254 views | 0 Likes

Basah-basahan di Curug Luhur yang Menawan

0 star (from 0 people)
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 21 August 2018, 10:41:08
sandal
Tourist

bermain air di Curug Luhur yang memiliki pemandangan asri, udara yang segar, dan pastinya menjadi pengalaman yang susah dilupakan!

How to Get There

Hello guys. Gimana nih liburan Agustusan kalian? Menyenangkan? Ngomong-ngomong soal liburan Agustusan kemaren, aku mau cerita nih soal pengalamanku jalan-jalan. Emang sih perginya ngga terlalu jauh, tapi kemarin aku bener-bener menikmati perjalananku. Sebenernya aku kemarin ngga niat untuk pergi karena pengen fokus di rumah sambil ngerjain beberapa tugas kuliah, tapi karena agak suntuk dan salah seorang teman ngajakin pergi, akhirnya aku pergi deh.

Tujuan kami sebenernya ke pengen ke Bandung, tapi aku pikir Bandung masih terlalu jauh lah kalo dari Cianjur, lalu aku pun nyaranin buat pergi ke Bogor aja. Bogor punya banyak sekali tempat wisata yang belum aku explore, salah satunya adalah Curug Luhur. Maklum aja guys, Bogor memang dikenal sebagai kota yang memiliki air terjun terbanyak di Indonesia, jadinya aku penasaran dan pengen tau ada air terjun apa saja disana. Ohya, buat yang belum tahu, curug ini artinya adalah air terjun dalam Bahasa Sundanya, lalu arti dari Luhur adalah tinggi. Jadi bisa disimpulakn kalo Curug Luhur ini artinya Air Terjun yang tinggi.

Kami pun segera berangkat menuju Bogor dengan menggunakan sepeda motor karena kalo naik mobil males juga, pasti macet, secara kan itu long weekend. Curug Luhur ini berada di kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Bogor. Jaraknya sekitar 24 km dari pusat kota Bogor dengan jarak tempuh sekitar 90 menit. Kalo kalian perginya pake kendaraan pribadi seperti aku, rutenya gampang banget sih, kalian bisa lewat Kebun Raya - Empang - Cikaret dan sampai Ciapus atau rute lainnya yang bisa kalian tempuh adalah lewat Jalan oleh Iskandar lalu ke Jalan Ciomas, lanjut ke Laladon menuju Simpang Pagelaran lalu belok kanan, lurus terus sampai tiba di Curug Luhur.

Perjalanan ke air terjun ini pake kendaraan pribadi memang lebih nyaman dan mudah daripada menggunakan kendaraan umum, tapi kalian harus hati-hati karena medan yang dilalui agak sedikit sulit plus jalurnya agak sempit dengan banyak tikungan, tanjakan dan turunan. jadi, santai aja dalam berkendara sambil menikmati pemandangan karena pemandangannya keren banget.

What to Do

Sesampainya disana, aku langsung memarkir motor dan bayar karcis parkir sebesar 8 ribu rupiah untuk satu motor. Lalu menuju loket untuk membeli tiket masuk sebesar 40 ribu per orang. Menurut aku sih harga tiket segitu cukup terjangkau bagi semua kalangan karena dengan harga segitu kalian bisa menikmati berbagai keindahan alam dan pemandangan yang ada di sekitar curug ini.

lanjut, masuk ke area air terjun ini aku baru sadar ternyata disini tidak hanya menyajikan pemandangan berupa air terjun saja tapi juga ada beberapa fasilitas yang keren seperti water park. Terdapat berbagai macam kolam buatan untuk berbagai usia. Uniknya, air kolamnya berasal dari aliran air yang sama dengan air terjunnya sehingga terasa dingin. Aku pun penasaran dan segera menuju ruang ganti untuk berganti baju renang.

Setelah ganti baju, aku pun memutuskan untuk pergi ke area curugnya terlebih dahulu karena area kolam renangnya cukup ramai oleh anak-anak kecil. Ternyata Curug Luhur ini lumayan tinggi lho guys! Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih hingga 50 meter dan yang paling menarik perhatianku adalah kolam alaminya yang lumayan luas, mungkin sekitar 7 meter yang terbentuk dari derasnya pancuran air terjun.

katanya sih, awalnya kolam ini memiliki kedalaman hingga 15 meter, namun demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung, pengelola curug ini memutuskan untuk mengurangi kedalaman kolam dengan menambahkan berbagai material seperti batu, tanah dan kerikil. Makanya, sekarang kedalaman kolam alami ini hanya 7 meter saja. Pertama kali nyebur kesini rasanya adem banget guys tapi seger. Airnya juga bening banget. Tapi saran aku, kalo kalian ngga bisa renang, mending jangan berenang karena debit air terjunnya sangat deras dan kolamnya cukup dalam jadi bahaya banget buat kalian yang ngga bisa berenang. 

Tapi buat kalian yang ngga bisa berenang tapi masih pengen bermain air, kalian bisa pergi ke area water park aja karena airnya juga ngga jauh beda dengan air di kolam renang alami ini. So, ada banyak option kan buat kalian kalo jalan-jalan ke Curug Luhur ini. Terlebih lagi, fasilitas di curug ini juga sudah lengkap banget. Selain area parkirnya yang luas, toilet umumnya juga bersih. Ditambah lagi adanya mushola untuk tempat ibadah, ruang bilas, gazebo, cafe, warung makan dan tempat jual oleh-oleh. 

Jadi ngga perlu khawatir kan buat jalan-jalan kesini? Yuk segera agendakan :)

Video by NCC ATAMBUA

 

Tips and Trick

  • Untuk menghemat waktu dan biaya, gunakan kendaraan pribadi.
  • Curug ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 18.00 WIB
  • Bawa baju renang, baju ganti dan perlengkapan mandi karena sayang sekali kalo ngga basah-basahan disini.
  • Untuk yang ingin bawa anak kecil, aku saranin buat selalu diawasi.
  • Bawa kamera dengan waterproof.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (8)

Comments (0)