158 views | 5 Likes

Tak Hanya Indah, Destinasi Di Lombok ini Juga Bersejarah

4 star (from 5 people)
Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 20 July 2018, 11:29:23
Emily
Sightseeing

Setelah sampe di Tanjung Ringgit, kita pun disambut dengan panorama yang sangat indah yang akan membuat siapapun jatuh cinta. Tebing di tanjung ini...

How to Get There

Hi guys, finally I can share this experience after very long time not write. Anyway, aku kemarin abis jalan-jalan ke Lombok. Lombok lagi hype banget akhir-akhir ini dan akhirnya aku mutusin buat jalan-jalan kesana. Jadi biar ngga jalan-jalan ke Luar negeri aja, sekali-sekali aku mau explore alam Indonesia. Aku berangkat bareng 3 orang temenku lainnya dari Jakarta kita naik pesawat ke Lombok. Ada banyak pilihan maskapai buat ke Lombok, kalian bisa cari jam yang sesuai dan harga yang murah pastinya.

Kita pun nginep di daerah sekitar kota Mataram dan ngga langsung jalan-jalan pada hari pertama karena kita sampe udah hampir sore. Jadi kita putusin buat istirahat dulu di hotel sambil searching rental mobil dan wisata apa yang bisa dikunjungi esok harinya. Kita mutusin buat rental mobil karena ini bakal memudahkan kita untuk jalan-jalan kemanapun yang kita mau. Lagipula, semua teman-temanku bisa menyetir, jadi bisa gantian.
 
Keesokannya setelah kita udah dapet sewaan mobil, kita akan menuju tujuan wisata yang pertama, yaitu Tanjung Ringgit yang terletak di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Berbekal Google Map, berangkatlah kita berempat ke wisata antimainstream di Lombok Timur ini. So, aku saranin kalian kalo mau kesini kudu wajib harus banget menggunakan kendaraan pribadi karena masih belum ada transportasi umum di daerah sini. Kalian bisa sewa kendaraan kayak aku gini, bisa mobil atau motor.

Rute menuju Tanjung Ringgit ini yaitu dari Kota Mataram - Praya - Jerowaru. Di jalur Praya - Jerowaru nanti akan melewati 2 pom bensin di sebelah kanan, sekitar 100 meter setelah pom bensin yang kedua, ada pertigaan Jerowaru dan belok kanan. Ikuti aja jalur ini sampai ketemu Pasar Jor Jerowaru, dari situ belok kanan sampai ketemu pertigaan lagi lalu belok kiri dan ikuti jalurnya smpai ketemu pertigaan yang memisahkan Tanjung Ringgit dan Pantai Surga, lurus terus sampe ada pertigaan lagi lalu belok kiri keluar dari jalan aspal. Setelah sampai di jalanan yang mulai rusak, ikuti saja sampai habis, kira-kira 15 km lah. Setelah melihat ada Mercusuar, tandanya sudah dekat dengan Tanjung Ringgit.

What to Do

Setelah sampe di Tanjung Ringgit, kita pun disambut dengan panorama yang sangat indah yang akan membuat siapapun jatuh cinta. Tebing di tanjung ini sangat curam, angin lautnya pun cukup kencang namun membuat tempat ini sangat eksotis. Tanjung ini berhadapat langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan Pulau Sumbawa di sebelah timur. 


Oh ya guys, ternyata dibalik indahnya panorama Tanjung Ringgit ini juga menyimpan sejarah yang cukup menarik untuk diketahui. Jadi, dulunya pas jaman penjajahan Jepang pas tahun 1940an, Tanjung Ringgit merupakan markas dan tempat pengintaian tentara Jepang terhadap musuh. Hal itu dibuktikan oleh adanya beberapa peninggalan Jepang di tempat ini, seperti meriam dan barak berupa goa untuk tempat pengintaian dan persembunyian. Meriam dan goa nya ada di sebelah utara Tanjung Ringgit. 



Lalu, hal apa sajakah yang bisa dilakukan disini? Well, tanjung ini sebagian besar berupa tebing curam dan anginnya lumayan kencang, jadinya kalo mau loncat dan berenang di laut kayaknya ngga terlalu recommended deh. Jadi, yang bisa kita lakuin kemarin cuma foto-foto dan piknik. Karena pas dalam perjalanan kesini tadi kita sempet mampir buat beli makanan, minuman dan camilan di McD.


Selain piknik, kalian juga bisa camping disini. Tapi fasilitas di tanjung ini cukup minim guys, jadi kalian harus bawa semua perlengkapan lengkap dan makanan yang banyak karena tidak ada warung disekitar sini. Anyway, keuntungan kalo kalian camping disini bisa lihat sunset dan sunrise. Terlebih lagi, spot ini keren banget buat fotografi. 


Bentuk tanjung ini berupa deretan tebing kars yang panjang berkelok-kelok serta warna laut Samudera Hindia yang eksotis akan membuat kalian ngga bosen mencari view bagus untuk foto-foto. 



Video by: Travelwan


Tips and Trick

Tertarik untuk berkunjung kesini? Aku punya beberapa tips nih buat kalian:
  • Jangan gunakan mobil jenis sedan, karena tidak ada bisa berjalan di jalanan tanjung ini yang penuh bebatuan.
  • Tidak dikenakan biaya masuk, tapi jika mau explore goa Jepang, maka akan dikenakan Rp 5000 per orang.
  • Bawa minum sebanyak-banyaknya karena disini tidak ada penjual.
  • Gunakan sunblock untuk mencegah kulit belang.
  • Bawa kamera.
  • Jaga kebersihan tempat ini.

Gallery (8)

Comments (10)