kolam alami dengan pemandangan sekeren ini kan.

wisata di bangli

Aliran air terjun ini membentuk sebuah aliran sungai yang diberi nama Sungai Melangit dan juga ngga kalah keren. Air sungai ini mengalir dengan tenang diantara bebatuan dan banyak pepohonan rimbun yang tumbuh di pinggiran sungai. Berfoto dipinggir sungai ini dengan background air terjun yang keren ini menjadi sebuah kewajiban kalo main kesini.

wisata di bangli


Tips and Trick

  • Persiapkan tenaga untuk trekking menyusuri hulu sungai sebelum ke air terjun ini.
  • Selain tenaga, siapkan juga perbekalan karena disini ngga ada warung.
  • Gunakan kendaraan pribadi untuk lebih hemat waktu dan biaya. Atau kalian bisa sewa di pusat kota Denpasar.
  • Bawa perlengkapan renang dan baju ganti.
  • Bawa kamera waterproof.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Extra hati-hati saat trekking karena bebatuan yang licin, apalagi saat musim hujan.
  • Jaga kelestarian dan kebersihan alam disekitar air terjun ini.

Gallery (5)

Comments (2)