185 views | 2 Likes

Traveling ke Pantai yang Mistis dan Penuh Sejarah. Tertarik?

4 star (from 2 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 21 September 2018, 11:31:59
nur
Sightseeing

Setibanya di Pantai Ngobaran, kalian akan disambut dengan suasana yang mistis. Ada banyak abu menyan dan wewangian yang kadang tercium. Hal ini bisa...

How to Get There

Masih seputaran Jogja yang kayaknya ngga bakal ada habisnya kalo mau bahas wisatanya. Kali ini aku mau review salah satu wisata pantai favorit aku di Jogja, yaitu Pantai Ngobaran. Sama halnya dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Nguluran yang udah pernah aku review sebelumnya, pantai ini berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul. Tapi pantai ini punya keunikannya tersendiri lho, makanya pantai ini jadi favorit banyak wisatawan.

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Gunung Kidul, Jogja dan untuk menuju ke pantai ini ngga susah. Kalian bisa naik kendaraan pribadi karena jalannya udah sangat mulus. Beberapa pilihan rute yang bisa kalian lalui untuk ke Pantai Ngobaran antara lain:

Rute pertama, melewati Jalan Imogiri Timur. Dari Kota Jogja, ambil arah menuju Imogiri Timur lurus terus hingga pertigaan Imogiri lalu belok kanan. Lurus ke arah Selopamioro dan ketemu jalur lintas selatan. Ikuti terus jalur ini hingga sampai di kanan jalan dan menemukan petunjuk Pantai Ngobaran.

Rute kedua yang bisa kalian tempuh adalah dari Jalan Wonosari. Dari Kota Jogja ambil arah menuju Wonosari dan setelah tiba di kota Wonosari ambil rute menuju ke Baron, sampai di pertigaan Baron, belok kanan dan di kiri jalan akan ada petunjuk Pantai Ngobaran.

What to Do

Setibanya di Pantai Ngobaran, kalian akan disambut dengan suasana yang mistis. Ada banyak abu menyan dan wewangian yang kadang tercium. Hal ini bisa dibilang wajar karena kawasan ini banyak bangunan yang digunakan buat semedi dan bersembahyang. Saat berjalan di tepi pantai, kalian akan melewati sebuah gapura yang terdiri dari tembok yang melingkar mirip dengan bangunan pura. Dibagian dalamnya, ada patung dan arca yang disusun dengan rapi, beberapa diantaranya mungkin sudah ngga asing lagi karena bentuknya mirip dengan Arca Syiwa dan Ganesha.

Pantai Ngobaran sering disebut sebagai Bali nya Jogja karena memiliki Pura yang merupakan tempat ibadah agama Hindu. Selain itu di dekat Pura juga berdiri Mushola yang digunakan untuk tempat ibadah umat Muslim. Disebelahnya juga sering dipergunakan untuk upacara ritual penganut aliran kejawen. Pantai ini unik dan menarik karena menjadi simbol toleransi yang begitu kuat. Meskipun memiliki perbedaan keyakinan, namun para pemeluk agama di Pantai Ngobaran dapat melakukan ibadah dengan berdampingan dengan damai.

Menurut cerita yang beredar di Masyarakat setempat, nama Pantai Ngobaran punya kaitan yang erat dengan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak. Konon, saat Kerajaan Majapahit dipimpin oleh Brawijaya V mulai di pojokkan oleh Kerajaan Demak yang dipimpin oleh puteranya yaitu Raden Patah. Mereka pun mulai menyerang Majapahit. 

Lalu, Raja Brawijaya dengan terpaksa meninggalkan Kerajaan Majapahit bersama dengan puteranya, Bondan Kejawen menuju arah barat. Raja lalu tiba di pesisir pantai yang tenang dan damai lalu ia melalukan Uacaa Muksa atau pembakaran diri. Alasannya karena ia tidak mau berperang melawan anaknya sendiri. Raja Brawijaya melakukan upacara pembakaran diri dan menimbulkan kobaran api yang sangat besar. Oleh karena itu, masyarakat menamai pantai ini sebagai ngobaran.

Keindahan Pantai Ngobaran memang tidak bisa dielakkan lagi ya guys. Selain keunikannya yang sebagai simbol dari beragam umat beragama, pantai ini juga dikenal sangat eksotik karena kalo air lagi surut, kalian bisa melihat hamparan rumput laut yang sangat cantik, mulai dari warna cokelat hingga hijau. selain itu, ada puluhan bintang laut yang berada di sela karang dengan beragam jenis. Ngga cuma bintang laut lho guys, pantai ini juga jadi habitat landak laut dan kerang-kerangan yang ngga kalah cantik.


Selayaknya pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya, Pantai Ngobaran juga punya ombak yang lumayan besar, jadi aku ngga saranin kalian buat berenang di pantai ini. Sebagai gantinya, kalian bisa bermain air di pinggiran pantai atau bersantai di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa dan kuliner khas.

Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap lho. Dari pintu masuk, kalian sudah disambut dengan toko oleh-oleh khas Pantai Ngobaran. Selain itu juga ada rumah makan yang menyajikan seafood lezat, kamar mandi dan toilet yang bersih. Sayangnya disekitar sini masih belum ada fasilitas hotel atau penginapan.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 3000 saja, kalian sudah bisa menikmati keindahan Pantai Ngobaran yang menawan dan unik ini. Gimana? Kerena banget kan? Segera jadwalkan untuk pergi ke Pantai Ngobaran yuk.

Video by Nuu Channel

 

Tips and Trick

  • Untuk menuju ke pantai ini, saranku pake kendaraan pribadi. Kalian yang dari luar kota bisa sewa kendaraan di Pusat Kota Jogja dengan harga yang terjangkau.
  • Bawa Kamera.
  • Gunakan topi, kacamata hitam dan sunblock.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Cicipi kuliner setempat yang super lezat.
  • Kunjungi pantai lain yang ada disekitarnya.

 

Gallery (7)

Comments (4)