170 views | 4 Likes

Berselancar di Hawaiinya Indonesia

4 star (from 4 people)
Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 19 July 2018, 13:20:21

Hawainya Indonesia ini adalah surganya para peselancar, dan menjadi destinasi yang wajib di kunjungi saat berada di Lombok!

How to Get There

Hai guys, gue mau nulis cerita tentang perjalanan gue di Lombok lagi nih. Jangan bosen buat baca yes! Karena kemaren itu pas gue ke Lombok mostly destinasi wisata gue ya pantai, pantai dan pantai. Kalo ditanya bosen apa ngga? Jelas aja ngga soalnya gue adalah tipikal orang yang suka pantai dan segala kegiatan yang berhubungan dengan air atau laut or whatever you call it!


Next, setelah ada Pantai Tanjung Aan, Pura Batu Bolong, gue pergi ke salah satu pantai yang berada di Lombok Tengah, yaitu Pantai Selong Belanak. Gue udah cerita di review perjalanan gue sebelumnya kalo selama jalan-jalan ke Lombok ini gue sewa 1 mobil karena gue perginya beramai-ramai dan Pantai ini berada sekitar 50 km dari kota Mataram atau butuh sejam perjalanan dari pusat kota. Lumayan ngga jauh-jauh banget sih!


Pantai ini deket sama Bandara Internasional Lombok Praya, jadi kalo kalian naik pesawat ke Lombok, bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi pertama. Jadi pas abis landing, bisa langsung ke pantai ini dan butuh 30 menit saja. 


Untuk menuju pantai ini, sebenernya ada dua jalur. Jalur pertama, dari pusat kota Mataram ambil jalan menuju Bandara Internasional Lombok dan lurus terus hingga menemukan perempatan Masjid Jami. Lalu menuju selatan dan melewati Desa Bonde dan Desa Mangkung hingga tiba di Desa Selong Belanak.
 
Atau jalur kedua dari pusat kota Mataram menuju jalur Bandara hingga menemukan perempatan Penunjak. Ambil jalur kanan dan terus hingga menemukan pertigaan Masjid Nurul Huda Batuaji. Lalu belok kiri ke jalur panunjak hingga sampai ke pasar panunjak belok kanan. Setelah itu, lurus terus hingga menemukan gapuran masuk Desa Selong Belanak.
 
Jalur mana aja ngga masalah kok guys, karena semua jalanan cukup menyenangkan dan sudah beraspal yang mulus plus panorama alam Pulau Lombok yang super menawan. Ohya, kesini sudah sekali transportasi umumnya, baiknya kalian bawa kendaraan sendiri atau ikutan tour yang banyak ditawarkan di bandara.
 

What to Do

Setelah sampai disana, kita harus parkir mobil dengan tarif Rp 5000 per mobil dan tiket masuk sebesar Rp 2000 per orang. Murah banget kan ya? Tapi pas kita sampe sini tuh berasa kayak lagi di luar negeri karena mostly pengunjung pantai ini adalah wisatawan mancanegara. Banyak banget bule disini guys! Mungkin wisatawan lokalnya hanya beberapa saja, termasuk gue dan temen-temen gue.

Anyway, many things to do in this beach! Kalian bisa berenang di pantai karena airnya yang sangat jernih dan ombak yang ngga terlalu besar bikin siapapun berenang dengan nyaman. Selain berenang, kalian yang suka mancing, bisa mancing di pantai ini. Tinggal sewa perahu nelayan di sekitar dan minta antar ke spot-spot yang banyak ikannya. Atau kalian juga bisa berselancar menatang ombak disini. 


Kemarin sih gue nyobain surfing disini. Sebenernya gue ngga pro-pro banget buat berselancar, tapi gue bisa lah dikit-dikit. Di pantai ini ada jasa Kimens Surf yang bisa ngajarin kalian buat berselancar like a pro. Kalian cukup bayar Rp 500.000 yang sudah termasuk biaya menyewa papan seluncur, makanan, minuman ringan dan kursus selama 4 jam. Tapi karena gue udah bisa, gue cukup sewa papan seluncurnya aja dan dikenakan biaya Rp 50.000.

Berselancar di pantai ini enak banget karena ombaknya ngga gede-gede banget tp juga ngga tenang-tenang banget. Pas lah pokoknya buat peselancar baru kayak gue. Banyak juga disini wisatawan asing yang berselancar and they said they love this beach. Well, so do I. Setelah satu jam berselancar ria, gue capek dan mutusin buat santai-santai di pinggir pantai dengan beberapa temen gue. Karena sebagian lagi pada pergi memancing ke tengah laut.



Pantai ini banyak ditumbuhi pepohonan besar yang rindang dan membuat udara di sekitar pantainya begitu sejuk dan segar. Bersantai di pinggir pantainya sambil tiduran emang jadi bikin ngantuk beneran. Hal lain yang bikin gue suka sama pantai ini adalah kebersihannya. Gue hampir ngga ngeliat ada sampah berserakan di pantai ini atau emang semua pantai di Lombok bersih ya? Entahlah. Pastinya besok gue bakal explore lagi pantai-pantai di Pulau Lombok ini.


Video by Astra Ayuningputri

Tips and Trick

Tips buat kalian yang pengen liburan ke pantai ini:
  • Jangan ragu untuk bertanya pada penduduk sekitar karena tidak ada tanda penunjuk jalan menuju pantai ini.
  • Gunakan sunblock, kacamata hitam dan penutup kepala saat berada di pantai.
  • Jangan menggunakan alas kaki saat berjalan di pasir, karena bakal menimbulkan lecet akibat gesekan.
  • Bawa kamera. 
  • Jaga kebersihan.

Gallery (8)

Comments (8)