140 views | 2 Likes

Wisata Changi Airport: Keseruan menyaksikan Kupu kupu Liar Berterbangan Dalam Bandara

5 star (from 3 people)
Singapore, Singapore, Singapore
Category: City Trip

Posted on 17 September 2018, 14:18:10
hennysusanti
Sightseeing

Transit lama di Singapore? Ngga masalah!

How to Get There

Kilas balik tentang liburan aku ke Turki beberapa bulan lalu. Sebenernya aku lagi ngga mau review soal liburan aku selama disana, karena masih belum sempet buat nulis lagi dan ngumpulin foto-fotonya. After this, I promise you guys I’ll write all of my experience in Turki. Kali ini, aku mau share pengalaman setelah pulang dari Turki, aku sempet mampir di Singapore dan transit selama kurang lebih 3 jam (karena pesawatnya delay, harusnya cuma 1 jam aja). Selama ada di Singapore ini, aku ngga sempet kemana-mana dan cuma jalan-jalan di sekitar Bandara Changi aja. Tapi siapa sangka kalo disini aku bisa menikmati keseruan menyaksikan kupu-kupu liar yang berterbangan dalam Bandara?

But, you know guys, Bandara Changi juga punya wisata yang keren-keren banget lho. Sebagai bandara terbaik versi World Airport Leisure Awards, Changi manawarkan aktivitas seru yang bisa dinikmati oleh pengunjung secara gratis. Saking besarnya bandara ini, ngga semua orang tahu kalo fasilitas-fasilitas ini tersedia gratis untuk semua penumpang. Lalu, ada apa saja?

Dari Bandara Ataturk Istanbul, aku naik Turkish Airline yang kemudian mendarat dengan selamat di Terminal 1 Bandara Changi, Singapura. Seharusnya, perjalananku dilanjutkan dengan menggunakan Singapore Airline di Terminal 2 tapi karena flight menuju Jakarta delay, akhirnya aku harus nunggu di bandara. Untung aja banyak banget kegiatan yang bisa aku lakuin di Bandara Changi ini. 




What to Do

Setelah searching, ternyata kurang lebih ada 7 fasilitas umum yang bisa kita nikmati secara gratis di Bandara Changi ini. Antara lain:

1. Entertainment Deck

Fasilitas ini yang pertama kali aku cobain pas di Terminal 2 Bandara Changi. Entertainment Deck ini punya beragam permainan yang bisa membuat siapapun lupa waktu dan bebas dari rasa bosan selama berjam-jam. Disini, kalian bebas memilih buat main game atau kalo kalian ngga suka main game kayak aku, kalian juga bisa santai sambil dengerin musik di MTV Booth yang nayangin video-video musik kekinian.

2. Bioskop

Di sebelah Entertainment Deck, ada Bioskop yang bisa didatangi secara gratis juga. Sebenernya, bioskop ini ngga cuma di Temrinal 2, tapi juga di Terminal 3. Bioskop ini menayangkan film-film seru yang ngga hanya film-film box office yang lumayan lama tapi juga ada film baru yang bisa di tonton disini. Sayangnya, karena durasi yang ngga memungkinkan, aku kemaren ngga sempet buat nyobain nonton bioskop disini.

3. The Slide

Kalo The Slinde ini lokaisnya ada di Arrival Hall Terminal 3 Bandara Changi. The Slide ini adalah perosotan bandara tertinggi di dunia yang tingginya mencapai 12 meter atau setara dengan 4 lantai. Saking tingginya, kalian bisa meluncur dengan kecepatan hingga 6 meter per detik. The Slide buka setiap hari mulai jam 12.00 - 22.30 waktu setempat dan syarat buat nyobain ini cukup mudah, dengan belanja minimal SGD 10 di toko atau restoran mana pun di Bandara Changi.

4. City Tour

Di Changi juga disediain city tour secara gratis lho guys. Sayangnya, aku kemarin ngga bisa ikutan city tour disini karena minimal transitnya harus 5,5 jam. Dengan ikutan city tour ini kalian bisa jalan-jalan ke tempat-tempat mainstream di Singapura seperti Merlion Park, China Town, Little India, Esplanade hingga Kampong Glam.

5. Kids World

Buat kalian yang liburan bareng anak-anak dan keluarga, jangan takut mereka akan kebosenan kalo harus transit lama di Bandara Changi. Kids World berada di Transir Area Terminal 1, 2 dan 3, disana menyediakan banyak sekali mainan seru buat anak kecil seperti lego, game boys, iPad, buku mewarnai, boneka barbie dan masih banyak lagi.

6. Xperience Zone

Xperience Zone berada di Transit Lounge Terminal 2 dimana disana terdapat TV-TV layar datar dengan sofa super empuk yang bakal nemenin kalian nonton acara-acara seru. Mulai dari pertandingan olahraga tim terfavorit hingga drama Korea kesukaan kalian. Ohya, kemarin pas disini aku nyobain bikin e-Postcard dan mengirimkannya ke temen-temen atau keluarga di rumah lewat email.

7. Butterfly Garden

Butterfly Garden ini berada di Transit Lounge Terminal 3 dan merupakan taman kupu-kupu bandara pertama di dunia. Sebenernya, Bandara Changi punya banyak taman dengan tema yang berbeda-beda tapi taman ini yang cukup menarik perhatian hingga menjadi favorit, termasuk favorit aku juga sih. Karena aku berfikir ini hanya taman biasa dengan tumbuhan dan beberapa kupu-kupu, namun ternyata bukan cuma tanaman dan bunga-bunga cantik yang bisa kalian temui disini tapi juga ada air terjun setinggi 6 meter dan lebih dari 1000 kupu-kupu dari 40 spesies yang berbeda. Rasanya sejuk banget ada di taman ini.

Gimana? Transit di Singapore sekarang ngga lagi ngebosenin kan? Baru di bandara aja fasilitas wisatanya udah banyak banget dan keren-keren, apalagi wisata di kotanya. Yuk buruan jadwalkan liburan ke Singapore!

Video by Ferdi Salim

Tips and Trick

  • Bawa selalu kamera kalian.
  • Pastikan membawa passport dan tiket kalian.
  • Untuk berpindah dari terminal satu ke terminal lainnya, kalian bisa naik skytrax.
  • Pastikan waktu transit kalian agar tidak ketinggalan pesawat karena terlalu asik bermain.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (9)

Comments (2)