179 views | 2 Likes

Daya Tarik Pulau Untung Jawa yang Magis, Wisata Bahari yang Dekat dengan Jakarta

4 star (from 2 people)
Adm. Kep. Seribu, Dki Jakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 04 September 2018, 11:12:08
Oliver
Tourist

Wisata Bahari ini memang memiliki air biru dan memanjakan mata... Yuk explore Pulau Untung!!!

How to Get There

Another beach trip to Kepulauan Seribu! Wuhuuuuu... I can’t wait to share this with you all. Pulau Seribu memang kerap menjadi pilihan warga Jakarta untuk berlibur dan melepas penat sejenak karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibukota. Diantara gugusan pulau eksotis yang ada di Kepulauan Seribu ini, ada sebuah pulau yang cukup menarik untuk dikunjungi dan banyak menjadi perbincangan akhir-akhir ini, yaitu Pulau Untung Jawa.

Pulau Untung Jawa dikenal memiliki pantai yang indah dan lokasinya juga cukup dekat dari Tangerang. Untuk mencapai ke pulau ini bisa ditempuh dari Tangerang dan Jakarta. Kebetulan kemarin saya berangkat dari Jakarta dan rute yang saya ambil adalah melalui Muara Angke. Dari Muara Angke, perjalanan dilanjutkan dengan naik perahu kayu berkapasitas 50 - 100 orang. Tarif perahu ini mulai dari Rp 50.000 per orang dan berangkat setiap jam 07.00 - 12.00. Jarak tempuh perahu ini menuju ke Pulau Untung Jawa sekitar 40 menit.



What to Do

Setibanya di Pulau Untung Jawa, saya disambut dengan hamparan pasir putih dan bersih dan pemandangan yang indah. Air lautnya berwarna hijau tosca dan banyak sekali kegiatan seru yang bisa dicoba seperti Banana Boat, Snorkeling, Jetski, diving, menjelajah hutan bakau, berkeliling pulau dengan kapal dan masih banyak lagi. Karena saya adalah tipe penyuka kegiatan air, maka hampir semua kegiatan saya coba lakukan di pulau ini. Banana Boat adalah kegiatan pertama yang saya lakukan di pulau eksotis ini. Hanya dengan membayar sebesar Rp 30.000 saja, kalian bisa puas bermain banana boat.


Kegiatan lain yang wajib dicoba adalah snorkeling. Untuk menyewa peralatan snorkeling seperti life jacket dan snorkel dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 saja. Air lautnya yang super jernih ini membuat saya bisa melihat dengan jelas kehidupan bawah laut yang sangat indah. Banyak ikan-ikan kecil yang hidup diantara terumbu karang yang terawat dengan baik disini. Ombak di pantai ini juga cukup tenang lho guys. Jadi aman banget buat kalian yang pengen berenang atau snorkeling.

Setelah lelah mencoba beragam water sport yang menarik, saya pun merasa lapar dan memutuskan untuk mencicipi kuliner khas pulai ini yang notabene adalah seafood. Seafood yang disajikan adalah ikan laut segar yang diambil langsung oleh para nelayan setempat lalu diolah menjadi menu makanan yang super lezat. 

Buat kalian yang suka banget backpackeran, pulau ini juga menjadi tempat yang pas banget buat dikunjungi. Kalian bisa menginap di beberapa penginapan yang sudah disediakan. Penginapan yang tersedia disini pun dikelola oleh penduduk sekitar dengan harga per malam mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 400.000 per malamnya. Tergantung dari fasilitas apa yang kalian mau guys. Atau kalo kalian yang pengen lebih berhemat lagi, kalian bisa sewa tenda dan melakukan camping disini. Lebih seru pastinya!

Karena kemarin cuacanya mendukung banget, saya pun memutuskan untuk camping bersama teman-teman di pulau ini. Keseruan ini semakin bertambah dengan membuat api unggun pada malam hari yang dibuat dengan mengumpulkan ranting-ranting dari tumbuhan disekitar pulau. Kelebihan lain yang bisa didapatkan jika bermalam di pulau ini adalah bisa menikmati sunset dan sunrise yang sangat indah pastinya. Buat kalian yang suka mancing, jangan lupa untuk bawa alat pancing juga ya.

So, saya merekomendasikan Pulau Untung Jawa ini untuk kalian kunjungi saat berlibur di Jakarta. Dijamin bakal betah dan enggan pulang.

Video by Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu

Tips and Trick

  • Bawa kamera dan case anti air.
  • Gunakan kacamata hitam, sunblock dan topi.
  • Buat kalian yang pengen bermalam, pastikan membawa bekal yang cukup.
  • Bawa baju ganti.
  • Bawa perlengkapan mandi.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (8)

Comments (2)