252 views | 2 Likes

Piknik Asik di Pantai Kukup Gunungkidul

4 star (from 2 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 23 August 2018, 10:41:12
lizbeth
Sightseeing

Akhirnya, kami sampai juga di Pantai Kukup yang indah ini. Sebelum masuk, saya harus membayar retribusi sebesar 10 ribu per orang nya. Untuk parkir...

How to Get There

Selain di kenal sebagai kota budaya, Jogja juga dikenal sebagai kota wisata yang menyimpan banyak sekali surga tersembunyi yang masih jarang dijamah oleh banyak kaum traveler. Liburan Idul Adha kemarin, saya berkesempatan buat jalan-jalan. Mumpung ada hari libur meskipun cuma sehari saja. Tentunya masih di seputaran Jogja aja karena masih banyak tempat wisata di Jogja yang belum pernah saya kunjungi, salah satunya adalah Pantai Kukup.

Pantai Kukup berada di sekitar 40 km dari pusat kota Jogja atau sekitar 1 km sebelah timur Pantai Baron, tepatnya di Jalan Pantai Selatan Jawa, Kemandang, Tanjungsari, Gunungkidul. Kemarin karena kebetulan saya pergi dengan keluarga menggunakan mobil dan ternyata rutenya cukup mudah, dari Yogyakarta masuk ke ringroad selatan lalu ke timur. Menuju ke Jalan Wonosari di perempatan ke dua setelah Terminal Giwangan lalu lurus ke timur hingga Jalan Wonosari. Dari kota Wonosari ambil kanan sesuai petunjuk arah menuju Jalan Baron tinggal ikuti saja hingga sampai ke tempat retribusi. 


Jalanan menuju pantai ini sebenernya udah beraspal dan mulus, tapi banyak tikungan dan naik turun. jadi, buat kalian yang mengendarai kendaraan pribadi, harus ekstra hati-hati ya. Apalagi kalo pas lagi musim hujan.

What to Do

Akhirnya, kami sampai juga di Pantai Kukup yang indah ini. Sebelum masuk, saya harus membayar retribusi sebesar 10 ribu per orang nya. Untuk parkir kendaraan bermotor dikenakan biaya sebesar 5 ribu per mobil dan 2 ribu untuk kalian yang bawa motor. Harga tiket masuknya cukup terjangkau sih untuk semua kalangan di Jogja.

Layaknya pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya, Pantai Kukup juga berpasir putih dan bersih. Meskipun pantai ini tidak seluas pantai Prangtritis, namun Pantai Kukup memiliki keunikannya tersendiri, yaitu ada banyaknya macam biota laut seperti ikan hias. Selain itu, di area pantai ini juga ada suatu pulau karang kecil yang diatasnya ada gardu pandang yang dapat digunakan untuk menikmati keindahan laut. Untuk menuju ke pulau tersebut, ada sebuah jembatan yang terlebih dahulu harus naik ke atas bukit.

Dari atas gardu pandang ini, saya bisa melihat pemandangan pantai yang sangat indah. Spot ini memang menjadi favorit banyak wisatawan untuk melihat pantai dari ketinggian. Deburan ombak di pantai ini memang cukup besar namun tidak terlalu bahaya karena diapit oleh tebing-tebing karst di sisi sampingnya. Bahkan, dari atas sini pengunjung bisa melihat indahnya sunrise dan sunset, lho. 

Pantai Kukup memang dikenal sebagai salah satu pantai dengan pemandangan indah di Jogja karena termasuk pantai yang dangkal karena dipenuhi dengan bebatuan karang yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Namun, buat kalian yang ingin bermain air harus tetap berhati-hati ya. 

Di bagian bibir pantai terdapat lantai karang yang menjorok hingga ke selatan. Ketika air laut sedang dalam kondisi surut, kalian bisa melihat terumbu karang dan aneka biota laut seperti ikan-ikan kecil, rumput laut dan lain sebagainya. Ngga heran kalau pantai ini sering dijuluki sebagai “Aquarium Alami di Jogja”. Jadi, bisa banget buat kalian yang mau berburu ikan hias disini. saya punkemarin mencoba buat mengangkap ikan hias bersama adik-adik saya tapi belum dapet dan akhirnya kita beli ikan hias tersebut di penjual ikan yang ada di dekat pintu masuk. Jangan lupa nawar yaa buat dapet harga yang murah. Hehehe..


Ohya, untuk fasilitas di pantai udah cukup lengkap. Mulai dari warung penjual makanan, toilet hingga penginapan juga sudah tersedia. Kalo kalian pengen menikmati pantai ini lebih lama, saya sarankan untuk menginap saja disini. Harga yang ditawarkan buat kamarnya pun beragam, tergantung dari fasilitas yang kalian mau.

Hari menjelang sore, kami pun sudah puas foto-foto dan menikmati keindahan Pantai Kukup. Kami segera pulang karena besok harus kembali beraktivitas kembali. So, segera jadwalkan liburanmu ke Jogja yuk!

Video by Teguh Setiawan

Tips and Trick

  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi buat kalian yang mau main air.
  • Bawa kamera.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Gunakan kacamata hitam, topi dan sunblock.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

 

Gallery (10)

Comments (2)