230 views | 5 Likes

Serunya Melepas Penyu di Pantai Sukamade

4 star (from 5 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 06 July 2018, 11:59:08
meliana
Tourist

Setelah 5 jam perjalanan, akhirnya kita berdua sampe juga di Pantai Sukamade ini. Pantai Sukamade ini dikenal sebagai surganya flora dan fauna,...

How to Get There

Hai guys, gue jalan-jalan ke pantai lagi nih. Tapi kali ini beda banget sama pantai-pantai sebelumnya yang udah pernah gue kunjungi di Banyuwangi karena kali ini gue bakalan diajak buat melepas penyu. Seru banget!

Well, pantai ini bernama Pantai Sukamade yang lokasinya di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi atau berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Untuk mencapai kawasan ini bisa diakses melalui kota Banyuwangi, Situbondo dan Jember. Gue kemarin berangkat bareng kakak gue dari Banyuwangi Kota dan kendaraan paling ideal untuk menuju ke pantai ini adalah dengan jeep. Kebetulan, kakak gue dapet pinjeman jeep dari temannya karena jalanan menuju kesini berbatu banget. Rute yang kami ambil adalah Jajag - pesanggaran - sarongan - rajegwesi - pantai sukamade. 

Kecamatan Jajag adalah titik transit dan merupakan jalan utama menuju Sukamade. Ada transportasi umum di terminal Jajag yang menuju Pesanggaran/Sanggar mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore. Dari terminal Sanggar menuju ke Rajegwesi tersedia angkot dengan tarif sekitar Rp 10.000. Rajegwesi merupakan sebuah desa yang berada di Taman Nasional Meru Betiri sekaligus menjadi pintu gerbang jika ingin memasuki Taman Nasional Meru Betiri.

Anyway, perjalanan antara Rajegwesi menuju Sukamade ini seru banget guys. Jalanannya berkelok, menanjak bukit, bebatuan yang terjal dan tanah yang berlumpur. Selain itu, kalian harus melewati sungai dengan kedalaman 40 cm yang kadang bisa mencapai 1 meter. Tidak hanya 1 sungai, namun ada lima anak sungai dimana saat musim hujan airnya bisa setinggi mobil jeep. Seru banget kan?

What to Do

Setelah 5 jam perjalanan, akhirnya kita berdua sampe juga di Pantai Sukamade ini. Pantai Sukamade ini dikenal sebagai surganya flora dan fauna, tepatnya surganya penyu bertelur di Banyuwangi. Disini, wisatawan dapat menyaksikan secara langsung penyu bertelur, melihat penangkaran penyu dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik/anak penyu ke laut.

Pantai ini awalnya ditemukan oleh Belanda pada tahun 1927 dan merupakan hutan lindung alam di Jawa Timur yang berhubungan dengan penangkaran penyu. Selain itu, disini juga ada perkebunan karet, kopi dan coklat yang tumbuh di areal seluas 21200 hektar.

Sukamade merupakan salah satu dari dua lokasi penyu bertelur di Banyuwangi, selain Sukamade yaitu di Pantai Ngegelan. Namun habitat terbesarnya masih ada di pantai ini. Karena pantai ini yang terletak jauh di pelosok dan jauh dari gangguan manusia, sehingga penyu-penyu dapat bertelur dengan aman.

Penakaran penyu di pantai ini dibuat semi alami, yaitu berukuran 5x12 meter dengan dinding yang dibiarkan berlubang agar sirkulasi angin didalam rumah tersebut lancar dan lantainya berupa pasir Pantai Sukamade. Didalamnya, ada kayak tempat gitu buat penetasan telur penyu secara alami atau semi alami yang memiliki 4 buah bak penetasan dimana masing-masing bak mampu menampung 50 buah sarang telur penyu yang akan ditetaskan.

Telur-telur tersebut ditanam di hatchery saat pagi hari dimana udara masih rendah. Kedalaman lubang sarang telur disesuaikan dengan kedalaman sarang di tempat alaminya, sekitar 80 - 90 cm. Lalu telur yang sudah ditanam dalam pasir tidak semua menetas sempurna. Ada beberapa yang menetas dengan kondisi cacat, ada pula yang sama sekali tidak menetas karena tertindih oleh telur-telur diatasnya. 

Setelah menetas, biasanya tukik-tukik tersebut ditampung dalam bak khusus pemeliharaan sementara sampai dianggap cukup umur untuk dilepaskan kembali ke laut. Nah, proses melepaskan tukik-tukik ke laut ini menjadikan saat-saat yang mengasyikkan. Ohya, di Pantai Sukamade ini kalian juga bisa melihat proses penyu bertelur. Sayangnya, proses tersebut biasa terjadi di malam hari dan gue kesini pas pagi hari. Jadinya ngga bisa lihat deh.

Para pengunjung diperbolehkan melepaskan tukik-tukik ini dengan memberikan donasi secukupnua untuk pengelola. Pelepasan tukik ini bisa dilakukan kapan saja, tapi biasanya antara pagi sampai sore asal tidak lebih dari 7 hari setelah menetas. 

Begitu dilepas, tukik-tukik ini akan mulai merangkak menuju laut. Mereka ngga bergerak cepet, kadang juba berhenti sebentar dan memang sengaja merek dilepas agak jauh dari bibir pantai agar mereka mengenal dan mengingat dulu karakter pantai yang akan mereka tinggalkan. Biasanya, itu akan membuat mereka bisa kembali lagi ke pantai ini. 

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan pribadi agar menghemat waktu atau sewa jeep dari Banyuwangi.
  • Pake baju tipis dan sandal gunung.
  • Bawa air minum dan snack.
  • Bawa Kamera.
  • Gunakan kacamata hitam dan sunblock.
  • Jaga kebersihan

Video by FA Explorer

Gallery (10)

Comments (10)