168 views | 2 Likes

Explore Lombok Barat. Ada Pantai apa aja yang Keren?

4 star (from 2 people)
Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 24 July 2018, 10:59:12

Di review yang sebelumnya, gue udah share pengalaman gue pas jalan-jalan ke beberapa pantai di Lombok Barat, antara lain Pantai Nambung dan Pantai...

How to Get There

Masih seputaran tentang liburan gue di pulau cantik nan menawan nih guys. Lombok emang bikin gue atau siapapun terpesona dan selalu bikin pengen balik lagi dan lagi. As I said before, selama di Lombok gue main ke pantai terus. Ngga ada hari dimana gue ngga pergi ke pantai, entah itu hari gue awalin dengan belanja dulu, ujung-ujungnya juga gue tetep berkunjung ke pantai di sore harinya buat liatin sunset.

So, gue mau ngerangkumin pantai-pantai apa aja yang bangus banget menurut gue di Lombok bagian barat. Pantai-pantai ini udah pernah gue kunjungi kemarin dan itu keren semua, guys. Kenapa Lombok barat? Karena menurut gue daerah ini yang paling deket dari pusat kota Mataram dan akses menuju kesananya ngga susah. Kalo kalian dari luar kota dan naik pesawat, dari bandara ada banyak banget taxi ataupun transportasi umum lainnya buat kesana. Tapi, kalo kalian perginya rame-rame, gue saranin kalian buat sewa mobil atau motor aja. Biar lebih ngirit.

What to Do

Di review yang sebelumnya, gue udah share pengalaman gue pas jalan-jalan ke beberapa pantai di Lombok Barat, antara lain Pantai Nambung dan Pantai Batu Bolong. Nah, pantai lain yang mau gue bahas ada beberapa, antara lain:

1.Pantai Senggigi

Pantai ini memang yang terpopuler dari semua pantai. Pasalnya, pantai ini cukup dekat dari pusat kota, yaitu hanya butuh 30 menit saja. Pantai ini berada di Kecamatan Sekatong, Lombok Barat, ngga jauh dari Pantai Batu Bolong. Untuk masuk ke pantai ini, ngga dikenakan biaya tiket masuk, cukup bayar parkir sebesar Rp 5000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Hingga saat ini, Pantai Senggigi masih terjaga kebersihannya dengan air laut yang jernih dan pasirnya yang berwarna putih. Ngga heran, banyak banget wisatawan yang suka banget pergi kesini.

Aktivitas yang bisa kita lakukan di pantain ini ada banyak banget, seperti snorkeling, surfing, jogging ataupun cuma duduk santai sambil menikmati senja. Keindahan bawah laut Pantai Senggigi memang ngga diragukan lagi guys, terumbu karangnya masih bagus dan sehat terawat. Ngga heran banyak banget ikan warna-warni yang berenang bebas disekitar terumbu karang. Pantai ini juga ada jogging track nya, jadi kalo kalian suka banget olahraga, bisa banget buat lari-lari kecil sambil menikmati indahnya pantai ini. Jangan lupa buat bawa sepatu olahraga ya.

2.Pantai Sekotong

Next, ada Pantai Sekotong. Pantai ini juga ada di Lombok barat dan yang paling keren sih menurut gue, pasalnya pantai ini masih asri dan alami. Jaraknya dari pusat kota Mataram sekitar 60 kilometer dan ada banyak angkutan umum yang bisa digunakan untuk menuju kesana. Pantai ini dikelilingi kawasan perbukitan yang melingkar tak jauh dari pinggir pantai. Air lautnya berwarna biru jernih dan pasir pantainya berwarna putih. 

Pantai Sekotong ini masih asli, bebas polusi dan ngga banyak didatengin orang. Disini, pengunjung selain bisa menikmati keindahan pantainya yang indah dan snorkeling, juga bisa menikmati pemandangan dari atas bukit. Kalian bisa banget mendaki bukit-bukit tersebut dan dari atas sana bisa melihat pemandangan yang super keren, seperti Gunung Agung Bali dan beberapa pulai kecil seperti Gili Layar, Gili Lontar, Gili Bedis dan masih banyak lagi. Istimewanya lagi, pantai ini ngga dikenakan biaya masuk alias gratis. Kalian bisa kesini kapanpun kalian mau.

3.Gili Nanggu

Pantai terakhir yang gue datengin di Lombok Barat adalah Gili Nanggu yang masih satu daerah dengan Pantai Sekotong. Pulau ini merupakan pulau kecil yang berada di barat daya Lombok dan lagi-lagi ngga ada biaya tiket masuk menuju pantai ini. Pulau ini jaraknya sekitar 25 kilometer dari Kota Mataram dan buat nyebrangnya, kalian butuh sewa perahu seharian. Biaya buat sewa perahunya lumayan murah guys, cuma Rp. 500.000 per perahu dan bisa diisi 10 orang. Jadi per orangnya Rp 50.000 aja.

Banyak aktivitas yang bisa dilakuin di pulau ini, salah satunya adalah snorkeling. Gue emang khusus kesini buat snorkeling dan menikmati alam bawah laut di pulau ini. Selain snorkeling, kegiatan lain yang bisa kalian lakuin disini adalah Kayaking, memancing, camping dan diving. Atau kalo kalian mager banget, kalin bisa santai-santai aja di tepi pantai sambil menikmati ikan bakar yang sangat lezat.

Video by Agus Sanjaya

Tips and Trick

Sebenernya ada banyak banget pantai di Lombok barat ini, tapi sayangnya karena keterbatasan waktu, gue jadi ngga bisa explore semuanya. Mungkin next holiday, gue bakal kesini lagi dan explore pantai mana aja yang belom pernah gue kunjungi. Anyway, gue ada tips nih buat kalian yang pengen explore pantai-pantai kece di Lombok barat:

  • Gunakan kendaraan pribadi agar lebih hemat waktu dan biaya. Kalian bisa sewa di pusat kota Mataram.
  • Gunakan sunscreen agar kulit ngga belang.
  • Gunakan kacamata hitam dan topi.
  • Bawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Bawa kamera bawah air.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (8)

Comments (4)