240 views | 4 Likes

Ngga Cuma Punya Dodol, Garut Ternyata Punya Surga Tersembunyi

4 star (from 4 people)
Garut, Jawa Barat, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 17 July 2018, 10:55:28
bozerwin
Sightseeing

Surga tersembunyi di Garut ini memanjakan mata, membuat pikiran fresh!

How to Get There

Halo teman-teman, lama banget udah ngga sharing cerita nih. Kali ini gue mau sharing cerita tentang pengalaman gue jalan-jalan di Garut. Sebenernya sih ini pengalaman libur lebaran kemaren, cuma gue baru sempet nulis sekarang. So, buat kalian yang belom tau di Garut itu punya wisata apa aja, gue mau kasih tau kalian semua kalo Garut itu punya banyak banget wisata yang keren dan salah satu yang udah gue kunjungi adalah Pantai Rancabuaya.
Pantai Rancabuaya merupakan salah satu surga tersembunyi di Jawa Barat, tepatnya di desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Untuk menuju ke pantai ini sebenernya ada banyak rute, nah berikut adalah jalurnya.
  1. Dari Garut - Pemempeuk - Pantai Rancabuaya. Disini, kalian akan melewati kota Garut yang kemudian dilanjutkan ke arah Pemempeuk dan berakhir di Rancabuaya.
  2. Dari Bandung - Pengalengan - Pantai Rancabuaya. Jalur ini cukup baik dan beraspal.
  3. Dari Bandung - Ciwidey - Cidaun - Pantai Rancabuaya. Jalur ini pas banget buat kalian yang pengen lewat Bandung Selatan.
Semua jalur yang dilewati nanti merupakan jalan lintas selatan Jawa Barat dan sepanjang perjalanan akan disuguhi keindahan Pantai Selatan di Jawa Barat. Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Tapi kalo saran gue, mending kalian bawa kendaraan pribadi karena bakal hemat waktu banget. 


What to Do

Setelah 3,5 jam perjalanan, akhirnya gue sampe juga di Pantai Rancabuaya. Anyway, gue kesini bareng-bareng sama keluarga besar gue. Jadi sekitar 10 orang gitu dan kita semua berencana buat nginep disini semalem aja. Buat akomodasi penginapan disini cukup banyak kok guys, harganya pun variatif, mulai dari 200.000 - 600.000 per malamnya. Pas masuk ke kawasan pantai ini, dikenakan tiket masuk sebesar 10.000 per orang dan parkir sekitar 5000 per mobil. Waktu itu gue bawa 2 mobil jadinya bayar 10.000.

 
Karena ini musim liburan, tidak terlalu banyak wisatawan yang datang kesini. Meskipun pantai ini disebut surga tersembunyi, tapi masyarakat Garut sudah ngga asing lagi sama pantai ini dan hampir selelu menjadi tujuan wisata saat mereka tidak keluar kota. Pantai Rancabuaya juga menjadi icon kota Garut, lho guys. Pantas saja, karena pesona pantai ini tak bisa dielakkan.

 
Pantai ini juga merupakan salah satu objek wisata yang pengelolanya terjaga sangat baik. Selain ada penginapan, disini juga ada fasilitas rumah makan, toilet, tempat pergantian baju dan saung untuk bersantai. Pantai ini juga memiliki pelayanan terbaik karena sangat aman dan nyaman bagi keluarga dan anak-anak.
 
Pantai Rancabuaya memiliki tingkat kebersihan yang sangat tinggi dan tidak ada sampah berserakan dipinggir pantai, jadi enak banget buat dilihat. Ohya, pantai ini ada banyak batu karangnya, tapi jangan khawatir buat kalian yang ingin berenang atau sekedar bermain air, karena sudah disediakan spot. Tapi, harus tetep hati-hati karena pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar.

 
Selain lautnya yang indah, daya tarik pantai ini adalah air terjun yang terjun langsung dari tebing. Selain air terjunnya, kalian juga bisa menikmati aneka ragam biota laut seperti bintang laut yang berada di kolam-kolam kecil. selain itu, favorit gue tiap dateng ke pantai itu selalu cariin sunset dan pantai ini memilikis sunset yang indah. Ditambah dengan arsitektur karang dan air yang begitu tenang di sore hari. Perfect!

 
Ohya, di deket Pantai Rancabuaya ini juga ada puncak yang fenomenal banget dan menarik. Gue sih pernah lihat puncak ini di film-film Indonesia, yaitu puncah Guha Garuh. Dari atas puncak sini, kalian bisa melihat pemandangan laut yang menawan dan sunrise yang indah di pagi hari. Jangan lupa buat sempatkan untuk mencicipi ikan laut segar yang banyak dijual disekitar sini. Lengkap banget kan? Ada sunset, ada sunrise plus makan ikan laut segar.



 
Jadi, kapan kalian akan liburan ke Garut?



Video by Official NET News

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan pribadi untuk menghemat waktu.
  • Bawa Kamera untuk mengabadikan momen.
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Sempatkan menginap, karena pemandangan sunset dan sunrise nya sayang untuk dilewatkan.
  • Bawa uang tunai secukupnya, karena disini jarang ada ATM.
  • Gunakan kacamata hitam dan sunblock.

Gallery (9)

Comments (10)