187 views | 1 Likes

Nikmati Keseruan Bermain Air di Blue Lagoon - nya Jogja

5 star (from 2 people)
Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Category: Swimming

Posted on 18 September 2018, 13:39:25
lizbeth
Sightseeing

Untuk menikmati indahnya Blue Lagoon ini ternyata ngga dikenakan tiket yang mahal-mahal banget guys. Cukup bayar Rp 5000,- per orang dan kalian bisa...

How to Get There

Explore Jogja lagi yuk! Minggu kemarin mumpung kuliah lagi libur dan tugas ngga terlalu banyak, saya pun menyempatkan untuk jalan-jalan sebentar ke salah satu wisata yang lumayan hits di kalangan anak muda Jogja yaitu Blue Lagoon. Kalo dari namanya memang terdengar agak asing yaa karena Blue Lagoon sendiri memang nama salah satu wisata yang ada di Iceland. Tapi ternyata Jogja juga punya Blue Lagoon lho.

Awalnya saya diajak oleh beberapa teman kampus yang kebetulan berasal dari luar kota dan mereka kepo pengen tau seperti apa Blue Lagoon nya Jogja itu. Saya pribadi sebenernya belum pernah kesana, jadi ini juga pengalaman pertama barengan sama temen-temen kuliah. 

Blue Lagoon berada di daerah Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Dari Kota Jogja, kami naik motor rame-rame melalui rute Jalan Kaliurang km 13, kemudian disekitar jalan tersebut ada perempatan dan belok kanan. Lalu lurus terus sampe ada Gapuran dusun Widodomartani, ngga jauh dari situ ada sebuah pertigaan, kemudian belok kanan dan beberapa meter ada papan penunjuk Blue Lagoon Jogja.

Sebelum sampai ke lokasi utama, pengunjung akan disuguhi pemandangan khas pedesaan seperti persawahan, aliran sungai dan pepohonan asri serta rumah-rumah warga setempat. Pemandangan ini ngga bakal kalian temui di kota-kota besar guys. Rasanya sejuk banget ada disini.

What to Do

Untuk menikmati indahnya Blue Lagoon ini ternyata ngga dikenakan tiket yang mahal-mahal banget guys. Cukup bayar Rp 5000,- per orang dan kalian bisa langsung menikmati wisata alami ini. Ohya, buat kalian yang masih belum familiar sama Blue Lagoon, wisata ini adalah pemandian alami yang indah dan asri. Wisata ini sebenernya udah lama ada, tapi baru terkenal akhir-akhir ini aja. 

Awalnya, Blue Lagoon ini hanyalah aliran sungai biasa yang ngga ada namanya. Tapi, diberi nama Tirta Budi yang semakin terkenal karena adanya peristiwa yang pernah terjadi ditempat ini. Tirta memiliki arti air atau sumber air, sementara Budi adalah nama orang. Konon, menurut cerita Budi tenggelam dan meninggal di pemandian ini sekitar 20 tahun lalu karena penyakit ayan yang dideritanya kambuh saat berenang dan terlambat untuk ditolong.

Blue Lagoon adalah nama baru setelah Pemandian Tirta Budi. Sebenernya sebutan ini adalah ide dari mahasiswa KKN yang sedang ada diderah ini dan ingin mengembangkan lagi pemandian alami yang mulai tak terawat ini. Untuk itu, mereka mengajak teman-temannya untuk mandi disini dan mengunggah foto ke sosial media dan membuat banyak orang penasaran. Akhirnya, banyak orang yang lebih mengenal wisata ini sebagai Blue Lagoon karena airnya yang begitu jernih dan kebiru-biruan seperti yang ada di Iceland.

Wisata ini memiliki konsep pemandangan alam berupa wisata sungai dan mata air alami di daerah pedesaan dan menjadi daya tarik wisata sejak awal tahun 2014. Pemandian ini lalu diresmikan menjadi tempat wisata oleh Bupati Sleman pada Peringatan Hari Air Sedunia tanggal 22 Maret 2015. 

Pemandian ini sudah puluhan tahun menjadi sumber kehidupan warga Desa Dalem dan sekitarnya. Disini ternyata ada tiga mata air lho guys, yang masing-masing diberi nama Sendang Wadon, Sendang Belik Kluwih dan Sendang Lanang, dan ketiganya berada di aliran Sungai Tepus. Uniknya nih guys, katanya semua mata air ini ngga pernah kekeringan meskipun saat musim kemarau datang.

Wisata kolamnya langsung menarik perhatian saya dan teman-teman, apalagi teman-teman yang ingin langsung berenang. Mereka tidak bisa menahan diri lebih lama untuk tidak menceburkan diri. Kolam ini alami dan airnya jernih kebiruan berhiaskan pantulan cahaya matahari. Pantes aja temen-temen saya langsung pengen menceburkan diri disana. Disekitar kolam juga ada pohon bambu yang membuat area sekitar kolam menjadi sejuk buat mandi meskipun cuaca lagi panas-panasnya.

Dibagian kiri ada Sendang Wadon yang merupakan kolam kecil dan bermata air dengan aliran kecil. Dulunya kolam ini sebagai kolam untuk terapi ikan, tapi sekarang ikan-ikannya tinggal sedikit karena banyak diburu uleh para pencari ikan.

Sementara disebelah kanan ada Sendang Lanang yang terdapat pancuran dari tepian tebing sungai yang dijadikan alternatif untuk pijat alami. Disepanjang sungai ini banyak bebatuan yang dicat dengan warna-warna cerah seperti hiasan sungai.

Kolam utamanya ada ditengah yaitu Blue Lagoon yang menjadi tempat favorit wisatawan. Disini kalian bisa mandi dan berenang sepuasnya. Kalian juga bisa menyewa pelampung atau ban untuk berseluncur di dari bendungan kecil di ujung sungai. Selain itu, kalian juga bisa melakukan atraksi melompat ke dalam kolam karena kedalaman kolam sekitar 1 sampai 3 meter. Kalo pengen sewa perlengkapan berenang disini juga tersedia dengan harga yang cukup terjangkau.

Ngomongin soal fasilitas, disini juga ada banyak fasilitas yang cukup memadai kok guys. Seperti area parkir yang luas, toilet, ruang ganti, mushola, warung penjual makanan, tempat penitipan barang, gazebo, homestay, persewaan perlengkapan mandi dan persewaan kamera.

Overall, saya suka sekali tempat ini. Tempatnya tenang dan sambil berendam saya bisa menikmati ketenangan, hawa yang sejuk sambil mendengar gemericik air yang menenangkan. Rasa lelah, stress dan penat langsung hilang dalam sekejap. So, pastikan kalo liburan ke Jogja kalian harus memasukkan Blue Lagoon Jogja ini sebagai salah satu tujuan wisata kalian.

Video by allina5tore OutdoorGear

Tips and Trick

Kalian tertarik buat kesini juga? Saya ada beberapa tips yang harus kalian ketahui:

  • Kalo bisa dateng kesini pas musim kemarau, soalnya kalo musim hujan airnya cenderung keruh.
  • Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB. 
  • Pastikan untuk datang pagi-pagi agar tidak terlalu ramai dan lebih puas untuk menikmati kolamnya.
  • Dilarang menggunakan shampo dan sabun di area pemandian.
  • Bawa kamera anti air.
  • Bawa perlengkapan mandi dan baju ganti.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (9)

Comments (2)