531 views | 3 Likes

Menjelajah Hutan Terangker Di Bandung. Beneran ada Hantunya?

4 star (from 3 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 27 July 2018, 11:35:06
tiffany
Tourist

Sebenernya ini baru pertama kalinya aku kesini karena orang tua aku dulu sering cerita kalo hutan ini tuh angker, makanya aku ngga pernah berani buat...

How to Get There

Sabtu lalu, sempet gabut karena kuliah lagi libur dan pas lagi ngga terlalu banyak tugas. Pengen banget jalan-jalan nikmati suasana Kota Bandung yang lagi cerah, karena sekarang lagi musim panas. Biasanya kalo lagi musim hujan Bandung ya hujan terus dan akhirnya aku mager males kemana-mana. Hahaha.

Anyway, di hari Sabtu yang cerah lalu, aku memutuskan untuk pergi jalan-jalan ke salah satu hutan di kota kembang ini. Hutan ini dikenal angker dan mistis gitu lho guys. Mungkin kalian yang orang Bandung udah familiar banget sama hutan ini. Yup, Hutan Babakan Siliwangi atau biasa disingkat jadi Baksil. 

Babakan Siliwangi berada di Jalan Tamansari No 73, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Gampang banget sih buat kesananya, kalian bisa naik transportasi pribadi ataupun angkot. Karena udah banyak angkot yang lewat sini. Atau kalian juga bisa naik ojek online karena tempat ini udah ada di peta. Ngga susah juga buat carinya karena kawasan hutan ini deket sama Sasana Budaya Ganesha (Sabuga).

What to Do

Sebenernya ini baru pertama kalinya aku kesini karena orang tua aku dulu sering cerita kalo hutan ini tuh angker, makanya aku ngga pernah berani buat masuk kesana. Kalo sekarang, apa masih angker? 

Pas udah sampe sana, aku masuk lewat gerbang utama yang ada di Jalan Siliwangi, di seberang tembok yang banyak muralnya. Lalu disambutlah aku dengan forest walk yang didominasi warna hijau. Seger banget rasanya mata ini lihat yang hijau-hijau. Ohya, untuk masuk ke hutan Babakan Siliwangi ini dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3000 aja guys. Cukup terjangkau sih untuk semua warga kota Bandung.

Ohya, sedikit cerita. Kabarnya di kawasan sini dulu ada sebuah pohon yang dikenal sebagai pohon boneka. Aku sih ngga tau persisnya ada disebelah mana karena pas kemarin kesana, aku ngga ngelihat. Nah, pohon itu guys yang katanya horor jadi bikin kawasan ini dikenal serem deh. Konon, dulunya ada anak kecil yang membawa boneka meninggal karena kecelakaan di Jalan Siliwangi. Boneka tersebut tidak pernah ditemukan hingga saat ini dan kabarnya boneka tersebut ada disalah satu pohon dimana sering terlihat penampakan sesosok penampakan anak kecil yang sedang menangis. Hiiiii.........

source: https://jadiberita.com

Namun, sepertinya kondisi tersebut perlahan menghilang karena kawasan Babakan Siliwangi kini telah disulap menjadi Hutan Kota atau Ruang Terbuka Hijau yang memiliki daya tarik tersendiri tak hanya bagi warga kota Bandung namun juga wisatawan dari luar kota Bandung.

Babakan Siliwangi berada di area seluas kurang lebih 3.8 hektar dimana didalamnya merupakan habitat hidup berbagai satwa yang melengkapi ekosistem yang ada. Kawasan ini merupakan kawasan lembah yang dibentuk Sungai Cikapundung sejak puluhan ribu tahun lalu. Untuk menjelajahinya, telah disediakan Forest Walk yang merupakan sebuah fasilitas untuk para pejalan kaki agar bisa menikmati hijaunya pemandangan hutan ini.

Forest Walk ini membentang sepanjang 2 kilometer yang membentang diantara taman Teras Cikapundung menuju Sabuga. Menurut kabar, Forest Walk ini diklaim sebagai salah satu forest walk terpanjang di ASEAN lho. Keren banget kan? 

Dengan berjalan kaki diatas Forest Walk ini, pengunjung bisa berkeliling sambil menikmati kesejukan udara khas Bandung di hutan ini. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhi indahnya kicauan burung dan melihat beberapa ekor tupai yang melintas di area ini. Indahnya hutan Babakan Siliwangi ini bakalan sayang banget kalo ngga diabadikan. Pemandangannya yang keren, bisa menjadi spot foto yang menarik untuk instagram kalian. So, buat kalian yang gemar foto-foto jangan lupakan untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi saat hari Sabtu dan Minggu karena banyak sekali pengunjung yang melakukan Jogging sambil menikmati hijaunya alam sekitar. Atau kalo kalian pas lagi beruntung, kalian bisa menyaksikan beberapa kegiatan kesenian yang kebetulan lagi digelar. Komplit banget ya hutan kota ini?

Jadi, Kapan kalian main ke Bandung?

Tips and Trick

Buat kalian yang pengen dateng ke Babakan Siliwangi, hutan ini terbuka sepanjang hari dan selama 24 jam nonstop. Kalian bisa dateng kapanpun yang kalian mau. Malem juga bisa, kali aja mau wisata horor sambil uji nyali. Hehehe.. Kalo kesini juga, jangan lupa buat bawa kamera untuk foto-foto. Siapkan tenaga juga untuk jalan kaki di Forest Walk ini, karena kalo ngga biasa olahraga biasanya akan terasa capek tapi fun kok guys. Jaga kebersihan juga yaa selama kalian berada di kawasan ini. 

Video by Sind3ntosca

Gallery (7)

Comments (8)