453 views | 3 Likes

Danau Kastoba, Danau Purba Pulau Bawean

4 star (from 3 people)
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 13 September 2018, 13:41:18
rory
Sightseeing

menjelajahi indah nya Danau Kastoba, Danau Purba Pulau Bawean yang wajib di ketahui!

How to Get There

Udah ada yang pernah dengar nama Danau Kastoba? Danau dengan sebutan Danau Purba bertabur pesona berselimut mistik kini ramai dikunjungi wisatawan. 

Danau Kastoba merupakan salah satu wisata indah diantara banyaknya wisata di Pulau Bawean. Lokasi dari Danau Kastoba ini ada di daerah Pulau Bawean, Sangkapura, Paromaan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Perjalanan yang saya tempuh hanya membutuhkan waktu 90 menit perjalanan dari Dermaga Sangkapura dengan melewati jalur langkar bawean. 

Cukup membutuhkan pejuangan untuk tiba di Danau Kastoba yang cantik ini. Ya, pengunjung harus melakukan trekking terlebih dahulu. Tak main main, 1 kilometer! 1 kilometer adalah hal biasa jika kalian adalah tipe orang yang suka berolahraga, namun tidak bagi kalian yang jarang olahraga wkwk. 1 kilometer itu ditempuh dengan waktu sekitar setengah jam dan dengan jalan yang nanjak! Ini baru yang namanya traveling dengan penuh perjuangan haha. 

Ya, Danau Kastoba ini memang memiliki ratusan anak tangga yang harus kalian tempuh. Lokasi dari danau inipun ada di atas bukit. 

Yang terpenting adalah berhati hatilah, karena di sepanjang jalan menuju ke Danau Kastoba ini cukup berbahaya. Mulai dari jalanan yang licin jika musim hujan, hingga banyaknya semak semak yang menghalangi jalan. 

What to Do

Tak terasa setelah melakukan trekking bersama wisatawan lainnya akhirnya kami bisa ngeliat surga dunia yang cantik ini. Jangan salah, meskipun untuk menuju ke Danau Kastoba dibutuhkan tenaga yang ekstra dan usaha yang keras, semua akan terbayar kalo kalian udah ngeliat keindahan Danau Kastoba.

Pepohonan raksasa, dedaunan yang rindang, danau yang luas, serta airnya yangsih dijamin bikin kalian melongo ngeliatnya. Wah, puas banget bisa menikmati keindahan alam seindah ini. 

Yang bikin seneng lagi adalah kalian bisa ngeliat ikan di tepi danau ini, mantapp! Capeknya trekking langsung ilang sih kalau udah kayak gini wkwk. 

Rasanya kali ini nggak salah memilih liburan ke Pulau Bawean, apalagi mampir ke Danau Kastoba, sungguh pilihan yang tepat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan di danau yang memiliki luas  725 HA ini. 

Karena lokasi dari Danau Kastoba yang ada di atas bukit jadi jangan heran kalau udaranya seger banget. Yang cari tempat buat refreshing di daerah Gresik, ke Danau Kastoba aja gais. Dijamin deh, kalian pasti betah dan ingin berlama lama di salah satu wisata indah di Pulau Bawean ini. 

Konon katanya, mandi di Danau Kastoba bikin awet muda lho. Bener nggak ya? Karena airnya yang bersih dan jernih, mandi di danau ini tentu menjadi aktivitas yang sangat pas. Yes, jangan ragu untuk nyebur ke air Dnaau Kastoba yang super jernih dan seger ini ya!

Ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi jika anda berkunjung kesini, salahsatunya adalah larangan mandi untuk para perempuah yang lagi datang bulan. Katanya akan sangat berbahaya. Patuhi saja gais daripada kenapa kenapa haha. 

Danau Kastoba ini udah ditetapkan sebagai cagar alam. Maka dari itu, jangan heran kalau kebersihan dan fasilitas di Danau Kastoba udah cukup lengkap. Jangan lupa jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan ya. 

Karena pemandangannya yang indah, pastikan kalian tak lupa membawa alat dokumentasi jika berkunjung kesini. Yuk ajakin keluarga, temen, atau pasangan untuk ikut menikmati indahnya Danau Kastoba Pulau Bawean! Selamat liburaaan. 

Tips and Trick

  1. Gunakan alas kaki yang nyaman
  2. Pastikan kesini dalam keadaan fit dan udah makan ya, karena trekkingnya cukup menguras tenaga juga
  3. Youtube : Kang Djun

Gallery (7)

Comments (6)