158 views | 4 Likes

Klenteng Sam Poo Kong: Bangunan Merah Penuh Sejarah

4 star (from 4 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 09 August 2018, 11:31:03
leon
Tourist

Sesampainya disana, saya harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Cukup murah kok guys, untuk hari libur 8 ribu aja per orang, kalo hari biasa cuma...

How to Get There

Tak kalah dengan Jogja, Semarang juga punya banyak sekali tempat yang bisa di explore. Mulai dari wisata alamnya, wisata sejarah hingga wisata kulinernya. Semarang memang tak pernah gagal membuat saya jatuh cinta lagi dan lagi karena wisata sejarahnya yang memukau. Saya memang salah satu traveler yang selalu menyempatkan untuk menikmati sisi sejarah dari setiap tampat yang saya kunjungi. Kali ini, saya kembali lagi ke Semarang dan menjelajah beberapa bangunan bersejarahnya yang cukup artistik. 

Terakhir kali ke Semarang, saya mengunjungi Ambarawa dan Rawa Pening, namun belum sempat untuk explore terlalu banyak wisata sejarah di kota tuanya. Namun, sekarang saya bisa berlibur lagi ke kota lumpia ini dan langsung menuju ke salah satu bangunan yang cukup ikonik disini, yaitu Klenteng Sam Poo Kong. 

Klenteng Sam Poo Kong berada di Jalan Simongan No 129, Bongosari, Semarang Barat. Lokasinya sih ngga terlalu jauh dari simpang lima kota Semarang, kalian bisa naik transportasi apapun untuk menuju kesini. Kendaraan pribadi ataupun transportasi umum juga bisa kalian temukan disini. Untuk kalian yang dari luar kota, kalian bisa pergi ke Semarang dengan menggunakan bus, pesawat ataupun kereta api. 

Rutenya, kalau kalian dari Simpang Lima Semarang, kalian hanya perlu mengambil arah melewati Jalan Pahlawan menuju perempatan Polda Jawa Tengah. Lalu melewati Jalan Veteran menuju RSUP Dr Kariadi, lalu belok kiri. Nah, Klenteng Sam Poo Kong berada tepat di sebelah kiri jalan setelah jembatan.




What to Do

Sesampainya disana, saya harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Cukup murah kok guys, untuk hari libur 8 ribu aja per orang, kalo hari biasa cuma 5 ribu aja per orang. Kalau mau masuk ke area sembahyang, dikenakan tiket lagi guys yaitu sebesar 20 ribu per orang. 

Saya mau cerita sedikit nih, mungkin beberapa dari kalian ada yang belum familiar sama bangunan klenteng ini. Jadi, Sam Poo Kong merupakan sebuah bangunan klenteng yang berfungsi sebagai tempat ibadah masyarakat China, maka dari itu bangunan ini didominasi warna merah dan kuning khas negeri tirai bambu tersebut. Selain menjadi tempat ibadah, klenteng ini juga menjadi salah satu objek wisata kota Semarang yang wajib banget untuk dikunjungi, terutama di kalangan anak muda. Tak hanya wisatawan dari kota Semarang, tapi juga dari luar kota Semarang. 

Klenteng Sam Poo Kong ini merupakan bangunan peninggalan Laksamana Cheng Ho yang merupakan seorang Laksamana Muslim yang berasal dari Tiongkok. Kalian bisa melihat patungnya saat memasuki kawasan klenteng. Bangunan inti dari klenteng ini adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas dari Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika pertama mengunjungi Pulau Jawa di tahun 1400an. Selain goa tersebut, terdapat beberapa bangunan lain yang cukup menarik untuk ditelusuri, seperti Klenteng Thao TeeKong, Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi, Kyai dan Nyai Tumpeng. 

Klenteng Sam Poo Kong ini bangunan yang memiliki fungsi utama untuk sembahyang agama Buddha, jadi tidak semua orang diperbolehkan memasuki setiap ruangan, tapi kita masih bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan klenteng dari luarnya.

Klenteng Sam Poo Kong ini cocok banget buat lokasi foto-foto buat kalian yang suka banget sama fotografi karena bangunan-bangunan di kawasan ini terlihat unik dengan ciri khas bangunan Tiongkok. Jadi tidak perlu jauh-jauh pergi kesana untuk melihat bangunan seperti ini. Ohya, disini pengunjung juga bisa menyewa baju khas Tiongkok yang bisa digunakan untuk berfoto. Hanya bayar sekitar 100 ribu saja, kita bisa berfoto ala ala kaisar Tiongkok. Biaya sewa tersebut sudah termasuk fotografernya lho, jadi tidak perlu khawatir hasil fotonya bakal jelek.

Tips and Trick

Buat kalian yang mau dateng ke klenteng ini, klenteng ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 21.00. Jangan lupa untuk membawa kamera ya guys. Ohya, karena ini merupakan tempat ibadah, mohon untuk menggunakan pakaian yang sopan dan jangan merusak apapun. Jangan lupa jaga kebersihannya juga ya.

Video by PAUL SHADY

Gallery (5)

Comments (4)