294 views | 5 Likes

Teduhnya Danau Setu Babakan di Tengah Padatnya Kota Jakarta

4 star (from 5 people)
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia
Category: lake

Posted on 15 August 2018, 11:13:33
Liszt1213
Tourist

Menikmati sisi lain Kota Jakarta yang meneduhkan..

How to Get There

Hai guys. Udah lama banget nih ngga bikin review jalan-jalan. Setelah sekian lama ngga pergi jalan-jalan karena sibuk dengan urusan kuliah, akhinya weekend lalu saya sempat pergi ke salah satu wisata yang masih di sekitaran kota Jakarta tapi juga lagi hits akhir-akhir ini, yaitu Danau Setu Babakan. Sebenernya saya dulunya sering banget main kesini waktu masih kecil, tapi setelah beranjak gede, saya mulai jarang pergi kesini karena lebih tertarik dengan banyak wisata di luar kota. Dan ternyata, Jakarta juga punya wisata danau yang cukup bisa diperhitungkan untuk berwisata saat weekend.

Setu Babakan ini berada di pusat kota Jakarta, yaitu di perkampungan Betawi, tepatnya di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Untuk menuju kesini, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atapun kendaraan umum. Karena kemarin kebetulan pas saya kesana setelah pulang kuliah, saya pun naik kopaja dengan rute Terminal Pasar Minggu, Cimpedak, Blok M, Gerbang Pitung lalu Danau Setu Babakan. Buat kalian yang naik kendaraan pribadi, kalian bisa cek rutenya di Google Map dan ikuti aja. Gampang banget kok!

What to Do

Sesampainya disana, ternyata tidak dikenakan biaya tiket masuk lho guys alias gratis. Jadi disana cukup bayar biaya parkir aja buat kalian yang bawa kendaraan pribadi, 2000,- untuk motor dan 5000,- untuk mobil. Anyway, wisata danau ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB, jadi pastikan jangan dateng terlalu sore yaa. 

Buat kalian yang mungkin belum familiar sama tempat ini, Setu Babakan adalah sebuah danau buatan yang dijadikan tempat wisata oleh warga setempat. Jadi, sebenernya fungsi utama dari danau ini bukanlah untuk wisata tapi untuk menampung air resapan. Namun, seiring berjalannya waktu, danau ini beralih fungsi menjadi pusat pelestarian warisan budaya Jakarta yang umum disebut dengan perkampungan Budaya Betawi dan juga tempat wisata. Perkampungan Betawi ini telah diresmikan sejak tahun 2000 oleh Bapak Sutiyoso yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Danau ini ternyata cukup luas lho guys, yaitu sekitar 30 hektar dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Air yang di dalam danau ini adalah air yang berasal dari Sungai Ciliwung. Tak heran jika setelah sampai disana, saya bisa merasakan sejuknya udara meskipun saya tengah berada di pusat kota Jakarta. Pasalnya, di sekeliling danau ini dapat dijumpai berbagai macam tanaman dan tumbuhan buah buahan. Tanaman dan buah yang ditanam disekeliling ini sangat beragam, seperti rambutan, mangga, pandan, palem, jamblang, melinjo, kecapi, jambu, krendang, nam-nam, guni, cimpedak, jengkol dan nagka.

Setu Babakan juga memiliki satu wahana yang cukup unik yaitu, perahu Angsa. Perahu Angsa ini merupakan perahu dengan bentuk seekor angsa atau bebek yang bisa disewa oleh wisatawan yang ingin berkeliling di tengah danau. Jadi, buat kalian yang datang kesini berdua dengan pasangan ataupun dengan keluarga, sangat disayangkan bila tidak mencobanya. Karena perahu ini muat untuk 2 orang dan bisa membawa kalian ke tengah danau. Harga sewanya juga relatif murah, yaitu sekitar 5000,- per orangnya.Lalu, aktivitas lain yang bisa kalian lakukan disini selain bersantai di pinggir danau dan naik perahu adalah berwisata kuliner. Di sekitar danau banyak sekali penjual yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Makanan yang di jajakan di sekitar sini kebanyakan adalah makanan khas Betawi seperti Arum Manis, Kerak Telor, Toge Goreng, Nasi Uduk, Rujak Bebek, nasi ulam dan masih banyak lagi. Untuk minuman yang dijajakan juga khas Betawi lho guys, misalnya seperti bir pletok, es potong, es duren dan masih banyak lagi lainnya. 

Jajanan khas Betawi yang paling rekomended dan yang paling saya favoritkan adalah Dodol Betawi. Jajanan ini sekilas mirip dengan dodol pada umumnya, tapi menurut saya rasanya lebih legit dan enak. Katanya sih, proses pembuatan dodol ini membutuhkan waktu sekitar 8 jam lho guys. Dodol ini juga punya 3 varian rasa, yaitu ketan putih, ketan hitam dan durian.

Part lain yang paling saya favoritkan saat berwisata di Setu Babakan ini adalah menyaksikan Budaya Betawi di kampung Babakan. Berawal dari pintu gerbang masuk menuju danau, kalian bisa melihat rumah adat Betawi di kiri kanan sepanjang jalan menuju danau. Rumah Betawi memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya hiasan di bagian atap rumah dan di bagian depan terdapat teras keluarga yang sederhana. Manfaat teras keluarga di rumah adat Betawi ini adalah menjaga keharmonisan hubungan antar keluarga. 

Selain berfoto-foto di depan rumah adanya, saya juga berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan budaya yang dibawakan oleh penduduk setempat, seperti Tanjidor, Lenong dan Ondel-ondel. 

Mengingat kota Jakarta yang sangat sesak dan padat, mungkin kita selalu berpikir bahwa Jakarta hanya berisi gedung-gedung tinggi yang menjenuhkan, tapi ternyata kita bisa melihat sisi lain dari padatnya Jakarta dengan berkunjung ke Danau Setu Babakan.

Tips and Trick

  • Bawa Kamera
  • Jaga kebersihan
  • Waktu yang tepat untuk datang kesini adalah pagi hari dan sore hari

Video by Andi Derisman

Gallery (11)

Comments (5)