303 views | 1 Likes

Pesona Pantai Indrayanti yang Terkenal Hingga Ke 12 Negara

4 star (from 1 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 06 September 2018, 11:11:12
nur
Sightseeing

Sampai di Pantai Indrayanti, langsung parkir motor nih guys dan bayar cuma sebesar Rp 4000 per motor. Tapi kalo kalian kesini bawa mobil maka parkir...

How to Get There

Explore Jogja lagi yuk! Seperti yang kita tau ya, Gunung Kidul Jogja memang punya banyak banget tempat wisata yang keren, terutama pantainya. Kalo beberapa waktu lalu aku sempet buat memacu adrenalin dengan melewati jembatan kaca di Pantai Nguluran, kali ini aku mau ke salah satu pantai yang udah lama hits di Jogja yaitu Pantai Indrayanti.

Kalian pasti udah ngga asing lagi ya kalo denger nama Pantai Indrayanti ini, pasalnya pantai ini udha terkenal lama banget dan kerap menjadi tujuan wisatawan saat jalan-jalan ke Jogja. Sebenernya ini bukan pertama kalinya aku ke pantai ini, beberapa tahun lalu aku juga sempat main kesini dan katanya sata ini pantai ini makin bagus lho.

Seperti yang udah aku sebutin tadi, Pantai Indrayanti ini berada di di kawasan Gunung Kidul yang jaraknya kurang lebih 66 km dari pusat kota Jogja dan butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. Rute menuju ke pantai ini ngga terlalu susah kok guys, papan petunjuknya pun lengkap dan mudah sekali untuk diikuti. Rute pertama bisa dari Jogja menuju ke Jalan Wonosari (ringroad timur), lalu menuju ke arah Piyungan, Patuk, Wonosari, Karangrejek, Hargosari, Tepus. Dari Tepus tinggal ikuti petunjuk ke arah pantai.

Rute alternatif lain yang bisa digunakan adalah melalui Jalan Imogiri, Siluk, Panggang, Saptosari, Trowono, Baron. Lalu dari Pantai Baron lanjut ke arah timur kurang lebih 10 km untuk tiba di Pantai Indrayanti.

Aku sih saranin kalian buat lewat rute Wonosari aja soalnya lebih mudah untuk diikuti, apalagi buat kalian yang berasal dari luar Jogja. Aku juga saranin kalian buat bawa kendaraan pribadi. Buat kalian yang dari luar kota, kalian bisa sewa kendaraan bisa mobil atau motor dari pusat kota Jogja agar lebih hemat waktu dan biaya.

What to Do

Sampai di Pantai Indrayanti, langsung parkir motor nih guys dan bayar cuma sebesar Rp 4000 per motor. Tapi kalo kalian kesini bawa mobil maka parkir yang dikenakan sebesar Rp 15.000 per mobil. Memasuki kawasan pantai ini juga dikenakan biaya lho guys, yaitu sebesar Rp 10.000 per orang dimana dengan harga segitu sudah termasuk dengan harga tiket beberapa pantai lain yang ada disekitar Pantai Indrayanti, seperti Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal dan Pantai Poktunggal. Jadi, saran aku kalo kalian main ke Pantai Indrayanti, baiknya kunjungi juga pantai-pantai lainnya yang ada disekitar.

Sedikit cerita nih guys tentang pantai ini. Jadi sebenernya nama pantai ini bukanlah Pantai Indrayanti seperti yang sering kita dengar. Pemerintah Gunung Kidul memberi nama pantai ini Pantai Pulang Sawal atau sering disingkat jadi Pantai Pulsa oleh masyarakat sekitar. Nama Indrayanti sendiri merujuk pada sebuah nama restoran dan cafe yang terletak di area sekitar pantai. Katanya sih, nama Indrayanti ini adalah nama pasangan suami istri dari pemilik restoran tersebut yang di gabungkan, yaitu Indra dan Yanti.

Lalu, keindahan apa saja yang ditawarkan oleh pantai yang pernah dipromosikan ke 12 negara ini? Hampir sama dengan kebanyakan pantai di kawasan Gunung Kidul, Pantai Indrayanti juga punya keindahan alam yang menawan dan garis pantai yang luas. Hamparan pasirnya yang berwarna putih terlihat menyatu dengan lautnya yang berwarna biru. Letak pantainya yang diapit dengan batu raksasa dan bukit-bukit seolah memberi batasan alami dari garis pantainya. Hal ini yang membuat pantai ini unik dan jarang dijumpai di pantai lainnya.

Selain itu, kondisi pantai ini juga sangat bersih. Hal tersebut dikarenakan pengelola pantai ini ngga segan buat memberi denda kepada siapapun yang membuang sampah sembarangan di pantai ini. Ngga tanggung-yanggung lho guys, dendanya bisa sampe Rp 10.000. Masih berani buang sampah sembarangan?

Fasilitas yang ditawarkan di Pantai Indrayanti ini cukup lengkap. Buat kalian yang mau bersantai dipinggir pantai, kalian bisa menyewa sebuah gazebo yang ada disekitar pantai dengan merogoh kocek sekitar Rp 30.000. Opsi lain ada sebuah persewaan payung serta alasnya dengan cukup membayar sebesar Rp 20.000 saja.

Untuk aktivitas air yang bisa dilakukan disini adalah berenang atau sekedar bermain air di pinggir pantai. Pantai ini memiliki air laut yang begitu sejuk dan jernih dengan ombak yang cukup tenang. Namun, kalian juga harus tetap waspada karena kadang di pantai ini juga terjadi ombak yang cukup besar pada waktu tertentu. 

Buat kalian yang suka menguji adrenalin, aktivitas seru yang bisa kalian coba di pantai ini adalah bermain Jet Ski. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 250.000, kalian sudah bisa bermain jet ski selama 15 menit di pantai ini. Cukup seru buat kalian yang suka kegiatan ekstrim seperti ini. 

Lelah bermain air, jangan lupa juga nikmati kuliner khas yang banyak disajikan di restoran dan cafe yang bisa kalian kunjungi. Harga menunya pun masih cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 aja lho guys.

Momen yang paling ditunggu saat di pantai ini adalah saat sunset. Pantai Indrayanti terkenal dengan keindahan sunset nya. Jadi, aku saranin kalian harus kesini saat sore hari dan menikmati senjanya. Atau kalian juga bisa menginap di pantai ini, disini ada beberapa fasilitas penginapan yang bisa kalian kunjungi kalo pengen bermalam dengan harga yang cukup terjangkau juga lho guys.

So, kapan pulang ke Jogja?

Video by Doni Febriana

Tips and Trick

  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Bawa air mineral dan makanan ringan.
  • Bawa baju renang dan baju ganti.
  • Bawa perlengkapan mandi.
  • Pakai kacamata hitam, topi dan krim matahari.
  • Pakai baju dan alas kaki yang nyaman.

Gallery (10)

Comments (3)