404 views | 3 Likes

Pantai Anyer: Primadona Kota Serang yang Populer

4 star (from 3 people)
Serang, Banten, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 10 August 2018, 11:43:08
icha123
Tourist

Sesampainya disana, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000 per orangnya. Kalo kamu membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenakan biaya parkir...

How to Get There

Halo kawan. Sudah lama rasanya ngga sharing cerita jalan-jalan disini. Minggu lalu, aku berkersempatan untuk jalan-jalan ke daerah Banten. Sebenernya sih ngga niat untuk liburan, tapi aku ada beberapa pekerjaan di Jakarta selama beberapa hari dan sebelum pulang kembali ke Gorontalo, aku sempatkan untuk jalan-jalan ke daerah Banten. Kenapa Banten? Karena setelah aku searching, Banten ternyata menyimpan banyak wisata yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya. Salah satunya adalah Pantai Anyer.

Pantai Anyer terletak di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang jaraknya sekitar 160 km dari Jakarta. Kemarin aku pergi dengan beberapa teman kantor yang kebetulan juga punya mobil pribadi, jadinya kita berempat pergi bareng. Untuk menuju kesana, dari Jakarta cuma butuh 2,5 jam perjalanan aja (kalo ngga macet).

Atau kalo ngga pengen kena macet, kamu bisa lewat tol Jakarta - Merak. Saat keluar pintu tol Cilegon Barat, arahkan kendaraan menuju ke arah Anyer, bukannya ke Merak. Dari sana lurus terus sampai pantai Anyer. Gampang banget kan jalan kesana?

What to Do

Sesampainya disana, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000 per orangnya. Kalo kamu membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Ro 50.000 per mobil dan Rp 25.000 per motor kalo kamu bawa motor. Dann tibalah kita di Pantai Anyer.

Pantai Anyer ini memang sudah lama jadi destinasi wisata paling favorit yang bisa dikunjungi saat jalan-jalan ke Serang. Sebenernya masih ada banyak lagi wisata pantai yang keren-keren disini, tapi di hari pertama ini aku mengunjungi Pantai Anyer yang Indah ini. Setelah tiba disana, aku baru tahu kenapa pantai ini menjadi destinasi populer, karena memang pantainya keren banget dan fasilitasnya cukup lengkap.

Anyway, aku dan teman-teman juga memutuskan untuk bermalam di pantai ini dengan menyewa sebuah hotel di dekat pantai ini, tapi karena masih terlalu pagi dan belum waktunya untuk check ini, kami memutuskan untuk bersantai di pantai ini dulu.


Pantai ini lumayan yang juga ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rindang. Pemandangan pantainya begitu indah dengan pasir putih yang luas terhampar ditambah dengan birunya air laut yang tenang. Karena air lautnya yang lumayan tenang, jadi wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas air, seperti banana boat, berenang, snorkeling, surfing, jetski hingga diving. Atau kalo kalian ngga terlalu suka aktivitas air, kalian juga bisa duduk-duduk bersantai di pinggir pantai, bermain pasir, bermain voli pantai atau bermain ATV. 

Karena aku terlalu malas untuk melakukan beberapa aktivitas air, aku pun memutuskan untuk sekedar duduk-duduk di pinggir pantai sambil bersantai. Selagi beberapa teman berenang di pinggir pantai. Di pinggir pantai ini telah disediakan beberapa saung bambu yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai. Katanya sih, pemandangan saat matahari terbenam di pantai ini keren banget, tapi sayangnya kemarin aku ngga sampai sore disini. 

Seperti banyak tempat wisata lainnya, Pantai Anyer ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan khas, yaitu seafood lokal. Jadi kamu ngga perlu takut kelaparan jika mengunjungi pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga ada kios souvenir yang menjual berbagai macam olahan khas laut, baik berupa makanan, kerajinan ataupun kaos bertema pantai Anyer. 

Yuk segera agendakan perjalanan kamu untuk pergi ke Pantai Anyer.

Video by Diletante Production

Tips and Trick

Beberapa tips dari aku buat kalian yang mau jalan-jalan ke Pantai Anyer:

  • Agar menghemat waktu, aku saranin kalian buat bawa kendaraan sendiri aja. Kalo dari Jakarta, kalian bisa sewa kendaraan disana.
  • Kalo kalian datang dari luar kota, kalian bisa gunakan Pesawat dan turun di Bandara Cengkareng atau Kereta Api dan turun di Stasiun Gambir.
  • Kalau kalian ingin menikmati pantai ini lebih lama, aku saranin buat stay di pantai ini semalam. Ada banyak hotel, guest house atau cottage dengan harga beragam, tergantung fasilitas apa yang kalian akan pilih.
  • Jika kalian ingin mencicipi seafood lokal di warung-warung setempat, tanyakan dulu harga masing-masing menu agar tidak shock saat membayar karena harganya naik berkali lipat.
  • Bawa Kamera untuk mengabadikan momen.
  • Sempatkan untuk mengunjungi pantai-pantai terdekat dari Pantai Anyer, seperti Pantai Karang Bolong, Pantai Sambolo dan Pantai Cibeureum.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (6)

Comments (8)