296 views | 2 Likes

Taman Pintar Jogja: Sarana Edukasi Bagi Setiap Pengunjungnya

4 star (from 3 people)
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 14 August 2018, 11:10:07
lizbeth
Sightseeing

Lagi cari tempat wisata yang Edukasi Taman Pintar di Jogja, ini bisa menjadi pilihan kamu saat berada di Jogja guys!

How to Get There

Berawal dari suatu Minggu pagi yang cerah di kota Jogja, tempat lahir dan tempat saya dibesarkan, saya iseng untuk pergi jalan-jalan bersama adik-adik saya yang masih kecil. Waktu itu kebetulan kedua orang tua saya lagi ada acara jadi saya harus menjaga adik-adik saya, so saya memutuskan untuk mengajak pergi mereka ke salah satu tempat wisata edukasi di Yogyakarta, yaitu Taman Pintar.

Sebenernya sih taman ini sudah lama dibuka di Jogja, tapatnya pada 2008 dan saya sudah pernah kesana 2 kali bersama beberapa teman sekolah, jadi ini kunjungan ketiga saya. Ini juga kali pertama adik-adik saya datang kesana karena memang mereka belum pernah sama sekali datang ke Taman Pintar ini. Yahh sekalian Nge-baby sitting sambil piknik tipis-tipis gitu deh.

Anyway, Taman Pintar ini berlokasi di Jalan Panembahan Senopati no 1-3 atau sekitar 200 meter di sebelah timur perempatan Jalan Malioboro. Lokasinya sih gampang banget di jangkau karena pas ada ditengah kota dan dekat dengan beberapa lokasi wisata terkenal seperti Benteng Vredeburg dan Keraton. Karena kebetulan di rumah kemarin ngga ada kendaraan pribadi, kami pun memutuskan untuk naik kendaraan umum yaitu Bus TransJogja dengan tiket sebesar 3000 rupiah saja. Bus ini ada setiap 15 menit sekali. Untuk menuju ke Taman Pintar, kami turun di halte Pos Besar dan jalan kaki ke arah timur kurang lebih 50 meter.




What to Do

Setelah sampai disana, saya langsung menuju ke loket untuk membeli tiket. Harga tiket masuk Taman Pintar ini cukup terjangkau lho guys, yaitu 10 ribu saja per anak dan 18 ribu per orang dewasa. Meskipun tiket masuknya lumayan murah, tapi ternyata didalam ada beberapa wahana lagi yang dikenakan biaya lagi, tapi masih tergolong murah kok guys.

Ohya, buat kalian yang mungkin masih belum terlalu familiar dengan taman ini, saya mau sedikit bercerita disini. Jadi, Taman Pintar Jogja adalah salah satu wahana bermain sekaligus edukasi untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah kota Yogya untuk menjadi sarana belajar dan memotivasi siswa-siswi dan generasi muda untuk mencintai sains. Wahana-wahana bermain yang ditawarkan di taman ini tidak hanya mendidik namun juga akan membuat anak-anak merasa senang. 

Taman Pintar ini bisa dinikmati oleh anak-anak yang belum sekolah hingga anak-anak usia sekolah menengah untuk mempelajari dan memperluas pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung karena bisa dibilang taman ini adalah laboratorium yang dikemas dalam sarana rekreasi. Taman ini dulunya adalah bekas pusat perbelanjaan dan mulai dibangun pada tahun 2004 dan dibuka pada tahun 2008 oleh presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono. 

Target utama pembangunan Taman Pintar ini adalah untuk mendukung program pembelajaran reguler di sekolah sejak dini dengan mengasah kreativitas anak sedini mungkin. Lokasinya yang stretegis juga mendukung banget untuk media pembelajaran, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg dan Gedung Agung. Terlebih lagi ada ruko-ruko buku dibelakang taman ini yang menyediakan berbagai macam buku dari kategori fiksi atau non fiksi. Lengkap banget deh ya!

Taman Pintar ini dibagi menjadi 3 gedung utama dengan wahana beragam, yaitu Wahana di Gedung Kotak, Wahana di Gedung Oval dan Wahana di Gedung Memorabilia. Wahana Gedung Kotak ini berisi 10 zona antara lain zona replika candi Borobudur, zona koleksi keris, zona koleksi tokoh wayang, zona batik, zona air untuk kehidupan, zona pengolahan minyak gas dan bumi, zona planning city, zona teknologi otomotif, zona peraga turbulensi dan zona pengolahan susu. Disini adik-adik saya sangat suka karena mereka dapat mempelajari tentang budaya mereka sendiri yaitu mengenal tokoh-tokoh wayang dan membatik.

Selain di wahana ini, mereka juga sangat menikmati wahana Planetarium dimana mereka dapat melihat pertunjukan film edukasi tentang antariksa dan tata surya. Part lain yang mereka sukai dari taman ini adalah aquarium air tawar dan playground yang merupakan ruang publik dan menyuguhkan berbagai macam alat peraga yang menyenangkan untuk mereka. Ohya, akses ke playground ini gratis lho guys.

Lalu, untuk orang dewasa kayak kita apa jalan-jalan ke taman ini juga mengasyikkan? Tentu saja! Disini kalian bisa mengikuti beberapa program kreativitas seperti kreasi batik, kreasi gerabah, melukis, hand on science hingga latihan menjadi presenter TV. Untuk mencoba program-program tersebut, biayanya cukup terjangkau lho guys, yaitu mulai dari 5000 rupiah saja per orang nya.

Gimana? Jogja memang istimewa di setiap sudutnya ya? Yuk pulang ke Jogja.

Video by Funtime RTV

Tips and Trick

  • Taman Pintar Jogja buka mulai hari Selasa - Minggu mulai jam 8.30 am - 16.00 pm
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen
  • Gunakan alas kaki yang nyaman
  • Bawa air mineral dan snack
  • Jaga kebersihan

Gallery (11)

Comments (6)