152 views | 2 Likes

Air Terjun Kedung Kandang, Air Terjun Berundak Terkeren di Yogyakarta

4 star (from 3 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 27 September 2018, 15:50:50
mummyz
Tourist

Air terjun Kedung Kandang ini menjadi air terjun terkeren di Yogyakarta loh! Pastinya jangan di lewat kan saat berlibur ke Yogtakarta!

How to Get There

Gunung Kidul adalah salahsatu tempat di Yogyakata yang terkenal menyimpan berbagai tempat wisata alam. Kalau soal pantai mungkin udah cukup mainstream untuk dikunjungi disini. Nah karena aku lagi pengen mengunjungi wisata selain pantai, akhirnya kepikiran buat dateng ke Air Terjun Kedung Kandang aja deh. 

Kalau dari arah Yogyakarta, kalian bisa menempuh perjalanan melalui Jalan Jogja – Wonosari. Setelah menemui pertigaan Piyeungan, terus lurus kea rah Kecamatan Patuk. Nah setelah menemui Koramil Patuk beloklah ke kiri hingga menemui jemnatan dan belok kanan. Gunakan google maps kaalu masih bingung ya guys hehe. 

Jalanan menuju ke Air Terjun Kedung Kandang udah cukup memadai dan mudah dilalui, namun semakin mendekati titik lokasi, jalanan akan semakin nanjak dan udah bukan aspal lagi melainkan berupa tanah. Seteah menempuh perjalanan kira kira 55 menit dari pusat Kota Jogja, akhirnya kami tiba di lokasi Air Terjun Kedung Kandang. 

 

What to Do

Setibanya di kawsan Air Terjun Kedung Kandang, kamipun memarkir kendaraan di tempat yang telah disedaiakan. Untuk sepeda motor atau kendaraan roda dua, parkir dikenakan biaya Rp 2000,- per kendaraan, sedangkan untuk roda empat Rp 5000,- per mobil. Tempat parkirnya cukup luas, jadi jangan khawatir buat nggak dapet parkir yaa. 

Tiket masuk menuju ke Air Terjun Kedung Kandang dibandrol dengan harga Rp 8000,- per orangnya. Cukup terjangkau bukan? Karena kami berangkat bareng rombongan 3 orang, kami hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 5.000,- untuk satu mobil dan Rp 24.000,- untuk tiket masuknya. Cukup ekonomis liburan kali ini hihi. 

wisata di yogyakarta

wisata di yogyakarta

wisata di yogyakarta

Salahsatu alasan kami memilih buat dateng ke Air Terjun Kedung Kandang adalah saking pensarannya, karena banyak juga yang bilang kalau Air Terjun Kedung Kandang ini merupakan air terjun terindah di Gunung Kidul. Bahkan, banyak yang menyamakan Air Terjun Kedung Kandang seperti air terjun yang ada di Ubud, Bali. 

Dari tempat parkir, untuk menuju ke Air Terjun Kedung Kandang ini masih perlu melakukan trekking beberapa meter. Kalau bisa, hindari kesini saat musim hujan yak arena tentu jalanan yang dilalui akan semakin licin dan berbahaya. Tapi, ada untungnya juga kalau kalian dateng saat musim hujan, debit air yang ada tentu jauh lebih deras daripada musim kemarau. Keep safety ya!

Sepanjang jalan trekking menuju ke lokasi Air Terjun Kedung Kandang, kalian akan melewati persawahan warga. Jangan sungkan untuk menyapa maupun bertanya pada petani yang kalian temui ya, ets tetep jaga kesopanan tentunya!

Ada tips lagi nih buat alian yang mau kesini, jangan lupa bawa makanan dan minuman ya. Karena setelah kalian Lelah melakukan trekking, kalian tak akan menemui warung atau penjual makanan disini. So, jangan lupa mbontot! Haha. 

air terjun kedung kandang

air terjun kedung kandang

Lelahnya trekking akan terbayar lunas saat kalian tiba di kawasan Air Terjun Kedung Kandang. Iya, jernihnya air serta derasnya suara air terjun bikin kami nyaman ada disini. Serasa nyatu dengan alam gitu *eaaa.

Air Terjun Kedung Kandnag ini memiliki pemandangan yang indah dan puas abnget diliatnya. Jangan lupa siapkan camera ya kalau kalian kesini. Karena akan sangat disayangkan kalau kalian kesini tapi ngga foto hehe. 

Kalau ke Air Terjun Kedung Kandang, jangan lupa ajakin orang tersayang ya. Kutunggu review kalian di GoTravelly tentang air terjun cantik ini. See you guys!

Tips and Trick

  • Gunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman
  • Bawa alat dokumentasi jangan lupa!
  • Youtube : NET. BIRO YOGYAKARTA

Gallery (5)

Comments (2)