165 views | 2 Likes

Pulau Kumala, Wisata Seru di Bumi Kukar

4 star (from 2 people)
Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 29 August 2018, 11:02:03
Effida
Tourist

Libur panjang Hari Kemerdekaan kemaren, aku memanfaatkan waktu libur kerja buat jalan jalan ke Kutai Kartanegara. Kali ini tempat wisata yang akan saya kunjungi adalah Pulau Kumala. Yuk simak review lengkapnya!

How to Get There

Pulau Kumala emang menjadi wisata tujuan favorit warga Tenggarong dan sekitarnya untuk berwisata dan menghabiskan waktu luang mereka. Oh iya btw Pulau Kumala ini terletak di daerah Sungai Mahakam, lebih tepatnya ada di sebelah Jembatan Tenggarong / Jembatan Kutai Kartanegara yang terkenal itu ya. 


Patung Lembuswana, icon hewan Kutai Kartanegara

Kami memulai perjalanan dari Desa Bukit Raya. Perjalanan yang kami tempuh membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan. Dengan menggunakan mobil, perjalanan yang kami tempuh asik banget, sambil ngobrol dan nyemil bareng keluarga, kami juga bisa menikmati pemandangan kanan kiri jalan. Kalau biasanya di Jawa aku menemuan jalan berkelok cuma di daerah Malang, disini jalan yang kami lewati berkelok dan naik turun semua haha. Meskipun berkelok dan naik turun, jalanannya mulus banget alias ga ada lubang samasekali. 

Oh iya, tips nih bagi kalian yang pengen ke Pulau Kumala, saya sarankan buat dateng di Pagi atau siang hari ya, karena kalau terlalu sore keburu tutup, kan jadi kurang puas jalan-jalannya hehe. 

What to Do

Setibanya di Pulau Kumala, kami langsung memarkirkan mobil ke tempat yang udah disediakan. Untuk biaya parkir mobil, hanya dibandrol 2000 rupiah saja per mobilnya. Kalau di Jawa udah 5000 nih parkirnya wkwk. 

Dari tempat parkir mobil, pengunjung perlu berjalan sekitar 50 meter untuk menuju ke loket pembelian dan langsung masuk deh ke Pulau Kumala. 

Oh iya, ada 2 opsi untuk tiba di Pulau Kumala. Yang pertama dengan menggunakan kapal, dan yang kedua dengan melewati jembatan yang khusus dibuat untuk menuju ke Pulau Kumala. Kalo kami sih milih jalan kaki lewat jembatan aja ya, kayaknya lebih seru:D

Tiket masuk menuju ke Pulau Kumala dibandrol dengan harga 7000 rupiah untuk dewasa dan 5000 rupiah untuk anak anak. Cukup terjangkau yaa? 

Setelah membeli tiket, kamipun langsung menyusuri jembatan untuk sampai di Pulau Kumala. Pagar kanan kiri jembatan yang ada disini dipenuhi sama gembok yang katanya gembok cinta gitu. Jadi kalau pengunjung pengen naruh gembok disitu pengunjung harus membeli satu gembok dan menulis nama pengunjung dan pasangannya gitu haha. Setelah itu, langsung aja deh gembok di pagar kanan kiri jembatan dan buang kunci gemboknya ke Sungai Mahakam. Katanya sih hubungannya bakal awet kalau udah gitu hahaha percaya nggak percaya ya.

Biar tak capek, kalian bisa foto foto dulu di jembatan ini guys hehe. Setelah jalan di jembatan dan sempet berfoto juga, kamipun tiba di Pulau Kumala yang katanya cantik ini. Langsung aja deh turun jembatan dan kakakku menuju ke tampat penyewaan motor listrik. 

“Loh kenapa nyewa motor?” “Udah dek, kamu bakal capek kalo nggak naik motor, soalnya Pulau Kumala ini gede banget” wkwk okedeh nurut aja ya sama tourguidenya:D

Kami menyewa motor dengan harga sewa 50.000 rupiah per jamnya. Karena kami datang ber empat, jadi kami nyewanya 2 motor deh. 

Menyusuri Pulau Kumala di sore hari emang asik banget. Apalagi menggunakan motor listrik sewaan ini, jadi bisa menikmati semilir angin Mahakam hihi. 


Ada banyak spot foto keren yang bisa kalian manfaatkan disini, so jangan lupa buat bawa camera yang keren juga ya! 

Di dalam Pulau Kumala, ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti berfoto, mampir ke tempat oleh-oleh, mengetahui sejarah Kutai Kartanegara, dan ada juga permainan darat dan wahana air lainnya, SERU!

Rasanya belum puas mengunjungi Pulau Kumala ini, tapi waktu jam udah menunjukkan pukul 5 sore dan waktunya ngembaliin si motor listrik wkw. Setelah mengembalikan motor, kami masih sedikit berjalan-jalan karena belum puas hehe. 

Pas hari udah lumayan gelap, kami memutuskan buat kembali ke pinggiran Sungai Mahakam dengan melewati jembatan Pulau Kumala ini. Seeyou Pulau Kumala, kapan kapan jumpa lagi ya! Haha.

  

Nah malam harinya, pengunjung bisa cobain kulineran di pinggir Sungai Mahakam, dijamin seru dan asik banget, tunggu review kulinerku di tepi Sungai Mahakam ya!

Tips and Trick

  1. Jaga kebersihan
  2. Datang pagi hari lebih asik!
  3. Nyewa motor aja biar bisa menyusuri Pulau Kumala dari ujung ke ujung:D

Gallery (11)

Comments (2)