332 views | 2 Likes

Kebun Teh Kemuning: Wisata Karanganyar yang Wajib Disinggahi

4 star (from 2 people)
Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 05 September 2018, 12:17:24
mirio
Tourist

Setelah sampai disana, paman langsung parkir mobil dengan membayar sebesar Rp 5000 per mobil. Kalo kalian kesini bawa motor, cukup bayar sebesar Rp...

How to Get There

Liburan Agustus lalu, saya sempatkan untuk mengunjungi keluarga yang tinggal di Karanganyar. Kebetulan, sebagian keluarga besar saya asli sana dan biasanya setahun sekali saya dan keluarga yang ada di Denpasar berlibur disini. Karena kebetulan kemarin ada hari libur yang lumayan panjang dan udah lama ngga jalan-jalan, saya pun memutuskan untuk pergi ke Karanganyar.

Dari Denpasar, saya naik pesawat menuju Solo, karena memang di Karanganyar tidak ada bandara. Perjalanan saya kali ini ditemani oleh adik saya yang kebetulan lagi libur juga. Kami pun berencana untuk jalan-jalan disana. Sesampainya disana, kami dijemput oleh paman kami bersama dengan anaknya yang juga seumuran dengan saya. Karena kami ambil first flight dari Denpasar, kami tiba di Solo juga masih pagi banget. Paman kami pun langsung mengajak kami jalan-jalan ke Kebun Teh Kemuning. 

Video by Hovershot id

Dari Solo, kami langsung menuju Karanganyar kemudian menuju ke Karang Pnadan. Dalam perjalanan, saya melihat sebuah plang bertuliskan Canti Cetho, Candi Sukuh dan Air Terjun Jumog. Setelah ketemu dengan plang tersebut, ambil lajur sebelah kiri dan lurus mengikuti jalan utama. Kami pun tiba di kebun teh sekitar 60 menitan. Jalanan menuju ke kebun teh ini cukup menantang guys, karena naik turun dan cukup berliku. Tapi pemandangannya keren banget.

Buat kalian yang mau naik kendaraan umum juga bisa banget lho guys. Tinggal naik bus jurusan Tawangmangu kemudian turun di Terminal Bus Karang Pandan. Setibanya di terminal Karang Pandan, lanjut naik bus mini ke Terminal Kemuning atau naik ojek juga bisa. 

What to Do

Setelah sampai disana, paman langsung parkir mobil dengan membayar sebesar Rp 5000 per mobil. Kalo kalian kesini bawa motor, cukup bayar sebesar Rp 2000 per motornya. Untuk tiket masuk, pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya alias gratis. Enak sekali kan? Cocok banget nih buat wisatawan yang mau backpackeran. 

Kebun Teh Kemuning ini menyajikan panorama alam yang menakjubkan karena posisinya yang berada di bawah lereng Gunung Lawu. Pantes aja hawanya sejuk sekali dan bisa dibilang lumayan dingin. Disini, saya disuguhkan dengan hamparan hijau kebun teh sejauh mata memandang hanya ada hijau dimana-mana yang sangat menyegarkan mata dan menenangkan pikiran. Kebun teh ini sangat cocok menjadi destinasi wisata kalian yang suka berlibur di area pegunungan dengan sejuknya udara atau hunting foto berlatar pegunungan dan kebun teh.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan di alam sekitar kebun teh ini. Seperti outbound, camping, bersepeda dan menikmati tehnya. Karena mumpung ada di kebun teh, saya pun ingin mencoba mencicipi teh nya. Beberapa kedai teh yang terkenal dan mewah ada di wisata ini, seperti Resto Kemuning Indah, Ndoro Dongker, Omah Kodok dan Bale Branti. Teh yang disajikan pun beragam jenisnya, seperti green, black, chamomile, peach, mint, passion fruit tea dan beberapa jenis teh import.

Kalo kalian pesennya per cangkir, kisaran harganya mulai dari Rp 8000. Tapi kalo kalian datang rame-rame bersama keluarga atau teman, enaknya pesen tea pot yang harganya sekitar Rp 30.000 per poci. Sambil menikmati secangkir teh, kalian juga bisa memesan makanan pendamping seperti pisang goreng, kentang goreng dan aneka makanan berat lainnya. 

Fasilitas yang ada di kebun teh ini juga cukup lengkap, seperti penginapan, tempat ibadah, tempat makan dan juga toko oleh-oleh. Menurut saya sih, wisata ini cocok banget buat liburan keluarga karena banyak sekali wahana yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak dan penginapan yang bisa digunakan untuk menginap bersama.

Tips and Trick

  • Naik kendaraan pribadi karena lebih menghemat waktu dan biaya.
  • Bawa kamera.
  • Pakai alas jaket dan alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kebersihan.

 

Gallery (8)

Comments (2)