218 views | 4 Likes

Pamukkale, Indahnya danau kawah di tebing bertingkat. Benarkah Cleopatra pernah Berenang Disini?

4 star (from 4 people)
Denizli, Denizli, Turkey
Category: Pool

Posted on 10 July 2018, 13:05:06
hennysusanti
Sightseeing

Mungkin sebagian dari kalian belum terlalu familiar dengan wisata ini, Pamukkale merupakan objek wisata air panas di Turki yang merupakan keajaiban...

How to Get There

Mumpung lagi ada di Turki, enaknya jalan-jalan ke salah satu tempat legendaris nih, namanya Pamukkale. Lokasi Pamukkale terletak di bagian utara Turki, sekitar 18 km dari Provinsi Denizli. Buat menuju kesini, ada banyak banyak banget caranya. Kalian bisa naik pesawat dan turun di bandara Sabiha Gocken, lalu dari sana bisa naik travel atau bus menuju Istanbul Atasher. Dari Istanbul Attasher, perjalanan berlanjut lumayan jauh dengan bus sekitar 8 jam menuju Denizli Ottogar. Dari Denizli ke Pamukkale kalian bisa naik angkotnya Turki yang bernama dolmus, kurang lebih 30 menit.

Anyway, kalo kalian pengen lebih cepet, kalian bisa naik pesawat aja. Bandara terdekat Pamukkale adalah Denizli, Cardak Airport, jaraknya hanya sekitar 65 km atau 1 jam perjalanan aja. Banyak maskapai yang menuju ke bandara ini dari Istanbul, biasanya sih dua kali sehari. Atau kalian juga bisa turun di bandara Izmir Adnan Menderez. Jaraknya agak jauh daripada Denizli, yaitu sekitar 252 km dari Pamukkale atau sekitar 5 jam perjalanan.

What to Do

Mungkin sebagian dari kalian belum terlalu familiar dengan wisata ini, Pamukkale merupakan objek wisata air panas di Turki yang merupakan keajaiban alam yang luar biasa. Dalam bahasa Turki, Pamukkale berarti “Istana Kapas” atau “Benteng Kapas”. Mengapa disebut demikian? Karena jika dilihat sekilas, Pamukkale tampah seperti istana kapas karena semua bebatuannya berwarna putih. Mungkin sebagian dari wisatawan yang dateng bakal ngiranya salju karena lembut banget. Nah, saking indahnya wisata ini masuk ke dalam UNESCO World Heritage Site.

Sedikit cerita nih guys, karena kemaren aku sempet diceritain sam tour guide aku disana, Pamukkale ini terbentuk karena adanya gejala alam yang sangat menakjubkan. Awalnya, ribuan tahun lalu Pamukkale terbentuk karena gempa yang mengakibatkan pergeseran tanah di lembah Sungai Menderes dan menyebabkan air panas yang mengandung mineral keluar dari perut bumi ke permukaan bumi.

Air mineral tersebut mengalir sekaligus menguap dibawah sinar matahari dan mengakibatkan terbentuknya kristal putih. Kristal putih tersebut mengendap dan endapan Kristal tersebut membentuk teras, stalaktit dan kolam.

Air panas ini memiliki suhu berkisar antara 35 - 100 derajat celcius. Karena mengandung air mineral, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk terapi dan menyembuhkan penyakit. Uniknya lagi,saat musim dingin, air ini tidak membeku meskipun kawah-kawah air di kolam tersebut sebagian menjadi beku, namun airnya tetap hangat sehingga kawasan ini terlihat seperti diselimuti kabut putih.

Di kawasan ini kalian juga bisa mengunjungi Antique Pool atau lebih dikenal dengan Kolam Cleopatra. Antique pool ini merupakan kolam pemandian air hangat yang konon telah digunakan sejak zaman dahulu. Konon katanya, Cleopatra pernah berenang disini. Maka dari itu, kolam ini dikenal dengan namanya Cleopatra’s Pool. Kalo kalian cuma mau masuk dan lihat-lihat saja, ngga dikenakan biaya alias gratis. Tapi, kalo kalian pengen berenang, harus bayar sekitar 30 Lira.

Tapi, mumpung ada disini, ngga ada salahnya kalo kita nyobain berenang atau sekedar berenang di kolam ini. Aku pun kemaren sempetin buat berenang di kolam Cleopatra ini. Itung-itung berkhayal anggep aja lagi renang sama Cleopatra. Hehehe..

Kolam ini ngga terlalu luas guys, mungkin sekitar 15 x 15 meter aja. Agak mirip sama Umbul Ponggok yang ada di Indonesia, bedanya ini air hangat dan ngga ada ikannya. Dasar kolam ini tidak disemen dan dibiarkan tetap alami. Untuk kedalamannya ngga terlalu dalam, mungkin sekitar 1 - 1,5 meter aja. Beberapa batuan besar bertumpuk di tengah dan dipojok dan terdapat tanaman kecil tumbuh di tengah kolam. Ohya, ada mitos nih katanya siapa yang berendam di kolam ini akan awet muda seperti Cleopatra. 

Pengen kan jadi awet muda kayak Cleopatra? Yuk langsung aja datang dan berendam di kolam ini!

Video by Rick Steves' Europe

Tips and Trick

Pasti kalian penasaran dan pengen banget buat langsung merasakan hangatnya air kolam ini kan? Sebelum berangkat ke Turki, ada beberapa tips nih buat kalian:

  • Siapkan passport dengan masa aktif minimal 6 bulan.
  • Untuk pemegang passport Indonesia, kalian bisa bikin e-visa Turki sebelum berangkat. Visa ini gampang banget, ngga pake ribet. Cukup bayar sebesar $25 saja. Klik disini untuk apply e-visa Turki.
  • Cek cuaca sebelum berangkat dan gunakan baju sesuai dengan musimnya.
  • Tukar uang dengan Lira atau USD sebelum berangkat.
  • Bawa Kamera.
  • Untuk kalian yang baru pertama kali datang ke ke Turki, baiknya gunakan jasa paket tour.
  • Jika ingin berenang di Pamukkale, wajib menggunakan baju renang.
  • Bawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (9)

Comments (6)