436 views | 2 Likes

Kampung Anggrek, Destinasi Cantik di Kaki Gunung Kelud yang Lagi Hits

4 star (from 2 people)
Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Category: Photography

Posted on 19 September 2018, 12:03:50
who1100
Tourist

Kamu suka taman bunga? Lokasi yang satu ini wajib kamu kunjungi, karena pemandangan yang ada disini sangat cantik... Lokasi nya berada di Kaki Gunung Kelud, dan menjadi wisata hits di Kediri.

How to Get There

Apa yang kalian pikirkan jika mendengar tentang kota Kediri? Pasti Tahu PO, Gunung Kelud atau Monumen Simpang Lima yang mirip banget sama yang ada di Kota Paris. Ternyata, di Kediri ngga cuma ada itu aja lho guys. Sebagai orang Kediri, saya kerap mengeksplore beberapa tempat wisata seru yang masih jarang dikunjungi orang. Namun, akhir-akhir ini ada salah satu wisata yang lagi hits dan banyak diobrolin di sosial media, yaitu Kampung Anggrek. 

Saya pun kepo dan pengen melihat langsung seperti apa Kampung Anggrek ini karena menurut cerita beberapa cerita temen-temen saya yang sudah pernah kesana, tempat ini keren banget. Weekend lalu, berangkatlah saya menuju Kampung Anggrek yang lokasinya di Dusun Sumber Putung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km dari dari pusat Kota Kediri.

Akses jalan menuju ke Kampung Anggrek ini bisa dibilang cukup mudah karena bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Rutenya juga gampang, tinggal ikuti jalan menuju ke arah Gunung Kelud dan sesampainya di Desa Ngancar akan ada pertigaan dan belok kiri. Jaraknya sekitar 2 km baru kalian akan sampe di lokasi Kampung Anggrek ini.

What to Do

Kampung Anggrek ini ada di kawasan kaki Gunung Kelud yang ketinggiannya mencapai 1731 mdpl. Ngga heran kalo hawa disini sejuk dan seger banget guys. Banyak pepohonan rindang yang ada di sekitar lokasi sehingga bikin suasana makin asri dan pemandangannya cukup memanjakan mata. Masuk ke kawasan Kampung Anggrek, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 4000 per orangnya. Dengan tiket masuk yang bisa dibilang cukup terjangkau ini, kalian bisa menikmati keindahan aneka bunga Anggrek yang cantik dan bagus banget buat background foto-foto.

Sebenernya, Kampung Anggrek ini sudah ada sejak tahun 2015 tapi baru menjadi perbincangan pada tahun 2017. Disini ada sekitar 70 jenis bunga Anggrek yang bagus-bagus dan memikat hati para penghobi Anggrek. Beberapa jenis Anggrek yang didatangkan langsung dari luar negeri, seperti Thailand dan Taiwan. Beberapa jenis diantaranya seperti Oncidium, Anggrek Bulan, Vanda, Cattleya dan Cymbiddium. Pembudidayaannya juga dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan.

Wisata ini punya green house lho ternyata guys. Green house ini berisini aneka tanaman Anggrek yang bisa menjadi kawasan edukasi bagi pengunjung, baik itu untuk kalangan pelajar maupun umum. Tidak tanggung-tanggung, green house nya ada lima sebagai area untuk budidaya, mulai dari pengumpulan induk Anggrek, persilangan, hingga pembuahan. Disini juga ada area taman kelinci dimana banyak jenis kelinci yang lucu, diantaranya jenis Anggora, Himalaya, LOP, Lion, Belanda, Satin dan masih banyak lagi. Tapi, yang paling ikonik dari wisata ini adalah adanya patung besar yang berupa gorila raksasa yang terbuat dari jagung.

Buat kalian yang hobi Anggrek, kalian bisa membawa pulang bibit Anggrek ini dengan harga sekitar Rp 30.000. Untuk yang sudah berbunga, dijual di kisaran Rp 30.000 - Rp 100.000, sedangkan bunga yang besar dan langka dihargai Rp 200.000. Selain Anggrek, disini juga ada tanaman buah nanas yang menjadi ciri khas Gunung Kelud. Beragam jenis nanas bisa ditemui disini seperti nanas queen, nanas var.md2, nanas bogor, nanas madu, nanas spanish dan nanas medusae.

Kampung Anggrek saat ini menjadi wisata yang cukup populer di Kediri dan banyak sekali wisatawan yang ingin datang untuk berwisata kesana. Untuk itu, wisata ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.30 - 16.30. Fasilitasnya juga cukup lengkap lho guys, mulaidari cafetaria, gazebo, mushola dan toilet.

Pengen berwisata edukasi sambil menikmati segarnya alam? Dateng ke Kampung Anggrek Kediri aja. Dijamin bakal betah berlama-lama.

Video by Turah TV

Tips and Trick

  • Bawa Kamera.
  • Ajak keluarga, kerabat dan pasangan.
  • Patuhi aturan yang ada di lokasi wisata seperti dilarang merokok di area green house.
  • Dilarang merusak tanaman yang ada di taman.
  • Dilarang memetik tanaman di area green house.
  • Jangan memberi makan sembarangan pada kelinci.
  • Jaga kebersihan di area wisata.

Gallery (8)

Comments (2)