237 views | 2 Likes

Menyelami Cantiknya Laut Samalona

4 star (from 2 people)
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 05 July 2018, 11:00:01
Oliver
Tourist

Setibanya di Pulau Samalona, saya melihat pemandangan indah di sekeliling saya. Hamparan pasir putih dan birunya air laut yang sangat jernih terlihat...

How to Get There

Selain bangunan bersejarah, ternyata Makassar juga punya wisata bawah laut yang ngga kalah keren sama pulau-pulau lainnya. Setelah mengunjungi Fort Rotterdam, kemarin saya juga sempat berkunjung ke salah satu pulau yang sangat indah di barat Makassar, yaitu Pulau Samalona. Mendengar namanya saja udah cantik, apalagi setelah tiba disana.

Tanpa berlama-lama lagi, saya pun segera check out dari hotel saya di Makassar untuk menuju si cantik Samalona. Ngga susah kok buat menuju pulau ini, karena lokasinya ngga terlalu jauh dari kota Makassar. Pulau ini berlokasi di bagian barat daya Provinsi Sulawesi Selatan dan berada di Kecamatan Wajo, sekitar 2 km ke arah barat.

Untuk mencapai pulau ini ngga terlalu sulit. Dari kota Makassar, saya menyewa perahu boat yang ada di dermaga Pantai Losari, ngga jauh dari Fort Rotterdam. Harga sewa perahu pulang-pergi sangat bervariasi, antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000 tergantung kesepakatan dengan pemilik perahu. Saya sarankan untuk ngga pergi sendirian, karena perahu ini mampu menampung hingga 8 orang. Jadi bisa share cost dan lebih murah. Perjalanan menuju Samalona ini hanya butuh waktu sekitar 30-40 menit saja.

What to Do

Setibanya di Pulau Samalona, saya melihat pemandangan indah di sekeliling saya. Hamparan pasir putih dan birunya air laut yang sangat jernih terlihat sangat menggoda. Seperti yan saya sebutkan diatas, pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menawan. Bahkan, tak hanya wisatawan lokal, banyak juga pengunjung yang datang dari berbagai penjuru dunia untuk melihat langsung keindahan bawah laut di perairan Samalona ini.

Luas Pulau Samalona semakin menyusut dari tahun ke tahun. Dulu, pulau ini memiliki luas sekitar 6,7 hektar dan di akhir tahun 2012, luas pulau ini hanya sekitar 2 hektar. Diperkirakan pada tahun 2020 pulau ini akan hilang. Sayang banget kan kalo pulau ini hilang sebelum kalian sempat melihatnya?

Setelah menyewa peralatan snorkeling sebesar Rp 100.000, saya segera nyemplung ke laut yang indah ini. Ngga sabar banget dari tadi pengen langsung nyemplung. Pemandangan bawah laut Pulau Samalona ini cukup mempesona. Saat menyelam, saya menemui banyak sekali ikan laut yang kecil-kecil dengan berbagai warna, terumbu karang dan sesekali ada kuda laut. Air lautnya jernih banget sehingga saya bisa melihat semua biota laut dengan jelas.

Saat berenang di perairan dangkal, saya harus extra hati-hati karena disini banyak sekali terdapat bulu babi. Jangan sampai terinjak karena akan sangat merepotkan dan tentu saja berbahaya. Setelah 1,5 jam menyelam, saya merasakan kelelahan juga. Saya pun memutuskan untuk bersantai di bibir pantai sambil menikmati pisang goreng yang di cocol sambal tomat yang rasanya enak banget.

Hari pun menjelang sore, saya pun memutuskan untuk mencari penginapan di pulau ini karena saya masih ingin berlama-lama berada di pulau ini. Di pulau ini terdapat beberapa homestay milik warga yang bisa disewa. Harganya sih memang relatif tinggi dengan fasilitas seadanya, maklum aja karena pulau inilumayan jauh dari mana-mana. Tapi, kalo kalian jago nawar, kalian bisa dapat harga yang lumayan murah. Harga penginapan disini berkisar Rp 250.000 - Rp 500.000 per malam.

Meskipun homestay nya memiliki fasilitas yang seadanya, namun fasilitas di pulau ini lumayan lengkap. Disini ada mushola, toilet, saung dan warung-warung kecil yang menjual berbagai jenis makanan. Jadi ngga usah khawatir kelaparan.

Tips and Trick

Buat kalian yang tertarik melihat pulau ini secara langsung sebelum menghilang dari permukaan bumi, berikut tips yang bisa saya bagikan:

  • Saat menyebrang ke pulau, sebaiknya pergi dengan beberapa orang atau ajak beberapa teman agar biaya sewa perahu bisa lebih hemat.
  • Saat berenang, harap berhati-hati karena disini banyak sekali bulu babi. Jangan sampai terinjak karena akan sangat susah mengeluarkannya jika sudah menancap di kaki.
  • Datanglah saat musim kemarau, karena kalian bisa mendapatkan pemandangan sunset yang indah tanpa terhalang mendung.
  • Bawalah bekal air minum yang banyak karena air mineral disana harganya jauh lebih mahal.
  • Jika ingin menginap, bawalah lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk.
  • Bawa kamera underwater untuk kalian yang suka menyelam.
  • Jaga kebersihan

Video by Official NET News

Gallery (13)

Comments (6)