159 views | 2 Likes

Ketentraman di Desa adat senaru

4 star (from 2 people)
Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Culture & Art

Posted on 09 July 2018, 14:03:54

Hello guys berlanjut dari artikel sebelumnya saat berkunjung ke air terjun sendang gile dan tiu kelep , kali ini guys saya melanjutkan perjalanan lagi ke sebuah desa adat yang letaknya tak jauh dari air terjun sendang gile tersebut. Desa Senaru memang me

How to Get There

Desa adat ini berjarak 1.6 km dari air terjun tiu kelep dan sendang gile dan dapat di tempuh selama 5 menit perjalanan dengan konstruksi jalan yang sangat bagus. Sesampai di desa adat senaru , kita akan di sambut oleh keramah tamahan warga setempat yang mewarnai tempat ini . Disini kita bisa melihat rumah-rumah tradisional yang unik , mulai dari lantainya terbuat dari tanah liat, pagarnya bedek dan atap dari rumbia atau terbuat dari helai daun rumbia yang dirangkaikan hingga berbentuk sisir lalu diikat pada sebatang tongkat atau bambu yang berfungsi sebagai reng.

What to Do

Oh ya ni guys , di desa adat senaru ini saya bisa melihat langsung kehidupan sehari-hari warganya , mulai dari kegiatan ibu-ibu yang menyuapin anaknya , anak-anak kecil yang bermain ramai di sekitar desa  bahkan ada juga ni guys seorang nenek yang bersenandung menyanyikan lagu sambil menidurkan cucunya di sebuah ayunan yang terbuat dari kain tradisional mereka ni guys. Kehidupan yang sangat tentram dan saling bergotong royong membuat saya betah berkunjung disini. Dan juga ni guys , meskipun jaman sudah maju dan berkembang mereka masih tidak berjualan souvenir atau oleh-oleh khasnya disini berbeda dengan suku sasak lainnya ni guys. Jadi jika anda berkunjung keisni anda akan mendapatkan suasana yang berbeda atau bisa disebut juga sangat alami dan menjaga kelestarian sukunya karena desa adat senaru ini merupakan desa adat tertua di lombok ni guys.

Tips and Trick

Tips dan trick saat berkunjung ke desa adat senaru :

 

  • Pakailah baju yang sopan guys sata berkunjung kesini hormati budaya lokal
  • Jaga sopan santun dan etika anda saat berada disini guys
  • Jangan pernah memberi uang kepada warga lokal ataupun anak-anak ni guys , karena hal ini bisa mengubah cara pandang masayrakat terhadap turis yang datang keisini .
  • Bersikaplah ramah kepada warga lokal guys , sapa dan tersenyumlah jika saling bertemu

Gallery (6)

Comments (4)