215 views | 2 Likes

Pantai Umbul waru yang eksotis

4 star (from 2 people)
Blitar, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 26 July 2018, 12:53:15

Kota blitar atau bisa disebut juga sebagai kota proklamator memang sangat tersohor dan terkenal akan sejarah sang proklamator, namun kota blitar juga memiliki daya tarik alam yang kini kian terekspose akan keindahannya ni guys. Dan salah satunya terleta

How to Get There

Dimana letak air terjun umbul waru ???

Secara administratif air terjun umbul waru ini terletak di desa sidomulyo , kecamatan bakung kabupaten blitar. Berjarak sekitar 36 km dari pusat kota blitar dan dapat di tempuh selama 1.5 jam perjalalan untuk sampai di pantai tersebut. Air terjun umbul waru ini memang memiliki panorama alam yang sangat eksotis , namun masih tergolong sepi akan pengunjung , mungkin hal ini karena akses untuk menuju ke air terjun umbul waru ini tergolong sangat sulit untuk di lalui. Terlebih lagi masih minim papan petunjuknya ni guys , kalian harus sering bertanya kepada warga lokal jika tak ingin tersesaat disini.

bagaimana cara untuk bisa sampai di air tejrun umbul waru ?

Rute dari kota Blitar ikuti petunjuk ke kademangan hingga  sampai di pertigaan jembatan Kademangan belok kiri mengikuti petunjuk ke Tambakrejo. Sekitar 10 meter anda akan bertemu perempatan Gawang (jika lurus ke selatan ke pantai tambak) belok kanan mengikuti petunjuk ke jalan Trisula, sekitar 3 km anda akan beretemu dengan pertigaan, belok kiri mengikuti petunjuk ke wisata air terjun Tirtogaluh guys. Nah setelah itu ikuti jalan beraspal tersebut  sampai di pertigaan terakhir lalu belok kiri mengikuti petunjuk ke pantai Pangi. Lalu ikuti arah ke Desa Sidomulyo dan setelah sampai di Kantor desa Sidomulyo dari sini belok kanan lalu ikuti papan petunjuk air terjun umbul waru yang sudah dipasang dari kantor Desa Sidomulyo ni guys. Nah jika anda ragu jangan segan untuk tanya kepada warga lokal ni guys. Namun perjalanan setelah desa terakhir ni guys,  kalian akan di uji dengan jalan yang lumayan menantang , anda akan melewati beberapa bukit yang memiliki jalan selebar 1 meter dan hanya bisa di lalui dengan motor saja selama 3 km. Jalan bebatuan naik turun bukit kecil serta panas dan teriknya matahari akan senantiasa menemami perjalanan kalian sampai di pantai umbul waru ni guys .

 

What to Do

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini ???

Nah setelah 1 jam lamanya melewati jalan yang lumayan  menantang ni guys, kita akan sampai di sebuah gubuk kecil dan disitu terdapat lahan besar yang biasanya di gunakan untuk memarkirkan motor. Namun saat saya sampai disana sangat sepi dan tak ada seorangpun yang berjaga disana. Memang pantai tergolong sepi akan pengunjung sehingga tidak ada yang menjaga lahan parkir ataupun tiket masuknya dan bisa tergolong gratis ni guys. Nah setelah memarkirkan motor saya melanjutkan perjalanan tracking yang tak jauh untuk sampai di aliran sungai air terjun umbul waru melalui jalan setapak kecil hingga sampai di aliran sungai. Nah pastinya disini anda akan di sambut dengan sebuah sungai yang sangat jernih nan asri dengan dikelilingi oleh pepohonan khas pantai disekililingnya membuat suasana adem dan nyaman. Hembusan angin akan menyambut kita di atas air terjun umbul waru ini guys apalagi view pantai selatan yang langsung menyambut kita disini dnegan deburan ombak khasnya membuat rasa lelah kita selama perjalanan ke sini hilang seketika. Oh ya ni guys tapi kita harus selalu waspada dan berhati-hati guys saat berada di atas air terjun umbul waru ini , karena mengingat letaknya yang sangat curam dan langsung ke laut lepas serta banyak terdapat batu karang besar di bawahnya. Di atas air terjun terdapat sebuah kolam kecil yang selebar 3 meter dengan kedalaman 2 meter , sehingga bisa kita gunakan untuk santai sambil bermain air disini. Menikmati suasana yang sangat tenang di atas laybag atau kasur angin sambil menikmati view pantai selatan di atas ketinggian 30 meter dengan hembusan sepoi-sepoi akan membuat perasaan menjadi nyaman. Atau hanya bersantai di sekitar kolam tersebut sambil berenang di sini akan membuat lelah akibat panasnya perjalanan tadi menjadi hilang seketika saat menikmati sejuknya air disini.

Oh ya ni guys setelah puas menikmati segarnya air di kolam umbul waru ini , kali ini saya akan menuju ke dasar untuk bisa menikmati view langsung air terjun umbul waru ni guys. Jalan untuk menuju ke bawah sudah enak ni gus terdapat sebuah jalan setapak kecil serta ada tali pengaman saat kita menuruni sebuah bukit untuk sampai di dasar. Setelah 10 menit tracking ke bawah , pertama kita akan di sambut oleh hamparan pasir coklat yang sangat luas dengan deburan ombak khas pantai selatan yang saling berkejaran menuju ke bibir pantai. Namun sayang ni guys karena ombak yang sangat besar dan tak kunjung surut, saya tidak bisa menuju serta menikmati air terjun umbul waru ini secara langsung di bawahnya. Saya hanya bisa memandangnya dari jarak 50 meter dipinggir pantai sambil menikmati hembusan air laut yang terhempas di pinggiran pantai. Meskipun begitu menikmati dari jarak jauh saya sangatlah bersyukur ni guys , karena disini saya di suguhkan air terjun yang jatuh ke laut lepas dengan bebatuan kars yang menjadi didnding utamanya membuat tempat ini semakin eksotis untuk di nikmati ni guys.

Tips and Trick

Tips dan Trik saat berkunjung ke air terjun umbul waru :

  • Bawalah makan dan minuman mengingat disini tidak ada warung yang berjualan
  • Pakailah sandal anti selip yang nyaman  karena jalan bebatuan saat menuruni ke dasar bukit
  • Persiapkan stamina motor kalian guys  mengingat jalan yang sangat menantang disini
  • Sering bertanya kepada warga lokal jika tak ingin tersesat disini
  • Jika ingin menikamti air terjun datanglah siang hari saat air laut mulai surut
  • Selalu waspada terhadap ombak laut selatan ni guys yang tergolong besar
  • Jangalah merusak dan menodai sedikitpun tempat ini guys karena sangat alami
  • Bawalah peralatan mandi sendiri karena disini tidak ada kamar mandi umum

Gallery (8)

Comments (4)