rudibelawan | Traveler
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia | Beach Exploring
26 Jun 2019


Pantai Ngrumput, Sajikan Pemandangan Indah di Gunung Kidul
Main ke Jogja? Jangan lupa explore wisata pantai di Gunung Kidul!

How to Get There

Gunung Kidul memang menjadi wilayah yang paling saya suka kalau di Yogyakarta. Kalo jalan Malioboro dan semacamnya sih udah cukup biasa ya. Tapi, Gunung Kidul selalu punya wisata dan pantai indah untuk dikunjungi. Kali ini tujuan kami adalah ke Pantai Ngrumput.

Udah pernah tau soal pantai ini? Kalo aku emang abru pertama kali. Aku berangkat bareng temen dan pengen camp sehari sih rencananya. Setelah rencana matang, kami langung menyiapkan berbagai peralatan camping. Soal jalan, temenku udah hafal diluar kepala wkwk. Alamatnya sih ada di daerah Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Youtube : Gubuk Gabut TV

Udah nggak sabar main ke Pantai Ngrumput, sayangnya aku harus langsung pulang dan nggak ikutan ngecamp, tapi gapapa, kayaknya seru juga wkwk. Kalian bisa cek rute perjalanannya di google ya, wajib banget kesini kalau ke Gunung Kidul. Kalau pantai lainnya mungkin kalian udah pernah dan udah nggak asing lagi, tapi kalo yang satu ini dijamin seneng sih. 

Perjalanan sekitar 1 jam perjalanan udah kami lalui. Jalanan menuju ke Pantai Ngrumput cukup menantang, jalan yang menanjak dan berkelok akan kalian temui disini. Wajib berhati-hati ya!

What to Do

Setibanya di Pantai Ngrumput kami langsung menuju tempat parkir mobil. Oh iya, parkiran mobilnya cukup jauh sama lokasi, jadi harus ditambah dengan berjalan kaki. Mobil diparkir di Pantai Drini kemudian pengunjung bisa jalan kaki sampe ke tujuan. Siapkan kondisi tubuh yang fit buat kalian yang akan mengunjungi indahnya Pantai Ngrumput ini.

Pantai Ngrumput emang belum terjamah banyak orang, oleh karena itu tempatnya masih sangat rekomended buat kalain yang mau ngecamp disini. Masih sangat sepi dibanding pantai lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk fasilitasnyapun juga demikian, masih belum begitu memadai. Meskipun begitu, pengunjung tetep tertarik untuk datang karen keindahannya. 

Kalau berkunjung kesini, kalian harus mempersiapkan sendiri semuanya. Pengunjung boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Ets jangan lupa, kalo kalian nggak nemu tempat sampah jangan buang sampah sembarangan ya. Kebersihan di Pantai Ngrumput masih sangat terjaga, oleh karena itu pengunjung juga masih harus menjaganya. 

pantai ngrumput yogyakarta

pantai ngrumput yogyakarta

Banyak spot foto yang bisa kalian manfaatkan pas disini. Perbukitan dan adanya pepohonan juga menambah cantiknya Pantai Ngrumput. Pengunjung bisa membawa beberapa atribut yang cantik yang bisa digunakan untuk berfototo. Kursi angin misalnya, ada banyak yang membawa kursi angin, sayangnya kami nggak kepikiran buat bawa wkwk. 

Pemandangan Pantai Ngrumput emang luar biasa. Hamparan pasirnya yang masih sangat bersih juga bikin kami cukup betah disini. Nggak hanya 1 2 tenda, ada banyak tenda warna warni yang ada di sekitar Pantai Ngrumput. Lumayaan, bisa buat spot foto juga, cantik kalo difoto dari atas bukit. 

pantai ngrumput yogyakarta

pantai ngrumput yogyakarta

Jangan lupa bawa peralatan traveling kalian. Camera, tripod, tongsis, dan macem macem lensa sangat berfungsi haha. Buat kalian yang hobi fotografi, Pantai Ngrumput juga jadi salah satu pilihan pantai yang tepat di Gunung Kidul. 

Jangan lupa mampir kalo main ke GUnung Kidul, keindahan pantai yang satu ini gak akan ngecewain kalian. 

Tips and Trick
  • Siapkan peralatan camp dan berbagai peralatan lainnya
  • Bawa pakaian ganti
  • Jangan mengotori area pantai dan buang sampah semabrangan
  • Jaga kebersihan
  • Bawa camera dan alat dokumantasi
  • Bawa obat-obatan pribadi
  • Kalau mau camp, weekday lebih sepi dan asik
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY