514 views | 5 Likes

Ragunan Zoo: Wisata Seru Di Hari Sabtu Kelabu

4 star (from 5 people)
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia
Category: Zoo

Posted on 01 August 2018, 14:14:26
stella
Sightseeing

Wisata yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung saat hari libur dan inilah keseruan aku di Rangunan Zoo!

How to Get There

Throwback ke bulan lalu waktu gue lagi libur weekend dan bingung mau kemana. Kebetulan ngga ada bujet buat pergi jauh-jauh juga dan waktunya juga ngga terlalu banyak, akhirnya gue mutusin buat pergi ke kebun binatang satu-satunya di Jakarta, yaitu Ragunan. Agak silly sih, soalnya selama gue tinggal di Jakarta, baru sekali aja gue main ke Ragunan itupun jaman gue karya wisata pas kelas 3 SD. Setelah itu, sampe segede ini gue belum pernah main kesana lagi.

Akhirnya, gue putusin buat jalan-jalan kesana bareng sepupu gue yang bernama Imelda dan anaknya yang masih balita bernama Agung. Waktu itu hari Sabtu dan sepupu gue kebetulan lagi libur kerja jadinya kita pergi berdua aja dengan mobil sepupu gue tapi gue yang nyetirin. Sebenernya, ada banyak banget transportasi umum tapi karena gue bareng sepupu yang bawa balita, jadi enaknya bawa mobil. 

Kebun binatang ini biasanya rame banget kalo pas lagi tanggal liburan, tapi kerena ini bukan hari liburan panjang, pengunjungnya ngga terlalu ramai. Gue saranin sih, kalo kalian dateng kesini pas liburan panjang mending jangan bawa mobil karena bakal susah banget cari tempat parkirnya. Transportasi paling enak buat kesini adalah TransJakarta. Kenapa? Karena murah banget dan cukup aman. 

Pilih TransJakarta koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas yang halte pemberhentiannya ada pas di depan Kebun Binatang Ragunan. Harga tiket busnya murah banget guys, cuma Rp 3.500 aja per orang. Atau kalo kalian ngga pengen nain TransJakarta, kalian juga bisa naik Commuter Line lalu turun di Stasiun Pasar Minggu. Lanjut naik angkot KWK S15A sampai depan Ragunan atau naik ojek juga bisa. Murah banget dan ngga pake ribet cari parkir.

What to Do

Sesampainya disana, kita beli karcis dulu dan disini agak kaget gue karena harga tiketnya murah banget, cuma Rp 4.000 per orang dewasa dan Rp 3.000 per anak. Ini beneran wisata edukasi yang bisa dijangkau sama semua kalangan deh. Oiya, sekarang Ragunan udah menerapkan cara pembayaran baru, yaitu menggunakan JakCard yang dikeluarkan oleh Bank DKI. Jadi, pengunjung ngga perlu lagi karcis buat tanda masuk Kebun Binatang Ragunan. 

Buat kalian yang belom punya, kalian bisa beli kartu ini di loket masuk Ragunan dengan harga Rp 30.000 yang sudah termasuk saldo Rp 20.000 dan biaya kartu Rp 10.000. Jadi, satu kartu aja udah bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus selama saldonya masih ada. Jadi kalo sisa banyak, kalian bisa pake buat naik TransJakarta ataupun jalan-jalan ke Monas.

Memasuki area kebun binatang yang sangat luas, kita harus jalan kaki. Jalanannya cukup menyenangkan kok guys, ngga panas-panas banget karena banyak pepohonan dan area rerumputan. Jalanannya pun sudah diberi paving jadi nyaman banget buat kursi roda ataupun stroller bayi. Terlebih, kebun ini sudah dilengkapi papan petunjuk arah jadi dijamin ngga bingung kalo mau berkeliling dan ngga takut nyasar. 

Kalo kalian capek buat jalan di area seluas 140 hektar ini, ngga usah khawatir karena ada persewaan sepeda yang bisa kalian gunakan sendiri ataupun berdua. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 - Rp 15.000 per jamnya. Selain sepeda, ada juga kereta wisata yang bisa digunakan rame-rame bareng keluarga dengan harga Rp 7.500. Kereta ini akan mengantarkan pengunjung berkeliling kebun binatang dan berhenti sejenak di kandang-kandang tertentu.

Ngomongin soal binatang, Kebun Binatang Ragunan ini memili banyak binatang yang hidup didalamnya. Terhitung sekitar 3.122 hewan hidup didalamnya. Mulai dari beruang, harimau, gorila, orang utan, buaya, komodo, kura-kura, elang, merak, pelikan dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, disini kalian juga bisa nonton berbagai pertunjukan hewan yang biasanya dimulai pada jam-jam tertentu. 

Ragunan juga memiliki berbagai fasilitas menarik untuk berwisata bareng keluarga. Salah satunya adalah taman perahu angsa, kuda bendi, kuda tunggang dan masih banyak lainnya. Fevorit gue adalah Taman Refleksi dimana gue bisa santai sambil merefleksikan kaki gue diatas batu. Taman ini dibuat memang sebagai area refleksi. Tempat ini juga cukup keren kalo dibuat foto-foto karena berada di tengah kolam, patung komodo dan terdapat ikon orang utan yang besar.

Yuk segera jadwalkan perjalanan menjelajah Kebun Binatang Ragunan ini.

Video by Felo Felicia

Tips and Trick

  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen.
  • Download applikasi Ragunan Zoo untuk mengetahui jadwal pertunjukan satwanya.
  • Bawa tikar dan perbekalan untuk berpiknik ria disini.
  • Jangan sakiti binatang ayang ada disini.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (11)

Comments (5)