biosel | Sightseeing
Denpasar, Bali, Indonesia | Museum
21 Dec 2016


Museum Bali Denpasar
Anda suka dengan wisata yang seru dan menambah pengetahuan budaya anda? maka dengan ke tempat ini adalah pilihan yang tepat....

How to Get There

Museum Bali ini berlokasi di Jl. Mayor Wisnu No.1, Dangin Puri, Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali. Saat anda berada di Denpasar ingin berkunjung ke Museum Bali, dari kota Denpasar ke Museum Bali sekitar 2,2 km dengan waktu tempuh sekitar 8 menit sampai ke tempat ini tapi tidak termasuk jika dalam keadaan macet.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat Museum Bali.

What to Do

Pulau Bali ini memang tidak ada habis-habisnya akan objek wisata yang membuat wisata pun penasaran dan tidak pernah bosan dengan obejek wisata di bali contohnya seperti wisata budaya, wisata alam, wisata seni, wisata kuliner, dan pastinya di pulau bali ini memiliki sejarah dan di simpan di museum-museum yang ada di Bali salah satunya adalah “Museum Bali”.

Apa sih yang membuat museum yang satu ini berbeda dari museum lainnnya di bali? Ya Museum Bali Denpasar ini menyimpan banyak sekali pengetahuan yang menyangkut peradaban manusia dari zaman ke zaman, khususnya pada masyarakat Bali pada jaman dahulu.

Museum ini didirikan karena seseorang yang memiliki ide untuk membangun museum di Bali Denpasar, sapa orang itu? Ia bernama W.F.J Kroon yang menjabat sebagai seorang asisten residen Bali Selatan dari tahun 1909-1913.

Akhirnya seiring berjalannya waktu ada sebuah yayasan yang mengelola museum ini dan pada tanggal 8 Desember 1932 musium ini resmi di buka dan di beri nama “Museum Bali Denpasar

Museum Bali di Denpasar awalnya hanya memiliki luas tanah 2.600 meter persegi dan terdapat tiga pembagian dari tiap-tiap halaman, halaman luar, halaman tengah dan halaman dalam. Tiap-tiap halaman dibatasi dengan tembok dan terdapat Gapura (pintu masuk). Di halaman dalam Museum ini, terdapat tiga bangunan dan masing-masing bangunan di beri nama-nama daerah sesuai dengan nama daerah dari raja yang membiayai pembangunan museum ini:

  1. Gedung Karangasem
  2. Gedung Tabanan
  3. Gedung Buleleng

 

         

Seiring berjalannya waktu pengelolaan museum Bali di Denpasar ini telah diambil alih oleh pemda provinsi Bali. Kemudian pada tanggal 5 Januari 1965, pemerintah Indonesia mengambil alih pengelolaan museum, yang kemudian diserahkan ke bagian dinas pendidikan dan kebudayaan. Dinas pendidikan dan kebudayaan kemudian memberikan nama, “Museum Negeri Provinsi Bali”. Luas area museum ini sekitar 6.000 meter persegi. Nahh itu sekilas sejarah museum ini di bangun.

Nah hal apa sih yang akan anda rasakan saat berada di museum ini?  Yah jika anda menyukai sejarah dari kebudayaan bali maka anda akan mengerti dan menyukai bangunan arsitektur Bali dan pastinya jika anda berkunjung ke tempat ini anda akan mendapat ilmu pengetahuan tentang salah satu sejarah di Indonesia.

Di museum ini memang berbeda dengan museum lainnya di bali di museum bali lainnya anda pasti akan melihat terdapat banyak lukisan, sedangkan disini anda akan melihat koleksi seni dengan nilai sejarah dari budaya bali yang pastinya tidak semua orang tau.

Apa sih koleksi yang ada di museum ini? Koleksi yang ada di museum ini diantaranya, peralatan upacara keagamaan, adat bali, dan peralatan yang di gunakan saat zaman pra sejarah. Jadi sebaiknya ajaklah teman, keluarga, mapun orang tersayang ketempat ini untuk mengetahui beberapa sejarah yang ada di Indonesia.

 

 

           

Anda ingin berkunjung ke Museum Bali Denpasara anda hanya di kenakan tiket masuk Rp. 5.000 / orang, sedangkan untuk melakukan foto pre wedding di lokasi ini akan di kenakan biaya Rp. 150.000,-.

Berikut jadwal Museum Bali Denpasar

  • Hari Minggu-Kamis buka pada jam 08.00-15.00 wita
  • Hari jumat 08.00-12.30 wita
  • Hari sabtu dan tanggal merah, museum Bali Denpasar tutup.

          

Tips and Trick

Lihat apakah ada keuntungan lain dari Tiket Museum

Kamu jangan lebih dahulu apriori apabila mengetahui tiket masuk suatu museum harganya mahal, tiket masuk museum seperti tiket masuk ke wisata lainnya ada yang mahal juga ada yang murah. Kalau kamu mendapatkan tiket museum yang cukup mahal biasanya ada keuntungan lain dari harga tiket tersebut, kamu bisa baca lebih teliti biasanya apabila ada keuntungan lainnya akan tercantum di tiketnya. Keuntungan tersebut misalnya bisa masuk ke museum lainnya, atau juga potongan harga di tempat-tempat tertentu dan bisa juga potongan harga /voucher makanan yang bisa kamu beli di sekitar museum tersebut. Jadi jangan dulu dibuang tiketnya sebelum dibaca ya..

Lihat jam operasional Museum

Memang Biasanya jam buka museum dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore, akan tetapi anda harus tetap mengecek jam operasionalnya karena bisa saja ditutup lebih cepat atau bisa juga dibuka sampai malam karena ada acara tertentu. Dan lebih parahnya saat anda sudah tiba di museum ternyata sedang libur karena kadang museum ada yang libur di weekday atau saat weekend.

Lebih Kreatif Bila Datang Bersama Anak-anak

Bila anda berkunjung ke museum dengan membawa anak-anak merupakan suatu tantangan tersendiri karena kadang anak-anak bisa sangat semangat bila museum tersebut menyajikan benda display yang seru buat mereka namun juga mereka bisa kurang semangat dan malas-malasan jika museum yang dikunjungi tidak menarik buat mereka. Nah anda dituntut untuk lebih kreatif misalnya dengan mengadakan suatu permainan seperti mencari harta karun yang hadiahnya bisa anda siapkan sendiri, atau juga menghitung benda-benda tertentu dari pajangan/display yang ada di museum tersebut. Ini tentunya akan lebih menyenangkan buat anak-anak.

Mengenakan Sepatu Yang Nyaman

Karena anda akan menjelajahi isi museum dengan berjalan maka alas kaki adalah faktor yang sangat penting. anda harus mengenakan sepatu yang nyaman agar anda bisa melihat seluruh isi koleksi museum yang anda kunjungi. Jangan sampai anda menyerah sebelum selesai berkeliling museum.

  1. Pasti menyebalkan ketika sedang di perjalanan dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yang anda bawa tadi.
  2. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, saat anda berkeliling Museum akan merasa lelah dan merasakan haus.
  3. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk menyipan foto liburan anda bersama teman, keluarga dan orang tersayang. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.

 

Disini saya ada video mengenai “Museum Bali Denpasar” yang membuat anda penasaran dengan museum ini dan harus anda kunjungi, Anda penasaran???

Klik disini-> 

*Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY