387 views | 3 Likes

Pantai Kutang Lamongan. Sejarahnya Gimana Ya?

4 star (from 3 people)
Lamongan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 21 September 2018, 13:24:51
albertak
Sightseeing

Akhirnya sampai juga di Pantai Kutang yang akupun sangat penasaran kenapa pantai ini dinamai Pantai Kutang. Untuk biaya masuk, Pantai Kutang ini...

How to Get There

Siapa sih yang tak kenal Wisata Bahari Lamongan atau yang biasa disingkat WBL? Saya rasa wisatawan khususnya orang jawa pasti tau sama wisata yang satu ini. WBL memang sudah terkenal sejak dulu sebagai tempat wisata di Lamongan. Banyak wisatawan yang datang ke Lamongan hanya untuk berwisata ke WBL, tak hanya dari Lamongan saja, pengunjung berasal dari berbagai kota  seperti Jombang, Surabaya, Malang, dan masih banyak lagi. 

Saya nemuin satu wisata keren lagi nih di sekitar Wisata Bahari Lamongan, lumayan bisa jadi referensi tempat yang bisa dikunjungi di Lamongan selain WBL. Namanya adalah Pantai Kutang. Ets jangan salah paham dulu ya, soal sejarahnya bakalan kita bahas nanti hehe. 

Lokasinya ada di daerah Kentong, Labuhan, Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Dari pusat Kota Lamongan, kami perlu menempuh perjalanan sejuauh 59 kilometer atau sekitar 90 menit perjalanan. 

Youtube : Ardhi Ramadhani

What to Do

Akhirnya sampai juga di Pantai Kutang yang akupun sangat penasaran kenapa pantai ini dinamai Pantai Kutang. Untuk biaya masuk, Pantai Kutang ini tidak memungut biaya apapun, cuma bayar biaya parkir aja. Cuma Rp 2000,- saja untuk masuk ke pantai indah ini. Murah beud.

Iya, sayapun sempet mikir dan ketawa sendiri saat pertama tau kalo pantai indah ini namanya Pantai Kutang. Dan setelah tau sejarahnya akhirnya dalam hati berkata ‘oh gitu ternyata, lucu juga haha’. 

Jadi, dulu jauh sbelum pantai ini terkenal, Pantai Kutang kerap dijadikan tempat nongkrong muda mudi gitu. Dan anehnya, warga sekitar sering menemukan pakaian dalam wanita di pantai tersebut atau di sekitar pohon mangrove. Lucu dan aneh ya sejarahnya, tapi yang jelas sekarang aku bisa menikmati Pantai Kutang yang indah ini. 

Kalau soal sejarah, kedengarannya emang aneh ya. Apa aja yang bisa kalian nikmati di Pantai Kutang ini, salahasatunya adalah kalaian bisa menemukan banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto. Yang asik lagi, ombak di Pantai Kutang ini tidak begitu besar, jadi sangat nggak bahaya kalau kalian main main dan berenang di sekitar Pantai Kutang. 

Kalau air laut Pantai Kutang pas surut, batu karang yang ada bakal bagus banget diliat. Sekilas jadi mirip Pantai Gatra yang ada di Malang Jawa Timur. Jangan lupa buat foto foto disini juga ya. Duduk duduk sambal menikmati keindahan pantai dan segernya udara memang masih menjadi hal yang nyenengin banget buat aku hihi. 

Selain hamparan pasir, indahnya karang, dan jernihnya laut, indahnya pohon mangrove di sekitar Pantai Kutang juga dijamin akan memanjakan wisatawan. Banyak uga yang menjadikan Hutan Mangrove ini sebagai spot foto menarik. Pengunjung bisa berfoto dengan background pohon mangrove disini. 

Setelah puas bermain air, kalian bisa memesan beberapa makanan atau minuman yang dijual oleh warung di sekitar Pantai Kutang ini. Fasilitas di Pantai Kutang udah terhitung cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas, adanya warung makan, serta tempat ganti atau toilet yang memadai. 

Kawasan sekitar Pantai Kutang ini juga sangat bersih, jadi pastikan kalian tidak meninggalkan sampah disini ya. Bantu jaga dan lestarikan wisata alam seindah ini ya guys. 

Tips and Trick

1. Gunakan alas kaki dan pakaian yang nayamn

2. Jangan lupa bawa baju ganti bagi kalian yang pengen puas bermain air

3. Gunakan sunblock kalau takut item hehe

4. Selamat liburaaan!

Gallery (4)

Comments (6)