394 views | 4 Likes

Pantai Ter-Viral! Selain Goyangan, Ternyata Karawang Juga Punya Pantai Keren

4 star (from 4 people)
Karawang, Jawa Barat, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 26 July 2018, 11:09:14
Leah
Sightseeing

Akhirnya, setelah 2 jam berkendara aku sampai juga di pantai ini. Kunjunganku kali ini ngga sendirian, tapi ditemenin sama salah satu temen kantor...

How to Get There

Halo teman-teman, udah lama nih ngga sharing cerita jalan-jalan setelah sekian lama ngga jalan-jalan lagi. Aku sempet sibuk kemarennya karena beberapa bulan ditugaskan di kantor cabang yang ada di Karawang. Selama disana, aku ngga sempet buat liburan karena beberapa pekerjaan yang ngga bisa ditinggal, meskipun weekend. (Jadi curhat?)

Anyway, intinya selama di Karawang aku ngga pernah lagi jalan-jalan, cuma pas beberapa minggu terakhir sebelum kembali ke Jakarta, aku sempet datang ke salah satu pantai keren di kota ini, yaitu Pantai Sedari. Pantai ini berada di Sedari, Cibuaya, Kabupaten Karawang, jaranya kurang lebih 54 km dari pusat Kota Karawang. 

Pas minggu terakhir sebelum aku kembali ke Jakarta dan weekend itu kerjaanku lagi longgar, aku berkendara ke pantai tersebut. Butuh waktu sekitar 2 jam dan aku saranin kalian buat bawa kendaraan pribadi aja. 

Rutenya ngga susah kok, dari Karawang kita ambil jalur menuju ke arah Rengasdengklok kemudian melewati jalan Tugu Proklamasi yang juga ada di Rengasdengklok. Dari jalan Tugu Proklamasi ini, terus menuju jalan Perintis kemerdekaan. Lalu kita menuju jalan Kalijaya sampai ke Jalan Raya Medangasem. Dilanjutkan menuju Jalan Pulau Putri hingga sampai ke Jalan Raya Bolang dan lurus terus hingga sampai ke Wisata Pantai Sedari Karawang.

What to Do

Akhirnya, setelah 2 jam berkendara aku sampai juga di pantai ini. Kunjunganku kali ini ngga sendirian, tapi ditemenin sama salah satu temen kantor yang rumahnya asli Karawang, disini dia sebagai penunjuk arah menuju pantai ini karena katanya pantai ini menjadi favoritnya waktu liburan tiba. Setelah sampai disana, tiket masuk yang dikenakan ternyata ngga perorangan tapi per kendaraan. Karena waktu itu aku bawa mobil, jadi tiketnya kena Rp 20.000, tapi kalo kalian misalnya naik motor, tiketnya bisa lebih murah yaitu Rp 10.000.

Sebelum dikembangkan jadi objek wisata, lokasi Pantai Sedari ini cukup susah untuk dijangkau. Bahkan dulunya warga setempat harus menggunakan perahu untuk mobilisasinya. Untungnya, saat ini pemerintah setempat telah membenahi kawasan wisata ini dengan membangun jalur darat yang aksesnya mempermudah pengunjung untuk menuju pantai ini.

Karena aksesnya yang telah dipermudah saat ini, maka semakin banyak pula wisatawan yang ingin mengunjungi pantai indah ini. Pantai Sedari memiliki karakter yang serupa dengan pantai-pantai yang ada di kawasan utara Pulau Jawa, yaitu ombak yang landai dan relatif tenang sehingga pantai ini aman dan nyaman untuk dikunjungi. Ngga heran yaa, pas weekend kemarin banyak banget wisatawan yang berkunjung dan rata-rata mereka ada keluarga.

Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah adanya hutan bakau atau biasa dikenal sebagai Mangrove. Hutan bakau ini memiliki peran untuk menjaga pantai agar tidak terkenal abrasi. Selain itu, hutan bakau ini juga menjadikan pemandangan pantai jadi lebih menarik. Terlebih karena adanya beragam satwa khas hutan bakau yang akan membuat pemandangan pantai ini menjadi lebih semarak.

Banyak sekali aktivitas yang bisa kalian lakukan di pantai ini selain bermain air, kalian juga bisa menyewa kapal untuk mengelilingi sungai yang ada di kawasan ini. Kemarin aku juga sempet jalan-jalan berkeliling dengan menggunakan perahu yang merupakan dulunya menjadi transportasi andalan penduduk setempat. Pemandangannya cukup keren lho ternyata. Kita jadi bisa berkeliling kawasan mangrove ini dan kalo beruntung kalian bisa melihat beberapa satwa yang sedang melintas.

Fasilitas disini pun ngga terlalu lengkap karena memang pantai ini masih dalam tahap pengembangan oleh pemerintah setempat. Tapi, pantai ini lumayan asik untuk dikunjungi buat kalian yang lagi ada di daerah Karawang. 

Tips and Trick

Tertarik untuk datang ke pantai ini? Simak tipsnya berikut ya:

  • Bawa kamera.
  • Gunakan sunblock, topi dan kacamata hitam.
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi kalo pengen bermain air.
  • Jaga kebersihan.

Video by Andre Studio

Gallery (8)

Comments (5)