Pantai Kemala, Pantai Indah Bak Surga

pantai kemala

redjo | Sightseeing
balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia | Beach Exploring
06 Jan 2017


Pantai Kemala, Pantai Indah Bak Surga
Cari pantai yang kekinian dan asik dikunjungi di kawasan Kalimantan Timur? Pantai Kemala bisa masuk ke list tujuan wisata kalian nih. Udah tau belum dengan keindahan pantai yang satu ini? Simak review dari saya berikut yuk!

How to Get There

Kalau kalian udah tau Pantai Kemala, sayapun tak heran karena pantai ini cukup terkenal di daerah Balikpapan Kaliamantan Timur. Nah bagi yang belum tau, kalian bisa nyoba mengunjunginya guys kapan-kapan. Tak berhenti di Pantai Melawai, kami melanjutkan perjalanan menuju ke “Pantai Kemala” yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Prapatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Waktu itu saya dari Pantai Melawai menuju Pantai Kemala menempuh jarak sekitar 1,8 km, dan memakan waktu sekitar 7 menit perjalanan saja, dekat sekali yah…. Jadi bisa sambil jalan juga Cuma 7 menit saja sambil olahragalaughing

Lokasi dari kedua pantai ini yang berdekatan juga bikin pengunjung suka mengunjungi kawasan ini, bisa sekalian banyak gitulo liburannya hehehe. 

What to Do

Pantai Kemala merupakan salahsatu pantai yang banyak pengujungnya karena pantai ini merupakan pantai yang menjadi favorit khususnya di daerah Balikpapan. Selain itu, tempatnya sangat strategis dan dekat dengan Pusat Kota Balikpapan membuat kebanyakan pegunjung mudah menjangkau dan memilih untuk berlibur di kawasan Pantai Kemala yang cantik ini. Pantai indah yang satu ini tidak pernah sepi dengan pengunjung, apa lagi saat hari libur atau akhir pekan, siap siap aja ngantri dalam hal apapun hahaha.

Pantai yang terkenal berpasir lembut, angin yang segar, dan suasananya yang tenang itu membuat saya nyaman saat berada di sini. Saat itu saya melihat beberapa Wahana seperti Banana Boats, Jet Sky, Flying Fox, dan masih banyak permainan lainnya yang seru membuat saya pingin mencobanya. Rasanya emang kurang afdol kalo ngeliat banyak mainan kayak gini tapi gak nyobain satu-satu hihi. 

Dengan rasa takut menyesal kalo gak main air, akhirnya kamipun mencoba mainan pertama yakni Banana Boats. Whooops! Asik, Seru! Karena emang awalnya kami belum pernah naik permainan ini alhasil agak ndredeg gitu deh. Asik sih, asik parah! Asik asik asik asik..... eh dijatuhin sama guidenya. Awalnya takut, tapi seru abis sih, makin seruh kalo jatuh dari Banana Boats, basah basah gimana gitu hahaha. 

Kalo dilihat sekilas, Pantai Kemala mamiliki kemiripan dengan salahsatu pantai yang ada di Bali yang berjuluk Pantai Jimbaran. Keren tentunya, viewnya pun bakal jadi gambar yang indah kalo dijepret dengan alat dokumentasi. Yang suka berfoto, jangan lupa bawa camera yang bagus dan ciamik pula ya!

Waktu yang paling asik untuk mengunjungi pantai nan cantik ini adalah di sore hari. Kenapa? karena selain pengunjung bisa melihat sunset, pengunjung juga bisa memanfaatkan uaca yang hangat untuk berjalan-jalan, berfoto, maupun nyobain berbagai kuliner yang ada di kawasan Pantai Kemala. Bermain air di sore hari juga masih sangat memungkinkan di Pulau Kemala ini. Banyak hal yang bisa kita lakuin disana dan tentunya uasik dong! Oh iya, tarif Banana Boats ini hanya dibandrol dengan harga sekitar 25.000,- saja per orang lhoo.

Kalo tanya fasilitasnya, saya mengatakan bahwa Pantai Kemala ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari warung makan, toilet, dan banyaknya permainan yang ada. Jajanan yang tersedia disini cukup murah, mulai dari 5000 hingga 7000 rupiah saja. Cukup murah dan dijamin gak akan bikin kantong jebol dehh...

Tiket masuk menuju ke Pantai Kemala ini hanya dibandrol dengan harga 1000,- per orangnya. Cukup murah ya, kalo harga masuknya segini mah ngajak sekampung juga gapapa deh haha.

Tak hanya ramai dikunjungi di pagi dan sore hari, Pantai Kemala juga ramai dikunjungi di malam hari lhoo. banyak remaja dan muda mudi yang memilih untuk menghabiskan waktu di Pantai Kemala di malam hari. Adanya banyak resto dengan berbagai cita rasa dan masakan menjadi salahsatu daya tarik pengunjung di malam hari. Tersedia berbagai kuliner lezat, ada seafood, masakan Indonesia hingga masakan Eropa pun juga tersedia disini. Jadi kalo habis jalan-jalan dan laper, kalian bisa langsung mampir ke resto yang tersedia disini yaa..

Setelah puas menyusuri pantai yang Eksotis tadi kami mengunjungi kuliner yang ada di kota Balikpapan. Yummy....

Tips and Trick
  1. Guankan alas kaki yang nyaman digunakan.
  2. Bawa makanan atau minuman dari rumah juga boleh
  3. Jangan lupa bawa camera ya!
  4. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  5. Jika anda membawa anak kecil maka jangan jauhkan dari pengawasan anda.
  6. Jagalah kebersihan yang ada disini jangan buang sampah sembarangan.
  7. Youtube : Rhendy Anggara

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY