162 views | 3 Likes

Sekeping Senja di Lombok Barat

4 star (from 3 people)
Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 18 July 2018, 14:29:54

Sesampainya disana, sebelum masuk lokasi pura, gue harus bayar tiket masuk seharga Rp 10.000. Ohya, sama seperti Pura-pura pada umumnya, pengunjung...

How to Get There

Hai guys, akhirnya gue bisa nulis cerita liburan gue lagi nih. Masih cerita seputar Lombok guys, setelah mengunjungi Pantai Tanjung Aan, besoknya aku jalan-jalan ke daerah Pantai Senggigi. Pantai Senggigi memang udah ngga asing lagi ditelinga para wisatawan karena panti ini merupakan pelopor dalam memperkenalkan Lombok ke mancanegara. 


Tapi, sebenernya tujuan gue bukanlah mau ke Senggigi, tapi ke Pantai Batu Bolong. Batu Bolong merupakan sebuah Pura yang berada di dekat Pantai Senggigi, Batu Layar, di barat kota Mataram. Dari pusat kota Mataram, kalian harus menempuh jarak sejauh 15 km dan ada banyak banget transportasi umum buat menuju kesana, seperti taksi, ojek dan angkutan umum. Tapi, karena kemaren gue perginya lumayan rame-rame, gue sewa mobil untuk perjalanan kita di Lombok ini. Tinggal nyetir aja menuju Jalan Raya Senggigi dan pantai ini ada sebelum Pantai Senggigi. Buat kalian yang mau naik kendaraan umum, untuk kesini butuh menggunakan 2 kali trayek angkutan umum. Angkutan umum yang pertama adalah jurusan Sweta - Ampenan, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Ampenan-Senggigi.

What to Do

Sesampainya disana, sebelum masuk lokasi pura, gue harus bayar tiket masuk seharga Rp 10.000. Ohya, sama seperti Pura-pura pada umumnya, pengunjung yang datang wajib menggunakan selendang kuning di pinggang. Kalo kalian ngga bawa atau ngga punya, kalian bisa sewa disini dengan bayar hanya Rp 5000 saja. Buat cewek-cewek yang lagi periods, dilarang keras masuk ke Pura.

Pura Batu Bolong ini merupakan sebuah pura yang berada diatas batu karang yang terdapat lubang dibagian tengahnya. Tempat suci ini berada di tepi pantai dan sedikit menjorok ke arah laut. Sekilah sih mirip banget sama Tanah Lot Bali, cuma karangnya ngga bolong. Terdapat dua buah pura di tempat wisata ini, yang pertama ada ngga jauh dari pintu masuk. Jadi setelah gue turun beberapa anak tangga, akan terlihat sebuah pura yang ada di bawah pohon.

 
Pura yang kedua ada diketinggian sekitar 4 meter dan berada diatas batu karang yang berlubang dibawahnya. Pas jalan ke pura kedua ini, kadang percikan ombak membasahi kaki dan suara ombak yang menghantam karang ini terasa merdu banget. Semua pengunjung yang ada di dalam Pura Batu Bolong ini bakal ngerasain kedamaian. Pas gue berdiri dipinggir pura, gue bisa liat pemandangan yang super keren plus hembusan angin pantai yang seger banget.

 
Ohya, ada sedikit cerita nih guys. Ternyata di balik keindahan pura ini banyak banget cerita yang kurang menyenangkan. Konon, masyarakat setempat dulu sering mengadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di pantai ini. Legenda lain mengatakan, dulunya banyak wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Serem banget kan guys?


Karena gue kesananya pas menjelang sore gitu, ngga afdol rasanya kalo gue ngga sekalian liat sunset disini. Anyway, pantai ini punya pemandangan matahari terbenam yang keren banget. Karena pas hari itu juga cuaca lagi cerah, gue bisa lihat dengan jelas Gunung Agung yang berdiri dengan kokohnya di Pulau Bali. Jadi bikin pemandangan sore ini makin kece aja.

Bagi masyarakat pemeluk Agama Hindu, melakukan sembahyang di Pura Batu Bolong ini memiliki nilai lebih karena lokasinya yang berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali, sehingga mereka dapat bersembahyang dalam suasana spiritual yang mendalam dan diyakini mampu memberikan kedamaian dan ketenangan. Pantes saja gue ngerasa tenang dan damai pas ada disini. 


Sambil gue nungguin matahari terbenam, gue santai-santai di pinggir pantai sambil cari angle yang pas buat foto-foto. Dan saat matahari mulai terbenam, gue langsung ambil kamera dan ambil beberapa foto. Ngga banyak foto yang bisa gue ambil karena gue lagi pengen banget buat nikmati pemandangan yang ngga bisa gue nikmati tiap hari ini.
 
So, ready to explore Lombok? 

 
Video by Adria TV

Tips and Trick

Semua wisatawan diizinkan masuk ke lokasi Pura Batu Bolong, namun ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Selain wajib memakai selendang dan wanita yang lagi periods dilarang masuk, wisatawan juga harus menjaga kelestarian pura dengan tidak membuang sampah  sembarangan dan tidak merusak bagian-bagian dari pura. Jangan lupa juga untuk membawa kamera untuk mengabadikan moment. Buat kalian yang pengen stay disini, banyak sekali penginapan dan hotel yang bisa ditemukan disini. Selain itu karena lokasinya yang deket banget sama pantai Senggigi, kalian juga bisa menikmati beberapa fasilitas seperti restoran dan cafe disekitar sini.

Gallery (8)

Comments (6)