267 views | 3 Likes

Puncak Mas: Tempat Wisata Kekinian di Puncak Lampung

4 star (from 3 people)
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 16 August 2018, 11:23:12

Sesampainya disana, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan Rp 10.000 untuk kendaraan mobil. Awalnya, saat pertama kali tiba...

How to Get There

Halo guys! Sudah lama juga ngga jalan-jalan karena kesibukan ngajar disekolah juga. Kali ini saya bersama dengan beberapa teman guru pergi jalan-jalan ke Bandar Lampung. Sebenarnya sih perjalanan kita kali ini untuk seminar, tapi disela-sela acara itu kami juga dikasih kesempatan buat menjelajah kota Lampung. Berangkat dari kota asal kami Balikpapan menuju Lampung dengan pesawat pastinya, karena kalo naik kapal malah lebih lama. Hehehe..

Acara jalan-jalan kami ini sebenernya di hari kedua kami setelah tiba di kota Lampung. Saat seminar sudah selesai, kami langsung menyewa mobil untuk jalan-jalan keliling kota. Kami rental mobil karena kami perginya berempat dan pake mobil bisa menghemat biaya juga. Dan tujuan utama kami adalah Puncak Mas. Kami memilih tempat ini karena setelah searching tempat ini juga lumayan hits. 

Puncak Mas ini berada di area Sukadanaham. Kalo kalian berangkatnya dari Tugu Adipura di Tanjung Karang, lalu menuju Jalan Jend Ahmad Yani dan belok kanan ke Jalan Raden Ajeng Kartini. Setelah ketemu dengan Restoran Garuda, belok kiri ke Jalan Cut Nyak Dien dan ikuti jalan terus sampai ada pertigaan belok kanan dan ikuti Jalan Cut Nyak Dien. Sampai perempatan Jalan H agus Salim, belok kiri dan ikuti jalanan terus sampai terlihat Tugu Durian Sukadanaham di sebelah kanan jalan. Di pertigaan jalan itu ambil jalan tepat di seberang yang agak menanjak. Ikuti jalan itu karena dari sana sudah ada banyak petunjuk bertuliskan “Puncak Mas”.




What to Do

Sesampainya disana, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan Rp 10.000 untuk kendaraan mobil. Awalnya, saat pertama kali tiba disini saya berpikir tempat ini bakalan seperti puncak di Bogor ataupun Bandung dimana pengunjung bisa santai sambil foto-foto. Tapi ternyata Puncak Mas punya banyak spot foto yang lumayan keren. Saat pertama kali masuk, kami disambut dengan balon-balon raksasa dan rumah pohon. Balon-balonnya dibuat seolah-olah balon udara gitu lho, tapi ngga bisa terbang. Untuk menaiki ke keranjangnya, ada tangga. Jadi kami bisa berfoto di dalam balon udara itu.

Kalau untuk rumah pohonnya sih hanya ada beberapa saja dan cukup sederhana, terdiri dari 2 tingkat saja. Rumah pohon ini dibangun di sekeliling batang pohon yang tidak terlalu besar dan ada tangga kayunya juga unduk naik keatasnya. Ngga terlalu susah sih untuk naiknya, bahkan anak kecil pun bisa naik tapi harus tetap didampingi oleh orang tua. Dari atas rumah pohon ini, saya bisa melihat pemandangan yang sangat elok, yaitu kota Lampung, perbukitan dan Teluk Lampung yang indah. 



Dari beberapa ragam spot rumah pohon yang ada, ada satu rumah pohon dengan bentuk yang unik, yaitu bentuk rumah terbalik. Spot ini sangat digemari pengunjung karena berbeda dengan yang lainnya. Rumah terbalik ini mampu menampung hingga 15 orang saja, jadi kalo mau foto harap gantian ya.

Selain rumah pohon, ada juga spot taman terbuka untuk bersantai, taman bermain anak-anak yang dilengkapi dengan berbagai mainan yang seru tapi juga aman. Ada juga jembatan cinta yang bagus banget untuk berfoto. Semua spot yang ada disini bisa digunakan dengan gratis lho. Karena kemarin saya dan teman-teman berangkat agak sore, jadi kita disana sampai malam. Dan pemandangan saat malam hari di Puncak Mas ini lebih indah karena dihiasi lampu-lampu hias yang membuat suasana menjadi semakin romantis. Ditambah lagi dengan udaranya yang super sejuk, bikin setiap pengunjung merasa betah. 





Selain itu wahana-wahana yang seru, Puncak Mas juga dilengkapi oleh fasilitas yang cukup mempuni. Seperti mushola, toilet dan warung yang menjual aneka ragam makanan. Jadi kalau laper, ngga usah bingung lagi mau makan dimana karena disini menunya cukup lengkap. Sambil makan jadi sambil bisa menikmati keindahan pemandangannya.



Puncak Mas sangat cocok untuk tujuan wisata semua kalangan usia, bersama keluarga ataupun juga pasangan. Kebersihan lokasi wisata ini juga menjadi poin penting yang menarik para pengunjung untuk datang kembali. Yuk, segera jadwalkan liburanmu ke Puncak Mas Lampung ini :)

Video by KompasTV

Tips and Trick

  • Untuk kalian yang ingin kesini tapi tidak memiliki kendaraan pribadi, bisa naik transportasi umum atau ojek online (Gojek / Grab)
  • Bawa Kamera untuk mengabadikan momen
  • Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 24.00 WIB
  • Buat kalian yang mau sampe malam disini, jangan lupa bawa jaket ya
  • Jaga kebersihan

Gallery (8)

Comments (4)