372 views | 2 Likes

Taman Topi: Taman Unik dan Bersejarah di Bogor

4 star (from 2 people)
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 14 September 2018, 11:48:21
stella
Sightseeing

Sampe di Taman Topi, kalian bakal disambut dengan patung Kapten Muslihat yang diketahui gugur di area taman ini. Taman ini sebenernya akrab disebut...

How to Get There

Another family trip nih guys. Minggu lalu kebetulan ada long weekend dan kakak gue bersama keluarganya ngajakin buat jalan-jalan ke Bogor. Lumayan sih melepas penat sebentar dari rutinitas yang super sibuk di ibukota. Meskipun liburan kali ini gue sekalian jadi baby sitter nya para ponakan gue yang masih pada kecil. But, it’s okay karena gue jadi bisa tau kalo wisata Bogor itu ngga cuma puncak dan Taman Safari aja.

Anyway, tujuan gue dan keluarga gue kali ini adalah Taman Topi yang lokasinya ada di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Jawa Barat. Gue sendiri belum pernah kesini dan jujur aja ini pertama kalinya gue denger ada nama Taman Topi di kota Bogor ini karena tiap main ke Bogor, gue taunya cuma Puncak dan Taman Safari. 

Setelah gue searching, ternyata rute untuk menuju Taman Topi ini cukup mudah lho. Kalo kalian dari Jakarta naik kendaraan pribadi, kalian bisa lewat Tol Jagorawi dan exit BORR lalu ikuti jalur air mancur atau bisa juga exit Bogor terus ikuti jalur 1 arah menuju Tugu Kujang dengan Bangunan KFC & Botani Square yang pernah dijadikan berjajar di sisi kiri dan kanannya. Lanjut menuju arah pasar Bogor lalu belok kanan saat sampe didepan BTM, dari situ tinggal ikuti arah menuju Stasiun Bogor dan gunakan parkir Taman Topi Square untuk mempermudah. 

Tapi kalo kalian berencana naik kendaraan umum juga bisa kok guys, kalo kalian berangkat dari Depok, kalian bisa naik KRL menuju Bogor dan ngga perlu naik angkot lali, tinggal jalan kaki aja dari Stasiun ke Taman Topi. Gampang banget kan?

What to Do

Sampe di Taman Topi, kalian bakal disambut dengan patung Kapten Muslihat yang diketahui gugur di area taman ini. Taman ini sebenernya akrab disebut sebagai Taman Ade Irma Suryani, tapi karena banyaknya ornamen topi raksasa pada bangunan-bangunannya, maka taman ini lebih sering disebut sebagai Taman Topi. Untuk masuk ke taman ini dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 saja per orang nya. Harga tiket ini berlaku di hari weekend, kalo kalian kesininya pas hari weekday, harga tiket yang dikenakan lebih murah yaitu Rp 4000 per orangnya. Cukup terjangkau untuk semua kalangan di Kota Bogor dan sekitarnya.

Taman yang punya banyak arena permainan ini ternyata punya sejarah juga lho guys. Seperti adanya patung Kapten Muslihat yang ada didepan tadi, ternyata ada makna dibalik tujuan pembangunan patung tersebut disini. Jadi, dulunya ada seorang pahlawan Bogor yang bernama Tubagus Muslihat yang sata itu berpangkat Letnan. Ia mengetahui bahwa Pasukan Inggris tengah menyerang Bogor sehingga ia un maju memimpin pasukannya untuk menyerang Inggris yang waktu itu ada di Jalan Banteng. Ditengah pertempuran yang kian memanas dan ngga ada yang ngalah, sang letnan tersebut mengambil langkah yang cukup berani dengan merangsek seorang diri dan berhasil membunuh beberapa serdadu Inggris dengan senapannya. Namun, sayangnya tubuhnya pun tertembak dan ia tak bisa diselamatkan di usianya yang masih sangat muda, yaitu 19 tahun.

Nah, buat menghargai jasa-jasanya akhirnya Letnan Tubagus Muslihat dapat kenaikan pangkat luar biasa menjadi Kapten Anumerta dan diabadikan menjadi nama jalan dan ikon di Taman Topi ini.

Lalu, ada apa aja di taman ini? Selain bangunan-bangunan besar yang berbentuk topi, taman ini punya banyak wahana wisata seperti komidi putar, kereta kelinci, permainan air, wahana gajah terbang, kincir mini, bom bom car hingga flying fox. Kebanyakan sih permainannya memang ramah buat anak kecil mulai umur 3 - 12 tahun. Ohya, permainan-permainan tersebut dikenakan biaya lagi guys kalo mau naikinnya, tapi masih tergolong murah kok, mulai dari Rp 10.000 ajaa. 



Karena ngga banyak permainan yang bisa gue cobain disini, jadinya gue cuma nemenin para ponakan gue yang pengen cobain semua permainan ini satu per satu. Cukup menarik sih menurut gue meskipun bagi orang dewasa permainan ini kurang menantang, tapi pemandangan dan udara sejuk Bogor cukup bikin penat ini hilang dari kepala. hehehe..

Buat kalian yang pengen santai sambil menikmati pemandangan di taman ini juga bisa karena disini ada banyak cafe-cafe kecil yang menjual beragam menu khas Indonesia yang enak plus harga yang terjangkau, seperti soto, nasi goreng, sop iga, iga bakar, chicken katsu, roti cane, pisang bakar dan burger.


Menurut gue sih taman ini cocok banget buat wisata keluarga. Lokasinya yang ngga jauh dari Jakarta dan ragam wahana yang ngga cuma menghibur kalian dan keluarga tapi juga mengedukasi dengan adanya cerita sejarah di taman ini. Menarik banget kan? Yuk buruan jalan-jalan ke Taman Topi Bogor.

Video by Leni Tri Hastuti

Tips and Trick

  • Taman ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 di hari Senin - Jumat dan pukul 08.00 - 18.00 di hari Sabtu - Minggu.
  • Ajak keluarga dan kerabat terdekat kalian dateng ke taman ini.
  • Bawa kamera.
  • Selalu sedia payung karena cuaca Bogor yang sering hujan.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jangan merokok di area taman ini.

Gallery (11)

Comments (2)