159 views | 2 Likes

Pulau Putri: Surga Tersembunyi yang Tak Jauh Dari Ibukota

4 star (from 2 people)
Adm. Kep. Seribu, Dki Jakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 25 September 2018, 12:05:13

Setibanya di Pulau Putri, gue disambut dengan patung putri duyung yang bikin gue mikir kalo pulau ini adalah pulaunya putri duyung yang siapa tau...

How to Get There

Akhirnya liburan ke pantai lagi nih gue. Setelah perjalanan ke Lombok beberapa waktu lalu, udah lama banget gue ngga pergi snorkerling. Rasanya udah kangen banget sama laut dan ngasih makan ikan-ikan. Kali ini, gue berwisata pantai di daerah deket-deket Jakarta aja guys. Kalo deket Jakarta pasti kalian udah tau yaa pantai mana lagi yang bisa dipake buat snorkeling, yaitu di Kepulauan Seribu. 

Kepulauan Seribu memang bisa jadi alternatif wisata bagi warga Jakarta yang pengen wisata pantai yang ngga jauh-jauh dari Jakarta. Kepulauan ini punya banyak pulau yang keren buat dieksplore lho guys, salah satunya adalah Pulau Putri yang cantik bagaikan seorang putri. Sebenernya salah satu alesan gue kepo sama pulau ini selain karena namanya mirip sama nama gue juga sih. Hahaha..

Anyway, perjalanan gue mulai pada hari Jumat pagi sekitar jam 6 dari rumah menuju Pelabuhan Marina Ancol. Sesampainya di pelabuhan, disini ada area parkir yang bisa digunakan untuk pengunjung yang bawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Kalo kalian ngga mau bawa kendaraan pribadi juga bisa kok guys, dari pusat kota Jakarta tinggal naik Bus Transjakarta, Angkutan Kota atau Ojek Online.

Dari Pelabuhan Marina Ancol, perjalanan dilanjutkan naik kapal yang berangkat jam 7 pagi menuju ke Pulau Putri. Kalian bisa berangkat dengan menyesuaikan jadwal kapalnya ya guys, biar ngga ketinggalan. Perjalanan buat nyebrang ke Pulau Putri butuh waktu sekitar 90 menit. Lumayan lama guys, tapi selama perjalanan kalian bakal disuguhi pemandangan yang indah banget. Hamparan laut dan langit biru yang cerah bakal nemenin perjalanan kalian menuju ke pulau cantik ini. 

What to Do

Setibanya di Pulau Putri, gue disambut dengan patung putri duyung yang bikin gue mikir kalo pulau ini adalah pulaunya putri duyung yang siapa tau bakal gue temui saat gue menyelam nanti. Hahaha.. Ngga ding, itu semua hanyalah mitos, lagian mana ada juga putri duyung beneran kan. Pulau Putri ini luasnya sekitar 8 hektar, jadi jalan kaki berkeliling pulau adalah kegiatan pertama yang gue lakuin. 

Selama berjalan mengelilingi pulau ini, gue bisa liat pemandangan yang berbeda di sekitar dan banyaknya pepohonan yang rindang dan hijau. Pepohonan ini biasa digunakan buat tempat berteduh dan bersantai wisatawan. Hembusan angin pantai disini juga seger banget, jadi meskipun matahari lagi terik-teriknya, gue masih berasa seger aja disini. 

Banyak kegiatan yang bisa dilakuin di Pulau Putri ini, seperti water sport. Dan tanpa menunggu lama-lama lagi, gue langsung cobain snorkeling disini karena udah ngga sabar banget buat melihat indahnya kehidupan bawah laut dan ketemu ikan-ikan yang lucu. Disini juga udah disediakan peralatan snorkeling yang bisa disewa dengan biaya yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 50 sampe 75 ribu rupiah saja. Disini kalian bisa berenang bareng ratusan ikan hias yang lucu-lucu dan berwarna-warni. 


Selain snorkeling, kalo kalian pengen menikmati keindahan bawah laut tapi males basah-basahan, kalian juga bisa masuk ke Undersea Aquarium yaitu terowongan sepanjang 100 meter yang ada dibawah laut. Dari dalam terowongan ini, kalian bisa melihat beragam jenis ikan yang ada didunia. Wisata yang ini cocok banget buat kalian yang bawa anak kecil, jadi sekalian bisa mengedukasi mereka.

Water sport lainnya yang bisa kalian lakukan adalah diving, jet ski, banana boat dan canoe. Atau buat kalian yang suka mancing juga bisa lho mancing disini. Tinggal siapkan aja alat pemancingnya.

Fasilitas lain yang ada di pulau ini adalah kolam renang dan resort. Karena pulau ini dikelola oleh swasta yang punya resort ini juga, jadi kalian yang pengen bermalam di pulau ini juga bisa banget. Gue kebetulan kemarin nginep 2 malam di pulau ini dan betah banget.

Pulau Putri memang menawarkan destinasi wisata alam yang keren banget. Ditambah dengan hamparan pasir putih yang bersih jadi bikin pengunjung betah berlama-lama disini. Indahnya laut yang berwarna biru ini cocok banget buat melepas penat sejenak dari rutinitas. Gue sendiri pun ngerasain fresh nya pikiran setelah liburan ditempat ini. Menurut gue, pulau ini adalah salah surga tersembunyi yang ada didaerah kepadatan Ibu Kota Jakarta.

Tips and Trick

Tertarik buat kesini juga? Berikut ada tips yang perlu dipehatikan:

  • Speedboat menuju ke pulau ini harus dicek dulu jadwalnya, kalo ngga mau ketinggalan. Biasanya mulai bernagkat jam 7 pagi. Harga per orangnya kisaran 50 sampe 250 ribu per orangnya.
  • Kalo pengen nginep, usahakan untuk booking penginapan jauh-jauh hari sebelumnya.
  • Bawa perlengkapan mandi.
  • Gunakan sunblock, kacamata hitam, topi dan sandal jepit.
  • Bawa uang tunai yang cukup karena disini ngga ada ATM.
  • Bawa obat-obatan.
  • Bawa kamera dan watercase buat kalo mau menyelam.
  • Jangan rusak terumbu karang.
  • Jangan kotori pulau ini.

Video by Jacob Kastanja

Gallery (10)

Comments (2)