157 views | 3 Likes

Curug Bidadari: Cantiknya Bak Bidadari Khayangan

4 star (from 3 people)
Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Category: Waterfall
Posted on 03 September 2018, 12:16:31
Emily
Sightseeing

Kita sampai sana tepat waktu karena loket baru buka jam 07.30 dan tutup jam 17.00. Parkir mobil disini dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per mobil...

How to Get There

Kota Bogor memang dikenal sebagai kota hujan yang sangat indah. Terlebih dengan adanya wisata alam yang membuat siapapun terpesona. Selain dikenal sebagai kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai kota dengan banyak air terjun atau dalam bahasa Sunda biasa disebut Curug, karena memang banyaknya pegunungan di kota ini. So, aku pun mutusin buat jalan-jalan ke Bogor di weekend kemarin. Anyway, aku berangkat ke Bogor dari Jakarta bareng temen-temen aku yang juga doyan jalan-jalan. Kita berempat naik mobil dan berangkat dari Jakarta di hari Sabtu pagi, karena kita berencana untuk nginep semalam disana. 

Tujuan pertama kita adalah Curug Bidadari yang ada di kawasan Sentul Paradise Park. Dari Jakarta, kita lewat tol Jagorawi dan keluar tol Sentul City. Dari gerbang tol Sentul City lalu belok kiri di pertigaan yang pertama. Setelah jalan sekitar 2km, ada pertigaan lagi dan belok kanan dimana harus melewati sebuah terowongan. Terus sampai ketemu sama pertigaan lagi, belok kiri di pertigaan tersebut sampai ketemu pertigaan lagi dengan papan petunjuk Telaga Cikeas. Nah, ikuti aja jalur papan petunjuk itu sampai ketemu pertigaan, lalu belok kanan dan sampailah di gerbang masuk ke dalam Sentul Paradise Park. 

What to Do

Kita sampai sana tepat waktu karena loket baru buka jam 07.30 dan tutup jam 17.00. Parkir mobil disini dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per mobil dan Rp 5000 per motor kalo kalian bawa motor. Setelah parkir, kita pun jalan ke loket yang jaraknya ngga terlalu jauh. Harga yang dipatok per orangnya di weekend (Sabtu - Minggu) adalah Rp 40.000 per orang, kalo kalian kesini pas hari Senin - Jumat tiket masuk yang dikenakan cuma sebesar Rp 25.000 per orang.

Suasana sekitar Sentul Paradise Park ini memang masih asri dan membuat siapapun yang datang kesana merasa nyaman. Curug Bidadari ini cukup tinggi ternyata guys, sekitar 50 meter dan volume airnya cukup besar. Di area air terjun ini kalian bisa bermain air di beberapa kolam renang yang sudah tertata. Karena banyak sumber mata air yang mengalir, sehingga aliran yang sangat deras ini bisa digunakan untuk mengisi beberapa kolam.

Selain itu, Curug Bidadari ini membuat suara air yang turun sangat keras dan kadangkala dapat membuat kondisi air menjadi kotor. Kalo airnya kotor, biasanya sih banyak pengunjung yang malas buat berenang di bawah air terjun dan lebih milih buat berenang di kolam sebelahnya. Disini juga ada arena hiburan lain seperti flying fox, perahu dan lain-lain. Jadi kalian bisa menyewa balon donat untuk bersantai di kolam lazy pool. 

Curug Bidadari ini punya keunikan yaitu tempat air terjun tertutup batuan besar sepeti penghalang pandangan bagi orang yang sedang mandi di bawah air terjun. Namun batu tersebut udah dibelah jadi dua sehingga bisa dijadikan jalan bagi para pengunjung untuk menuju air terjun. Nah, ditengah bebatuan itu ada jembatan yang biasa digunakan pengunjung untuk menuju ke area air terjun.

Sebenernya sih ada dua jembatan untuk menuju air terjun, pertama jembatan panjang untuk menyebrang dari pinggir kolam pemandian buatan menuju batu besar, lalu ada jembatan kecil diantara batu besar untuk menuju daerah di sekitar lokasi air terjun. Jadi, jembatan tersebut merupakan satu-satunya jalan untuk menuju air terjun kalo kalian ngga pengen basah kuyup lewat tengah kolam pemandian.

Sedikit cerita nih guys tentang air terjun yang indah ini. Mungkin sebagian dari kalian udah pernah tau cerita ini, tentang bidadari yang turun dari kayangan dan mandi di telaga. Nah, cerita tersebut katanya datang dari tempat wisata ini dimana tokoh utamanya adalah Jaka Tarub. Konon, ditempat inilah Jaka Tarub sering mengintip para bidadari yang turun dari kayangan untuk mandi dari celah bebatuan besar yang berada tepat di depan air terjun. 

Fasilitas di Curug Bidadari ini memang sudah cukup lengkap guys. Mulai dari restoran, toilet, tempat ibadah hingga penginapan. Jadi buat kalian yang mau bermalam bisa disini. Tapi karena kemarin kita sudah pesen penginapan di sekitar Bogor, kita pun ngga nginep disana. 

Menurut aku sih, wisata ini cocok banget buat menghabiskan weekend bersama keluarga dan orang terdekat. Segera jadwalkan yuk untuk liburan ke Curug Bidadari ini.

Video by Nanda Maya

Tips and Trick

Buat kalian yang mau jalan-jalan ke air terjun legendaris ini, kalian aku punya beberapa tips & tricks buat kalian:

  • Harap hati-hati terhadap pungutan liar (pungli). Karena biasanya di tempat wisata ini terkadang ada pungli dari orang yang mengatasnamakan pengelola dan meminta sejumlah uang. Perlu diingat ya guys, kalo tiket resmi hanya bisa didapatkan di loket resmi.
  • Kalo bawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan ya dan jauhkan dari kolam orang dewasa.
  • Jangan lupa bawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Gunakan sunblock dan alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kebersihan wisata ini.
  • Bawa kamera dan watercase.

Gallery (6)

Comments (6)