185 views | 4 Likes

Menemukan Surga Tersembunyi di Jember

4 star (from 4 people)
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 11 July 2018, 13:18:36
pian
Tourist

Air terjun ini memiliki ketinggian 82 meter dan merupakan salah satu air terjun yang eksotis. Suasana hijau disekitarnya membuat liburan saya kali...

How to Get There

Halo teman-teman, kali ini saya kembali jalan-jalan ke kota Jember. Saya ke Jember bareng temen-temen kuliah saya dulu dan kita pengen touring naik motor. Nah, tujuan kita kali ini adalah salah satu surja tersembunyi di kota ini, yaitu Air Terjun Tancak. Sebenernya sih, air terjun ini udah lama banget dikenal banyak traveler, tapi baru sempet aja kita explore kesini. 

Lokasi air terjun ini cukup terpencil, yaitu berada di salah satu anak gunung Argopuro, tepatnya di Suci, Panti, Kabupaten Jember. Untuk mencapai kesana, butuh perjuangan yang tidak mudah. Buat kalian yang berangkat dari pusat kota Jember, perjalanan mengarah ke Surabaya melalui pusat kota Jember. Sampai perempatan lampu lalu lintas Mangli, belok kanan. Selanjutnya, jika menemui persimpangan pertama, ambil arah kiri dan selanjutnya akan ada petunjuk arah menuju Air Terjun Tancak.

Selama perjalanan, pemandangan indah dan udara segar selalu menemani kami. Air terjun ini ada di wilayah PT Perkebunan Nusantara, jadi bisa dipastikan kalian akan melewati banyak perkebunan disini. Jalanannya cukup menanjak, namun beraspal dan menyusuri lereng perbukitan.

Setelah melewati jembatan, terdapat beberapa titik tempat parkiran. Saran saya sih, mending kalian parkirkan kendaraan kalian disini karena akses menuju ke air terjunnya jalannya susah banget. Lalu, kalian bisa lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Jadi, siapkan tenaga ekstra ya.

What to Do

Air terjun ini memiliki ketinggian 82 meter dan merupakan salah satu air terjun yang eksotis. Suasana hijau disekitarnya membuat liburan saya kali ini semakin menyenangkan. Lokasinya yang berada di bawah kaki gunung pasang membuat wisata ini memiliki udara yang sejuk. Cocok banget buat bersantai setelah perjalanan yang melelahkan tadi. 

Air disini juga jernih dan dingin banget lho. Saya dan teman-teman pun memutuskan untuk menceburkan diri dan bermain air. Kolam di air terjunnya ini ngga terlalu dalam guys, jadi lumayan lah kalo buat berenang. Tapi tetap hati-hati ya. Jangan terlalu dekat dengan air terjun karena lumayan sakit kalo kena airnya.

Air terjun ini memiliki 2 air terjun sekaligus yang menjadi daya tarik utamanya. Banyak spot berfoto yang bisa diabadikan. Sebagian teman-teman saya yang menyukai fotografi, lebih memilih untuk memotret pemandangan sekitar yang sangat keren. Sepanjang mata memandang hanya ada pemandangan hijau. Pemandangan sekitar cukup fotogenic lho, jadi cocok banget buat foto-foto dan isi feed instagram.

Untuk fasilitas, air terjun ini memiliki kawasan yang sangat luas dan ada sebuah wc umum. Selain itu, kawasan ini juga punya tempat parkir yang luas, jadi ngga perlu khawatir buat kehabisan lahan parkir. Meskipun jalannya agak jauh sih dari lokasi. Di kawasan ini juga ada mushola untuk pengunjung yang ingin menunaikan ibadah.

Memang sih fasilitasnya ngga terlalu lengkap, mengingat kawasan ini merupakan wisata alam dan lokasinya yang cukup terpencil dan tersembunyi. Tapi, dengan fasilitas yang ada, udah cukup lah untuk kita gunakan selama berkunjung kesana.

So, buat kalian yang belum pernah kesini, buruan datang. Dijamin ngga bakal nyesel deh.

Tips and Trick

Buat teman - teman yang ingin berkunjung ke Air Terjun Tancak, ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan ya. Pertama, bawa kamera untuk mengabadikan momen liburan. Kalo bisa sih bawa cover kamera yang anti air ya. Kedua, bawa perlengkapan mandi kalo kalian mau main basah-basahan disini. Ketiga, bawa makanan dan minuman karena disini masih jarang ada warung. Ohya, untuk masuk ke kawasan air terjun ini, dikenakan harga Rp 5000 saja dan tiket parkirnya juga Rp 5000. Murah banget kan ya?

Video by Orit Jember

Gallery (6)

Comments (4)