153 views | 2 Likes

Konon, Pantai ini Banyak Bandengnya. Beneran?

4 star (from 2 people)
Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 10 September 2018, 11:40:11
stefan
Tourist

Apakah benar pantai yang satu ini memiliki ikan bandeng yang banyak????

How to Get There

Jawa Tengah memang ngga melulu Semarang lho guys. Banyak banget kota di Jawa Tengah yang menarik banget buat dikunjungi dan salah satunya adalah Jepara. Sejauh yang gue tau, Jepara adalah kota kelahiran pahlawan RA Kartini dan kota yang terkenal dengan ukirannya sehingga kota ini disebut sebagai Kota Ukir. 

Weekend lalu, gue sempet jalan-jalan kesana dan ternyata ngga cuma ukirannya aja yang indah tapi juga alamnya yang ngga kalah keren. Kota Jepara ternyata punya banyak jenis tempat wisata, mulai dari waterpark, wisata sejarah hingga wisata pantai. Mungkin kebanyakan dari kalian tahunya hanya Pulau Karimun Jawa aja, tapi ternyata di kota Jepara sendiri ada pantai yang ngga kalah keren lho, yaitu Pantai Bandengan.

Gue sih baru pertama kalinya juga tau pantai ini dan ternyata ngga kalah keren daripada pantai lainnya yang ada di Jawa Tengah. Pantai ini juga disebut sebagai Tirta Samudra yang sejarahnya berkaitan dengan sejarah Karimunjawa, nanti deh gue ceritain sejarah lengkapnya. Karena gue udah sempet tanya-tanya sama warga sekitar dan juga baca beberapa artikel. Sekarang gue mau jelasin, dimana lokasinya pantai yang super keren ini.

Pantai Bandengan berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Jepara, persisnya di Jalan Jepara-Bangsri Desa Bandengan. Kalo kalian dari pusat kota Jepara, rute yang diambil bisa langsung menuju ke arah Jalan Jepara-Bangsri. Trus nanti ada pertigaan ke Pantai Bandengan, masuk ke pertigaan terus lurus sampe ketemu gapura yang ada petunjuknya Pantai Bandengan, trus masuk deh.

What to Do

Sesampainya di Pantai Bandengan, pengunjung cukup bayar tiket masuk sebesar 7.000,- per orang dewasa, karena kemarin gue kesananya pas weekend. Tapi kalo kalian datengnya ngga pas ngga weekend, tiket masuk yang dikenakan cuma 5.000,- aja per orangnya. Harga tiket masuk ini udah termasuk sama harga parkir ya guys.

Ohya, gue tadi mau cerita sedikit soal sejarah pantai ini yang berkaitan dengan Karimunjawa. Jadi, nama Bandengan ini bermula dari kisah Amir Hasan atau Sunan Nyamplungan yang merupakan anak dari Sunan Muria. Dulunya, beliau diperintahkan untuk memperdalam dan menyebarkan agama Islam ke kepulauan yang nampak kremun-kremun dari Gunung Muria. Kepulauan tersebut diberi nama Karimunjawa. Dalam perjalanan menuju pulau tersebut, Amir Hasan melewati pantai yang banyak ikan bandengnya, lalu dinamailah pantai ini Bandengan.

Udahan yaa guys bahas sejarahnya, sekarang kita cus jalan-jalan aja ke pantai ini. Pantai ini suasananya cukup sejuk karena memang banyak terhampar pepohonan yang rimbun dan hijau disekitarnya. Ditambah lagi dengan adanya pasir putih dan lautan biru yang jernih dan bersih, membuat mata ini jadi makin seger. Ombak di pantai ini tergolong cukup tenang, jadi aman banget buat kalian yang pengen berenang. Tapi tetep jangan melewati batas pantai yang udah ditentuin ya. Bahaya banget soalnya.

Pantai Bandengan punya laut yang jernih, jadi kalian bisa banget lihat ikan-ikan kecil berenang di dasar laut. Selain berenang, aktivitas seru lainnya yang bisa lakuin disini antara lain Banana Boat, Flying Fish, Waterski dan Jetski. Terus, ada juga Flyboard, ATV, Kano, Donut Buoy dan Duck Buoy. Kalo kalian mager dan cuma pengen duduk-duduk dipinggir pantai pun juga bisa. Kalian bisa santai sambil memandangi penorama pantai dan menikmati makanan yang lezat.






Pantai Bandengan juga dikenal dengan keindahan sunset dan sunrise nya lho guys, jadi buat kalian yang pengen nginep di pantai ini pun juga bisa. Ada beberapa hotel, villa dan resort dengan berbagai fasilitas yang bisa kalian sewa disini. Harganya juga bervariasi, tergantung dari fasilitas yang kalian mau.

Menarik banget kan? Buruan jadwalin perjalanan kalian ke Pantai Bandengan. Dijamin ngga nyesel.

Video by Chanel Cell

Tips and Trick

  • Bawa baju ganti.
  • Bawa perlengkapan mandi.
  • Bawa kamera anti air karena bakal basah-basahan disini.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (8)

Comments (2)