278 views | 3 Likes

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK): Wisata Iconic Pulau Dewata yang Melegenda

4 star (from 3 people)
Badung, Bali, Indonesia
Category: Culture & Art

Posted on 02 August 2018, 11:18:27
clarissaputri
Sightseeing

Setelah sampai disana dan memarkir kendaraan, aku pun langsung membeli tiket sebesar 80 ribu untuk wisatawan lokal dewasa dan 60 ribu untuk wisatawan...

How to Get There

Hello fellas, udah lumayan lama ngga ngereview tempat-tempat keren lagi karena juga udah lumayan lama ngga jalan-jalan. Huhuhu.. Anyway, I’m staying at Bali now. Meskipun gitu, ngga bisa sering-sering pergi liburan juga karena kerjaan yang lumayan banyak dan ngga ada waktu buat explore Pulau Dewata ini. 

Kemarin, aku ada sedikit free time buat sekedar jalan-jalan cari angin dan mengunjungi salah satu wisata Bali yang ikonik dan udah lama ada tapi akhir-akhir ini menjadi perbincangan karena proses pembangunannya telah selesai. Wisata Tersebut adalah Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau yang biasa disingkat GWK. 

GWK Cultural Park berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Kalo kalian dari luar kota, wisata ini bisa ditempuh sekitar 15 - 20 menit dari bandara Ngurah Rai. Banyak banget transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke GWK, mulai dari kendaraan umum juga taksi hingga ojek. 

What to Do

Setelah sampai disana dan memarkir kendaraan, aku pun langsung membeli tiket sebesar 80 ribu untuk wisatawan lokal dewasa dan 60 ribu untuk wisatawan lokal anak-anak. Kalo untuk wisatawan asing, harga tiketnya lebih mahal yaitu 125 ribu untuk dewasa dan 100 ribu untuk anak-anak. Ohya, GWK Cultural Park ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 22.00 WITA dan aku saranin buat kalian dateng agak pagian agar tidak terlalu ramai.

Sedikit cerita nih guys, kenapa wisata ini akhir-akhir ini jadi hype banget dan diperbincangkan banyak orang. Sebelumnya, patung ini terbagi dan terpisah menjadi beberapa potong yang disimpan di lokasi yang berbeda. Namun, sekarang bagian-bagian tersebut satu per satu sudah dipasang dan dirangkai untuk menjadi satu kesatuan. Membangunnya pun butuh waktu yang cukup panjang, yaitu 28 tahun terhitung sejak masa perencanaan dan perancangan. Mulai dari era Presiden Soeharto hingga Presiden Joko Widodo.

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan perwujudan Dewa Wisnu yang sedang menunggang burung Garuda. Proses pembuatannya pun dibuat oleh seniman asal Bali yang cukup terkenal, yaitu I Nyoman Nuarta. Kabarnya, setelah patung ini selesai pembangunannya akan diklaim menjadi patung terbesar di dunia yang mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Kabarnya sih, baru akan diresmikan pada tanggal 4 Agustus mendatang dengan menampilkan cultural performances.

GWK Cultural Park memang keren banget buat dijadikan tempat foto-foto karena pemandangannya lumayan keren dan areanya lumayan luas, apalagi setelah patungnya jadi. Siapa yang ngga pengen foto di depan patung terbesar di dunia?

Selain patung, kegiatan lain yang bisa dilakukan disini adalah menonton pameran budaya atau atraksi hiburan. Sesuai dengan namanya, GWK Cultural Park, tempat ini kerap digunakan sebagai tempat dimana pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan seni khas Bali, seperti Tari Kecak dan Tari Barong. 

Selain wisata budaya, pengunjung yang suka memacu adrenalin bisa memacu adrenalin disini dengan mencoba beberapa aktivitas outdoor. Datanglah ke Lotus Pond dimana kalian bisa mencoba flying fox, marine bridge hingga ATV. Marine Bridge disini adalah berjalan diatas ketinggian. Kemarin aku sempet mencobanya dan lumayan ngeri. Sayangnya aku ngga sempet foto-foto diatas karena NGERI BANGET! Oiya, menikmati permainan tersebut diluar biaya tiket masuk ya, jadi kalian harus bayar lagi sekitar 50 ribu.

Ohya, berikut juga aku udah tulisin jadwal pertunjukan seni yang bisa kalian nikmati secara GRATIS disini. So, jangan sampai kelewatan ya.

Daily Event Schedule in GWK 2018

Time: 10.00 - 10.40 WITA (Tari Barong & Keris) - Location: Amphitheatre

Time: 11.10 - 11.50 WITA (Pementasan Tari Bali) - Location: Amphitheatre

Time: 11.00 - 15.00 WITA (Instrument Rindik) - Location: Jendela Bali

Time: 12.10 - 12.50 WITA (Pementasan Tari Bali) - Location: Amphitheatre

Time: 13.10 - 13.50 WITA (Ballet Garuda Wisnu) - Location: Amphitheatre

Time: 14.00 - 14.40 WITA (Pementasan Tari Bali Barong, Kera, Rangda) - Location: Amphitheatre

Time: 15.00 - 15.40 WITA (Pementasan Tari Bali) - Location: Amphitheatre

Time: 16.10 - 17.20 WITA (Parade Budaya Bali) - Location: Street Theatre, Plaza Wisnu, Lotus Pond

Time: 17.30 - 18.30 (Tari Joged Bumbung) - Location: Street Theatre

Time: 18.00 - 18.20 WITA (Parade Penari Kecak) - Location: Street Theatre, Plaza Wisnu, Lotus Pond

Time: 18.30 - 19.15 WITA (Pementasan Tari Kecak) - Location: Amphitheatre

Time: 19.00 - 21.00 WITA (Pementasan Musik Akustik) - Location: Jendela Bali

Tips and Trick

  • Bawa kamera.
  • Untuk menghindari parkiran yang penuh, gunakan kendaraan umum.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Video by Welcome to Bali

Gallery (7)

Comments (5)