344 views | 2 Likes

Pantai Delegan Gresik, Hiburan Murah Pelepas Penat dan Gelisah

4 star (from 2 people)
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 31 August 2018, 11:17:54
rory
Sightseeing

Setelah sampai disana, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 7000 - 10.000 per orangnya. Harga tersebut tergolong cukup terjangkau oleh semua...

How to Get There

Berawal dari keinginan buat jalan-jalan ke pantai tapi yang ngga jauh-jauh dari Surabaya, aku pun searching tentang pantai yang terdekat, selain Kenjeran tentunya. Akhirnya aku pun menemukan salah satu wisata pantai yang lumayan hits di kota Gresik, tapi belum pernah aku kunjungi sebelumnya, yaitu Pantai Delegan.

Kota Gresik memang terletak tidak jauh dari Kota Surabaya, hanya butuh sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Kebetulan , kemarin aku pergi berdua bareng sepupu aku dan kita pergi naik motor dari Surabaya sekitar jam 7 pagi dan sampe Gresik sekitar jam 8. Kami pun memutuskan untuk menyantap sarapan terlebih dahulu di sekitar pusta kota Gresik sebelum perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Delegan.

Pantai Delagan berada di Desa Delegan Panceng Gresik. Rute yang bisa dilalui kalo kalian datang dari Surabaya, adalah lewat Sidayu, lalu melewati Hutan Jati Panceng. Lurus terus sampai Pantai Delegan. Jalur ini adalah jalur yang paling aman dan nyaman plus bonus pemandangan cantik berupa hutan dan area penambakan selama perjalanan.

Untuk menuju ke pantai ini sebenernya ngga sulit jalannya guys, kalian juga bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Buat yang naik kendaraan pribadi, gunakan saja GPS agar tidak tersesat.

What to Do

Setelah sampai disana, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 7000 - 10.000 per orangnya. Harga tersebut tergolong cukup terjangkau oleh semua kalangan. Selain tiket masuk, pengunjung juga dikenakan biaya parkir sebesar 2500 untuk motor, 5000 untuk mobil dan 10.000 untuk bus. 

Dulunya, Pantai Delegan lebih dikenal dengan sebutan WISID, yang merupakan akronim dari Wisata Indah Delegan. Saat itu, wisata ini kurang diminati oleh masyarakat karena pengelolaannya dianggap kurang bagus. Namun, seiring berjalannya waktu, pantai ini dikelola warga dengan baik sehingga kondisinya menjadi lebih terawat dan semakin terlihat keren.

Pantai Delegan merupakan pantai berpasir putih yang berombak tenang. Pantai ini sangat pas dikunjungi buat kalian yang pengen menyegarkan pikiran sambil menikmati semilir angin pantai. Perpaduan antara panorama birunya pantai dan hijaunya pepohonan disekitarnya sangat ampuh membuat rasa lelah, penat dan gelisah hilang seketika. Lalu, aktivitas apa aja yang bisa dilakukan disini?

Bermain pasir biasanya menjadi alternatif kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Pasalnya Pantai Delegan memiliki arena pasir putih yang sangat luas. Jarak titik lokasi tempat bermain pasir juga ngga terlalu deket sama bibir pantai, jadi aman banget dari terpaan ombak. Kebanyakan sih emang anak-anak kecil yang main pasir disini, tapi juga ngga sedikit orang dewasa yang main disini.

Selain bermain pasir, aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini adalah berenang. Pantai Delegan memiliki ombak yang tenang dan air laut yang jernih. Batas area renangnya juga cukup luas, jadi pengunjung bisa berenang dengan puas. Ohya, buat yang ngga bisa berenang, disini juga sudah disediakan persewaan ban pelampung ukuran kecil dengan harga sewa mulai dari 5000 - 20.000.

Buat kalian yang pengen berkeliling laut juga bisa. Disini ada perahu yang bisa digunakan untuk jalan-jalan keliling laut. Tarif sewanya pun cukup murah, yaitu sekitar 10.000 saja per orangnya. Atau buat kalian yang malas melakukan aktivitas air, kalian juga bisa duduk-duduk santai di pinggir pantai atau bermain layangan di tepi pantai. Menikmati semilir angin pantai yang sejuk, tentunya bisa membantu untuk menyegarkan pikiran.

Soal fasilitas, bisa dibilang fasilitas di pantai ini memang belum selengkap fasilitas di lokasi wisata lainnya. Namun beberapa fasilitas standart seperti toilet, warung penjual makanan hingga tempat persewaan ban. Tapi, overall pantai ini cukup worth buat didatangi. Apalagi saat sore hari, sunset di pantai ini memang tak bisa dilewatkan guys.

Tips and Trick

  • Bawa perlengkapan mandi dan baju ganti.
  • Pakai kacamata hitam, topi dan sunblock.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Buat kalian yang mau bermain air, pastikan untuk membawa kamera dan watercase nya.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Video by Oriza Production

Gallery (6)

Comments (4)